Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
YGF Tahun 2022

YGF Tahun 2022 yang merupakan Gelaran Yogyakarta Gamelan Festival Ke-27 Digelar di Ndalem Mangkubumen dengan Ragkaian Worshop di IFI- LIP Sagan


Diunggah oleh Official Adm pada tanggal 15 August 2022   (138 Readers)

Dua tahun lebih pandemi telah melanda, dua tahun pula akhirnya banyak perhelatan yang tertunda bahkan juga batal karenanya. Lain dari itu, ada pula beberapa yang tetap berjalan dengan menyiasatinya, di antaranya adalah dengan mempresentasikan secara online perhelatannya. Pun yang terjadi dengan Yogyakarta Gamelan Festival yang selama dua tahun penyelenggaraan dilakukan secara daring alias online.

Yogyakarta Gamelan Festival yang juga dikenal dengan akronim YGF tahun 2022 akhirnya kembali menyapa kita semua di kondisi baru setelah dua tahun kita dilanda pandemi corona. Hal ini menjadi salah satu kabar gembira lantaran presentasi YGF tahun 2022 kali ini kembali dilakukan secara luring ataupun bisa dikunjungi secara fisik selama 3 hari berturut-turut, yaitu tanggal 19 sampai 21 Agustus 2022 mulai pukul 19.15 WIB, dengan tempat di Ndalem Mangkubumen yang berlokasi di komplek Universitas Widya Mataram.

YGF Tahun 2022 2

Terkait dengan penyelenggaraan YGF tahun 2022 kali ini, beberapa waktu lalu telah dilakukan temu media yang bertempat di Ndalem Mangkubumen dengan menghadirkan dua nara sumber: yaitu Ari Wulu dan senior praktisi gamelan dari  Klaten, dan satu lagi adalah perwakilan dari Lembaga Indonesia-Prancis: IFI-LIP Yogyakarta.

Terdapat beberapa penampil bukan saja dari dalam negeri, akan tetapi juga dari manca negara yang turut berpartisipasi di perhelatan YGF tahun 2022 kali ini. Diantara para penampil tersebut adalah sebagai berikut;

  • Dharmasanti Tjakrawasita
  • BINA SIWI
  • Untu
  • Srawung Krumpyung
  • Gayam16 / REBONDS collectif artistique
  • Sandikala Ensemble
  • Omah Cangkem
  • Sanggar Tari Bali Saraswati KPB Purantara Yogyakarta
  • FORMATASINDO
  • Mandiro Laras
  • Sanggar Kesenian Prodi Sendrariya

Tak sebatas konser gamelan saja, Yogyakarta Gamelan Festival tahun 2022 kali ini juga bakal menghadirkan kegiatan rutin berupa workshop serta rembug budaya yang mendapat dukungan dari IFI-LIP Yogyakarta.

  • Workshop Real Time Music (18 Agustus 2022)
    Merupakan workshop pertama yang diadakan di IFI-LIP pada hari Kamis, 18 Agustus 2022 pukul 14.00 sampai 16.00 WIB dengan pematerinya adalah Christian Sebille dari Prancis yang akan mengajarkan penciptaan suara dan transformasinya secara real time
    Workshop ini tidak dipungut biaya, hanya saja peserta wajib mendaftarkan diri melalui laman www.ygflive.com, klik workshop kemudian pilih daftar atau kunjungi https://bit.ly/WorkshopRealTimeMusic. Ada empat peserta undangan dan peserta umum dibatasi enam orang.
  • Workshop Pembuatan Gamelan Kaca (20 Agustus 2022)
    Workshop kedua ini tetap diadakan di IFI- LIP Sagan pada hari Sabtu tanggal 20 Agustus 2022 pukul 14.00 sampai 16.00 WIB dan akan dipandu oleh Muhammad Sulthoni Sastrowijoyo atau Toni ‘konde’ yang berasal dari Pacitan dan akan mengajarkan kepada para peserta cara ataupun metode pembuatan gamelan kaca.
    Tahapan yang akan dilakukan dimulai dari memilih bahan, memotong, melubangi, tuning, memasang dan kemudian cara memainkannya.

Dua workshop di atas bakal dibuka untuk umum dengan jumlah peserta tidak dibatasi, di mana calon peserta bisa mendaftar langsung melalui situs-web www.ygflive.com, atau bisa pula langsung menuju google-form ini: docs.google.com.

Selain dua workshop tersebut, ada pula Rembug Budaya yang akan diadakan pada hari Minggu, 21 Juli 2022 di IFI-LIP Sagan dan bakal menghadirkan sederet pembicara untuk membahas perkembangan gamelan dari masa ke masa. []

4.7/5 - (4 votes)

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Official Adm


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Leave a Reply

Your email address will not be published.