Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
YkSkaFest2019

Yogyakarta Ska Festival 2019 Oleh Yk Ska Crew Hadir di Taman Jogja Expo Center 15 Desember 2019


Diunggah oleh Utroq Trieha pada tanggal 13 Desember 2019   (674 Readers)

Seolah tiada henti geliat festival dan juga keriuhan dunia musik di Yogyakarta, maka dari banyaknya genre musik dan juga merebaknya ragam festival, di penghujung tahun 2019 hadir pula sebuah festival yang bakal menjadi ajang bagi para pecinta jenis musik ska bernama Yogyakarta Ska Festival.

Yogyakarta Ska Festival yang diselenggarakan oleh Komunitas Yogyakarta Ska Crew -biasa disingkat #YkSkaCrew ini- merupakan ajang digelarnya berbagai hal yang terkait dengan musik ska, yang bukan saja sebatas konser musik, namun ada banyak konten yang menyertainya.

Yogyakarta Ska Festival 2019 yang menjadi kali kedua setelah helatan ini diawali satu tahun sebelumnya dipersembahkan sedikit berbeda. Perbedaan itu di antaranya adalah, apabila pada tahun 2018 silam gelaran ini cukup disajikan di dalam Bar, maka tahun 2019 ia disuguhkan di tanah lapang berujud taman. Pun dengan konten yang ada, di antara ragam suguhan Jogjakarta Ska Festival tahun 2019 ini, selain dihadirkan kontes dansa ska, lapak kuliner, serta eksibisi komunitas-komunitas, terdpaat pula konten Museum of Ska yang akan memamerkan koleksi tentang musik Ska.

Dihelat di area Jogja Expo Center pada hari Minggu 15 Desember 2019 dengan waktu open gate pukul 10:00 dan berlangsung hingga tengah malam, gelaran Yogyakarta Ska Festival tahun 2019 ini mengusung tema ‘Mlampah Dados Manunggal‘.

Sebagai tema, ‘Mlampah Dados Manunggal‘ yang berbahasa berbahasa jawa itu diusung bukan tanpa sebab. Sebagaimana keberadaan Jogja yang berbahasa ibu sekaligus bahasa kesehariannya adalah bahasa jawa, maka hal itu diaplikasikan demi turut serta Yogyakarta Ska Crew dalam mengingat dan ikut ‘nguri-uri’ budaya yang sudah selayaknya didengungkan kembali. Hal tersebut seperti yang diungkapkan Annas Aghanasa dalam jumpa media di Ketemu Coffee -Mantrijeron Yogyakarta, 12 Desember 2019.

Baca juga:  Rhapsody of The Archipelago – Gamelan 4 (ROAR GAMA 4.0) Akan Digelar 29 - 30 November 2019 di UGM

Yogyakarta Ska Festival

Annas Aghanasa sendiri merupakan  sosok Ketua Penyelenggara Yogyakarta Ska Festival tahun 2019, sekaligus juga gitaris band ska asal Jogja itu berjuluk ‘Apollo 10’.

Dari tema ‘Mlampah Dados Manunggal’ yang dalam bahasa Indonesianya bisa diartikan sebagai ‘Berjalan Bersama untuk Tetap Menjadi Satu’ tersebut juga dapat dimaknai sebagai ajakan untuk tetap bersatu bagi semua elemen masyarakat di tengah perbedaan yang ada. Tentu saja termasuk pada para pelaku-pelaku dunia musik yang berasal dari genre berbeda-beda.

Baca juga:  Umbarmakbyarr Festival Kesenian Yogyakarta Dibuka oleh Sultan

“Mari tetap bersatu. Ada konflik agama, suku ataupun genre musik. Hilangkan hal itu, ayolah berjalan jadi satu membangun Jogja bersama-sama,” tutur Annas.

Masih menurut Annas, bahasa Jawa digunakan dalam tema yang diusung pada gelaran Jogjakarta Ska Festival tahun 2019 ini adalah juga guna menampilkan ciri khas Jogja, sehingga orang-orang di luar daerah sedikit banyak bisa ikut belajar bahasa Jawa. Pun sebaliknya, kultur dan budaya Jogja -termasuk di dalamnya adalah hal yang terkait dengan musik ska di Jogja- bisa dirasakan merambah di daerah lain.

Yogyakarta Ska Festival tahun 2019 ini sifatnya terbuka bagi umum, namun dikenakan biaya masuk dengan pembelian tiket. Hal tersebut dilakukan karena hajatan musik ska di Yogyakarta ini sifatnya adalah mandiri dan diselenggarakan swadaya oleh Komunitas #YkSkaCrew. Namun tenangsaja, harga tiket masih sangat terjangkau, yaitu untuk Harga Tiket Masuk Presale dikenakan Rp20.000,- sedangkan untuk Tiket On The Spot sebesar Rp25.000,-

Baca juga:  FKY 29 Umbar Makbyarr Telah Resmi Ditutup

YkSkaFest

Sementara mengenai beberapa grup yang dihadirkan dalam helatan Yogyakarta Ska Festival 2019 ini antara lain adalah Black Sky, Braves Boy, Apollo 10, Sri Plecit, Social Hitam Putih, Kopi Loewak, Lost Stroom, Button Down, Sakesplus, Seconda Volta dan Kalaska. Dan yang tak kalah serunya adalah juga kehadiran dari Bovver Lover. [uth]

Yogyakarta Ska Festival 2019
Waktu Minggu 15 Desember 2019 (Open Gate Pukul 10:00WIB)
Tempat Kokambar Taman Jogja Expo Center
Tiket Masuk ~Presale: Rp20.000,-
~On The Spot: Rp25.000,-
Penyelenggara Komunitas Yogyakarta Ska Crew (#YkSkaCrew)

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Utroq Trieha


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *