Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Umbarmakbyarr Festival Kesenian Yogyakarta

Umbarmakbyarr Festival Kesenian Yogyakarta Dibuka oleh Sultan

Diunggah oleh Jaring Acara, pada tanggal 27 Juli 2017

27 JULI 2017 menjadi hari dimulainya istirahat yang tetap kratif dalam umbarmakbyarr Festival Kesenian Yogyakarta. Ya, umbar telah dibuka, diiringi dengan semangat dan sekaligus memiliki harapan makbyarr!

Bertempat di depan Gerbang Kantor Gubernur DIY, Kompleks Kepatihan, Jalan Malioboro – Yogyakarta, selepas Ketua Panitia FKY; Roby Setyawan, dan juga beberapa yang lain memberikan sambutan, maka berlanjut ke Ngarsa Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X yang memberikan sambutan sekaligus membunyikan lonceng tanda dibukanya helatan seni budaya di tlatah Ngayogyakarta Hadiningrat ini.

Dalam pidato sambutannya, Sri Sultan HB X memaparkan beberapa baris kalimat yang cukup memberikan makna kepada khalayak, bukan saja kawula Jogja, namun juga seluruh Indonesia.

“Sudah semestinya keistimewaan Jogja adalah untuk Indonesia. Bahwa menjadi Jogja, adalah menjadi Indonesia”

Kalimat ter-quote di atas adalah salah satu baris pemaparan pembukaan perhelatan FKY ke-29 yang disampaikan oleh beliau Sri Sultan X dengan penuh penekanan.

Selaku Gubernur khususnya di wilayah DIY, Sultan menekankan tentang “Menjadi Jogja” dan “Menjadi Indonesia.” Sebuah pengakuan ‘menjadi’ yang bisa dimaknai bahwa setiap karakter Jogja akan sangat memberi pengaruh kuat terhadap Indonesia. Karenanya, setiap elemen, baik seniman, wisatawan, mahasiswa, akademisi, dan mereka sebagai masyarakat Yogyakarta hendaknya terus dan selalu membawa nilai-nila ke-Jogja-an, menJogja, nJogjani, untuk kemudian spreading to Indonesia.

Baca juga:  Balkonjazz Festival Digelar Pertengahan September 2019 di Kawasan Borobudur

‘Hamemayu Hayuning Bawono’, sebagai perwujudan menciptakan kenyamanan.

‘Manunggaling kawula Gusti’, sebagai bentuk mengajarkan ketauladanan.

‘Golong gilig’, yang merupakan cerminan gotong royong.

‘Watak Satriya: Sawiji, Greget, Sengguh ora mingkuh’ sebagai makna atas kuatnya jati-diri, namun juga tetap terbuka terhadap segala hal dan segala suasana.

Official doc. FKY29 – Mokstimofeevic

Dibukanya secara langsung oleh Gubernur DIY, maka ini menandai telah dibuka pula hajatan seni di wilayah Jogjakarta, baik kelas provinsi dengan manajerial bertempat di komplek Planet Pyramid, ataupun di 5 wilayah Yogyakarta yang terdiri 4 kabupaten dan 1 kotamadya. Jadi. rekan-rekan tak usah bingung sekiranya menjumpai, dalam kurun 27 Juli hingga 13 Agustus 2017 ini ada beberapa tempat digelarnya seni budaya di wilayah Jogjakarta dengan tema sama “Umbar Mak Byarr!

Usai lonceng dibunyikan Sultan, acara pembukaan FKY ke-29 dilanjutkan dengan pawai. Arak-arakan terjadi di sepanjang jalan Malioboro, diikuti oleh 27 kontingen, yang pesertanya tak sebatas lokal Jogja saja, namun juga dari provinsi lain. Sedangkan untuk pertunjukan yang digelar pada kurun waktu sama, akan ada pula minimal 3 negara lain yang unjuk gigi turut memeriahkannya.

Selanjutnya sila simak juga press release umbarmakbyarr Festival Kesenian Yogyakarta yang bersumber dari divisi Marketing Communication & Information FKY ke-29 di bawah ini.

