Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   

Wayang Jogja Night Carnival di Perayaan Ulang Tahun Yogyakarta ke-263 Sajikan Pawai 14 Karakter Wayang Kapi-Kapi


Diunggah oleh Jaring Acara pada tanggal 6 Oktober 2019   51

Wayang Jogja Night Carnival atau disingkat WJNC menjadi suguhan meriah pada malam perayaan hari jadi Yogyakarta yang ke-263 sebagaimana yang dipersembahkan pada tahun sebelumnya.

Terkait dengan suguhan pawai Wayang Jogja Night Carnival tersebut, maka pada pukul 17:00 WIB hari Senin, tanggal 7 Oktober 2019, beberapa ruas jalan utama di Kota Yogyakarta ditutup, dan beberapa alur lalu-lintaspun dialihkan.

pawai Wayang Jogja Night Carnival

Sebanyak 1400 peserta Wayang Jogja Night Carnival 2019 bakal berpawai dari arah Museum Sandi Kotabaru kemudian masuk ke jalan Jenderal Sudirman menuju Tugu Pal Putih dan masuk ke Jalan Margo Utomo Yogyakarta.

Baca juga:  Konser 'Rhapsody of the Archipelago: Gamelan 4.0' Siap Digelar UGM pada 29 dan 30 November 2019

Event rutin WJNC yang dihelat setiap tahun di Kota Jogja tersebut pada tahun 2019 ini menjadi sajian meriah untuk yang keempat kalinya seiring dengan perayaan hari ulang tahun ke-263 Yogyakarta. Ikhwal tema yang diusung pada helatan tahun 2019 ini adalah Ringgit Wanara Kagungan Dalem Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, atau dikenal pula sebagai Wayang Kapi-Kapi.

Wayang Kapi-kapi Sebagai Wayang Kreasi Khas Milik Keraton Jogja

Dapat diketahui bahwa Wayang Kapi-kapi ini adalah wayang kreasi asli dan khas Jogja yang dimiliki oleh Kraton Yogyakarta, dan terhitung unik dan masih jarang go public,  pasalnya ia merupakan bentuk perpaduan bagian tubuh hewan yang merepresentasikan kehidupan di dunia.

Baca juga:  Film Humba Dreams dan Karya Instalasi Humba Dreams (un)Exposed

pawai Wayang Jogja Night CarnivalDengan disajikannya pada WJNC, Wayang Kapi-Kapi tersebut kemudian mulai diperkenalkan kepada masyarakat luas melalui tampilan berbeda pada masing-masing kontingen peserta pawai yang berasal dari  14 kecamatan se-wilayah Kotamadya Yogyakarta.

Langkah memperkenalkan kepada khalayak-luas itulah yang menjadi alasan disajikannya 14 karakter dari Wayang Kapi-kapi yang juga kemudian dipilih sebagai tema Wayang Jogja Night Carnival #4 ini.

Sebagaimana yang dipaparkan oleh Yetti Martanti, S.Sos,M.M. yang berlaku sebagai Show Director Wayang Jogja Carnival, dan didampingi KPH Notonegoro sebagai perwakilan dari pihak Kraton Yogyakarta. Bahwa dihadirkannya Wayang Kapi-Kapi tak lain agar masyarakat dapat mengenal sekaligus memaknai filosofinya pada kehidupan sehari-hari.

Baca juga:  Kisah Legendaris Lampor Muncul di Festival Video Mapping SUMONAR

Dari Wayang Kapi-kapi sejatinya terdapat banyak hal yang bisa saja ditarik pelajaran, sehingga kita dapat saling mengayomi, meski kepribadian yang kita miliki tak selalu sama. []

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Jaring Acara


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *