Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Workshop Cukil di Pameran Ratimaya

Workshop Cukil Pameran Ratimaya 2022 di Sangkring ArtSpace Yogyakarta Gratis Namun Terbatas untuk Siswa SMP-SMA Sederajat


Diunggah oleh Official Adm pada tanggal 6 Februari 2022   (774 Readers)

“Ratimaya – Bayangan Keindahan” adalah gelaran Pameran Seni Grafis yang pada tahun 2022 kali ini mempersembahkan tiga seniman. Ialah Edi Sunaryo, Bonaventura Gunawan, dan Irwanto Lentho. Ketiganya merupakan perupa grafis dari tiga generasi berbeda namun memiliki kesamaan medium ekspresi dalam berkarya, yaitu seni grafis teknik cukil kayu (hard board: lino).

Pameran Ratimaya yang telah dibuka pada tanggal 16 Januari 2022 dengan tempat berada di Sangkring ArtSpace Yogyakarta ini
juga menghadirkan beragam program yang dapat diikuti oleh publik. Beberapa program yang telah berlangsung antara lain adalah sebagai berikut;

  • 17 Januari 2022: Exhibition Tour bersama penulis dan kurator pameran Suwarno Wisetrotomo
  • 23 Januari 2022: Artist Talk #1 bersama Bonaventura Gunawan
  • 6 Februari 2022: Workshop Grafis Teknik Cetak Tinggi bersama Studio Grafis Minggiran
    (Kuota peserta hanya terbuka bagi 20 anak usia 13-18 tahun)
  • 20 Februari 2022: Artist Talk #2 bersama Edi Sunaryo
  • 6 Maret 2022: Artist Talk #3 bersama Irwanto Lentho

Workshop Cukil di Pameran Ratimaya

Perihal workshop grafis teknik cetak tinggi bersama Studio Grafis Minggiran ini Bambang ‘Toko’ Witjaksono selaku ketua penyelenggara pameran menayatakn bahwa ia dilakukan tanpa sama sekali memungut beaya kepada peserta alias gratis, dan memang sifatnya masih terbatas bagi siswa SMP-SMA dan sederajat.

“Meski terbatas, harapannya dengan mencoba teknis cetak tinggi (cukil) sejak usia muda, maka peserta workshop dapat lebih memahami proses pembuatan karya grafis, dari pencukilan hingga menghasilkan cetakan, agar dapat lebih mengapresiasi karya-karya seni grafis, terutama yang sedang dipamerkan, karena secara teknis lebih kompleks proses pembuatannya,” tutur Bambang ‘Toko’ Witjaksono.

Workshop Cukil di Pameran Ratimaya

Pada workshop kali ini, Grafis Minggiran mengajak para peserta untuk mengasah kreativitasnya melalui pembuatan karya seni grafis dengan teknik cetak tinggi. Cetak tinggi, disebut juga dengan relief, adalah salah satu teknik pada seni grafis. Pada teknik ini gambar pada cetakan (plat klise), bisa berupa kayu, mdf, logam, dan lino, dicukil menggunakan pisau khusus. Gambar pada cetakan yang sudah diberi tinta atau cat kemudian dicetak pada media transfer (kertas, kanvas, dan lainnya).

Studio Grafis Minggiran sendiri adalah sebuah kolektif seniman dan ruang workshop yang berbasis di Yogyakarta dan berfokus pada pengembangan karya seni grafis. Terbentuk sejak tahun 2001, kolektif ini telah banyak terlibat dalam berbagai pameran, proyek seni, juga menyelenggarakan workshop dan demonstrasi langsung ke berbagai tempat.

Workshop Cukil di Pameran Ratimaya

Publik juga masih dapat mengunjungi pameran di Sangkring Art Space sampai tanggal 16 Maret 2022. Informasi terkini mengenai Pameran Seni Grafis “Ratimaya-Bayangan Keindahan” dapat diakses melalui akun Instagram @ratimaya.grafis. []

Pic Source: IG Ratimaya

4.8/5 - (6 votes)

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Official Adm


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.