Baca juga:  Sastra FKY 30 Semelah-Semeleh : Bicarakan Dinamika Sastra Daerah dan Nasional

***

FKY 29: Umbar Dibuka dengan Mak Byarr!

Helatan Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 29 Umbar Mak Byarr dibuka dengan pawai yang berlangsung pada 27/7, pukul 15:00, di sepanjang Jalan Malioboro mulai dari Taman Parkir Abu Bakar Ali, kompleks Kantor Kepatihan, dan berakhir di titik nol kilometer.

Pembukaan FKYPawai pembukaan FKY 29 dimulai dengan penampilan tarian selamat datang Tari Sekar Pudyastuti, sekaligus diikuti oleh 27 kontingen dengan total kontingen sebanyak kurang lebih 1200 orang, diantaranya Bregada Mloyo Kusumo, Plangkir Paku Alam, 4 kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Natya Laskita – Sanggar Didik Nini Thowok, serta Tim Karnaval Fakultas Teknik UNY yang menyajikan pertunjukan jalanan fashion show Umbar Mak Byarr. Sesi pawai pembukaan juga menampilkan kolaborasi Total Perkusi dan Dominique Naura.

FKY 29 merangkul komunitas seni maupun komunitas akademik supaya tercipta ikatan kultural kuat di antara keduanya. Karena itulah penyelenggaraan FKY kali ini bermaksud menyajikan berbagai program kesenian, termasuk seni rupa, pertunjukan, sastra, dari yang tradisional, modern hingga kontemporer.

“Umbar Mak Byar kami maknai sebagai pemanfaatan waktu luang untuk menemukan ide segar nan kreatif, khususnya bagi masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta,” kata Roby Setiawan lewat sambutan Ketua Umum FKY 29. FKY diharapkan bisa menjadi helatan utama untuk menjaga predikat Yogyakarta sebagai kota seni.

Baca juga:  Balkonjazz Festival Merupakan Helatan yang Memadu Harmoni dengan Kearifan Lokal

Umbarmakbyarr Festival Kesenian YogyakartaDalam pidato yang disampaikan lewat Pawai Pembukaan FKY 29, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Y Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan tema Umbar Mak Byarr memberi peluang bakda “pemerdekaan” muncullah “byar” sebuah gagasan “wow” yang brilian dan bermakna bagi kehidupan seni dan kemanfaatan masyarakat. “FKY dapat menjadi panggung hiburan rakyat, penyegaran dari hiruk pikuk politik”, kata Sri Sultan dalam pidatonya itu.

Sri Sultan berharap FKY dapat menjadi wahana penggerak masyarakat menuju peningkatan dimensi-dimensi nilai, termasuk dimensi teoretis, ekonomi, estetis, sosial, politik, dan keagamaan yang merupakan nilai ketuhanan yang berkebudayaan. Setelah menyampaikan pidato tersebut, Gubernur DIY didampingi Ketua Umum dan Kepala Dinas Kebudayaan DIY bersama-sama membunyikan lonceng sebagai tanda dibukanya Festival Kesenian Yogyakarta 29.

Selepas pawai pembukaan FKY 29 di Malioboro, di malam harinya dilangsungkan Pembukaan Pasar Seni FKY 29 di Planet Pyramid mulai pukul 19:00. Pasar Seni FKY 29 terdiri dari beragam produk seni kreatif. Di area Pasar seni juga ada atraksi pertunjukan yang tersebar. Sebagai hiburan di malam pembukaan ini ada pertunjukan seni dari Gamelan Sekar Wangi, Tari Pinkavaleri, dan ditutup penampil utama dari Jogja HipHop Foundation membawakan lagu-lagu yang sudah familiar dikhalayak umum.

Umbarmakbyarr Festival Kesenian Yogyakarta

Imbarmakbyarr Pembukaan Festival Kesenian Yogyakarta

Official doc. FKY29 – Erwinoctovian

Simak pawarta lain terkait , atau adicara menarik lain yang diunggah oleh Jaring Acara


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *