Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Hasmi Om Nemo and Gundala Putera Petir-Desi Puspitasari on Yogyakarta Komik Weeks 2019

Inilah Rangkaian Program dan Jadwal Agenda Acara Yogyakarta Komik Weeks 2019


Diunggah oleh Utroq Trieha pada tanggal 10 Oktober 2019   (286 Readers)

YKW yang merupakan akronim dari Yogyakarta Komik Weeks menjadi salah satu rangakaian kegiatan seni-budaya yang digelar Dinas Kebudayaan Yogyakarta, yang tahun 2019 ini dipegang langsung oleh satu Komunitas Seniman Komik Yogyakarta bernama Mulyakarya.

Meski Yogyakarta Komik Weeks 2019 merupakan helatan yang baru pertama kali digelar, namun Mulyakarya sebagai pemegang acara sejatinya telah beberapa kali menggelar hajatan yang terkait dengan dunia komik di kota budaya tersebut. Sebut saja “KUKURUYUG” sebagai salah satu program yang diselenggarakan rutin setiap tahun, di mana pada tahun 2019 telah menginjak kali kelimanya. Karenanya program kegiatan dari Mulyakarya tahun 2019 tersebut dinamakan KUKURUYUG #5.

Seiring dengan pelaksanaan Kukuruyug #5 itulah, maka mulai diselenggarakan pula Yogyakarta Komik Weeks 2019, dengan waktu penyelenggaraan dimulai pada tanggal 8 hingga 21 Oktober 2019. Tempatnya sendiri berada di Gd Eks KONI -Museum Sonobudoyo Yogyakarta.

Dalam gelaran Yogyakarta Komik Weeks 2019 yang mengusung tema “Bangunlah Jiwanya Bangunlah Badannya” dan juga menyajikan sosok patung berujud Gundala serta alm Hasmi sebagai penulisnya, ada banyak rangkaian program dan acara yang digelar dan disajikan bagi khalayak umum. Di antaranya adalah diskusi karya, bincang komik, bazaar komik, screening film, Yogyakarta Komik Weekend, dan yang pasti adalah pameran karya komik.

 Yogyakarta Komik Weeks 2019

Beberapa rangkaian dalam helatan YKW tahun 2019 setelah dibuka pada tanggal 8 Oktober 2019, antara lain adalah adalah sebagai berikut;

Pameran Komik di Yogyakarta Komik Weeks 2019

Dalam program Pameran Komik di helatan Yogyakarta Komik Weeks tahun 2019 ini dipresentasikan sebanyak 60 karya seniman komik, yang dilangsungkan dari tanggal 8 Oktober 2019 bersama dengan dibukanya perhelatan, dan akan berakhir pada tanggal 21 Oktober 2019. Waktu pameran dibuka setiap hari, yaitu mulai pada pukul 10.00 hingga 21.00 WIB, dengan lokasi ada di kompleks Gedung Eks KONI -Museum Sonobudoyo Yogyakarta, yang letaknya ada di sbeelah selatan Titik 0 Kilometer Jogjakarta.

Baca juga:  Batik Music Festival Hadirkan Tiga Mahakarya; Candi Prambanan, Batik, dan Musik Spektakuler

Yogyakarta Komik Weekend

Dalam Yogyakarta Komik Weekend ini yang dipersembahkan antara lain adalah ikhwal performance drama komikal, akustikomik, dan juga perihal komikotum alias cosplay. Ia diselenggarakan sebanyak dua periode, yaitu pada tanggal 12-13 Oktober dan tanggal 19-20 Oktober 2019.

1. Diskusi Komik

Program diskusi komik selain mengundang para komunitas komik juga terbuka untuk umum dan gratis yang tentunya dengan melakukan registrasi. Ia dilangsungkan sebanyak dua kali, yaitu pada hari Mingggu 13 Oktober 2019 dan Minggu 20 Oktober 2019. Keduanya dilangsungkan di Museum Sonobudoyo Yogyakarta, pada pukul 11.00 hingga 13.00 WIB.

  • Mingggu 13 Oktober 2019 | 11.00 WIB
    Pada diskusi pertama membahas tema “Komik Indonesia Hari Ini”.
    Pada program diskusi komik pertama ini, dimoderatori oleh Brigitta Engla, akan dihadirkan pula beberapa pembicara yang cukup kompeten. Antara lain adalah Henry Ismono selaku Kolektor Komik sekaligus Penulis Biografi Komikus, Andik Prayogo dari Re:ON, Comico Indonesia, dan Danang Catur dan Terra Bajraghosa yang keudnaya merupakan Kurator Pameran YKW 2019.
  • Minggu 20 Oktober 2019 | 11.00 WIB
    Pada diskusi kedua tema yang dibahas adalah “Relasi Komik dan Film Indonesia”.
    Dipandu Ipur, diskusi komik yang kedua ini menghadirka beberapa pembicara juga. Yaitu Aditya Saputra yang merupakan Komikus sekaligus Sutradara “Pendekar Cyborg”, Sigit Pradityo selaku Komikus & Sutradara, Azzam Fi Rullah yang tak lain adalah Sutradara Kolong Sinema, dan tak ketinggalan Yusron Fuadi sebagai Sutradara Film “Tengkorak”.

2. Bincang Komik

Pada program bincang dan pelucuran komik akan dibincangkan mengenai pembedahan isi buku, isi komik, serta isi novel. Acaranya sendiri dihelat pada tanggal 12 dan 13 Oktober 2019.

  • Sabtu 12 Oktober | 15.00 WIB
    Pada bedah buku di bincang komik yang pertama ini antara lain akan dibedah mengenai “Hasmi; Pencipta Legenda Gundala” yang akan menghadirkan Henry Ismono selaku penulis dan juga Mbak Plenok yang merupakan Istri dari Almarhum Mas nemo alias Hasmi Gundala Putera Petir.
  • Minggu 13 Oktober | 14.00 WIB
    Pada bedah komik kedua, bakal dibincangkan perihal “Shivers V” yang menghadirkan Andik Prayogo selaku editor Re:ON & Dhang sebagai komikus.
    Masih di hari yang sama, Minggu 13 Oktober, masih bersambung hingga sore, karena bakal ada sesi ke-tiga yang itu berupa bedah novel grafis ‘Sang Fotografer’ bersama Adya Arsita & Daru Tunggul Aji.
Baca juga:  Sayembara Hadiah Sastra Terjemahan Mastera 2019

3. Bazaar Komik

Ikhwal bazaar Komik ini digelar di Museum Sonobudoyo juga, pada setiap pukul 10.00 hingga 21.00 WIB di setiap akhir pekannya, yaitu hari Sabtu dan Minggu. Sehingga ada dua periode akhir pekan yang ada selama penyelenggaraan YKW 2019 tersebut, yang masing-masingnya adalah;

  • Periode pertama: 12-13 Oktober 2019
  • Periode kedua: 19-20 Oktober 2019

4. Akustikomik & Komikostum (Cosplay)

Seiring dengan gelaran Bazaar Komik, terdapat pula akustikomik dan juga pertunjukan musik dengan menyajikan lagu-lagu yang terinspirasi dari kisah-kisah komik.

Selain itu, disajikan pula persembahan Komikostum alias Cosplay yang menampilkan tokoh-tokoh komik dalam dunia nyata, yaitu melalui pemeran dengan kostum. gelarannya dilakukan masuk dalam program Yogyakarta Komik Weekends, yaitu mulai pada pukul 18.30 WIB.

5. Pemutaran Film

Sebagaimana rangkaian program Bazaar, screening film alias pemutaran film ini diselenggarakan di Museum Sonobudoyo pada setiap akhir pekan juga selama penyelenggaraan YKW 2019. Yang membedakannya adalah terdapat dua sessi dalam sajian screening film ini. Sesi pertama yaitu setiap pukul 13.00 hingga 15.00 WIB, sedangkan sesi kedua pada pukul 19.00 hingga 21.00 WIB

Baca juga:  JOGLITFEST 2019 Gelar Workshop Bincang Sastra Milenial untuk Regenerasi Sastra Jawa dan Sastra Indonesia

Mengenai film-film yang diputar dalam Screening Film ini antara lain adalah;  Pendekar Cyborg, Tengkorak, Neon City Files, Pocong Hiu Unleashed, Rock N Roll Komik, dan tak ketinggalan suguhan mengenai Profil Hasmi sebagai pencipta tokoh Gundala Putera Petir.

6. Drama Komikal

Agenda Acara Program Yogyakarta Komik Weeks 2019Dalam program pertunjukan drama komikal, akan disuguhkan drama pendek sebanyak dua kali yang itu didasarkan pada cerita komik. Waktu pertunjukannya sendiri dimulai pada pukul 16.15 WIB.

  • Sabtu 12 Oktober 2019 | 16.15 WIB
    Pada periode kali pertama sajian drama komikal ini ditampilkan judul “Kibal Kibul Motivasi” yang merupakan garapan dari sutradara Asita dengan sumber sama dengan judulnya, yaitu komik Kibal Kibul Motivasi, yang merupakan buah karya dari Kurnia Harta Winata.
  • Sabtu 19 Oktober 2019 | 16.15 WIB
    Untuk kali keduanya, drama komikal yang diangkat merupakan garapan Sutradara Wijayanto yang ceritanya disarikan dari komik “Serigala Menembus Kabut” karya dari Iwank HS (Yellowteeth Comic).

Demikian perihal helatan Yogyakarta Komik Weeks 2019 yang agendanya berpusat di Eks gedung KONI -Museum Sonobudoyo Jalan Pangurakan sebelah selatan dari Titik 0 Kilometer Jogja yang menuju arah Alun-Alun Utara dan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini.

Informasi selengkapnya terkait dengan YKW tahun 2019, sila bisa menghubungi langsung sekretariat panitia yang berada di Kuncen WB 1/528 RT 23 RW 05, Kelurahan Pakuncen, Kecamatan Wirobrajan-Yogyakarta. Atau selama dilangsungkan acara, bisa pula menuju sekretariat panitia yang berada di Museum Sonobudoyo Yogyakarta dan melalui narahubung Gita di nomor 081390390883. [uth]

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Utroq Trieha


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *