Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
ulang tahun starcross

Ulang Tahun Starcross ke-17 oleh Weimpy Adhari a.k.a Tebong Menjadi Perayaan Anak-Anak Muda Songsong Kelulusan Ujian Pandemi dan Masa Mandiri dengan Kepedulian Tinggi


Diunggah oleh Official Adm pada tanggal 28 Oktober 2021   (430 Readers)

Sebagai salah satu brand yang meramaikan industri clothing di Indonesia, kehadiran STARCROSS hingga tahun 2021 kali ini telah menginjak usia yang ke-17. Artinya, usia remaja dan menuju dewasa menghinggapi brand lokal yang lahir dan tumbuh hingga besar di Yogyakarta ini.

Seiring ulang tahun Starcross yang ke-17, serangkaian perhelatan yang mengusung tajuk “YOUTH HAS NO END 17th Anniversary Starcross” telah digelar, tepatnya dimulai sejak awal bulan September 2021 hingga akhir bulan Desember 2021, yang penyelenggaraannya juga berkolaborasi dengan sembilan brand lokal Indonesia.

Hadir selama 17 tahun Starcross bertumbuh dan berkembang dalam lika-liku industri kreatif di area Jogjakarta, yang dahulu bisa dikatakan ada dalam banyak tantangan-keterbatasan, hingga kini industri kreatif Jogja ini boleh dibilang sudah maju, yang kemudian kemajuan ini memberi dukungan terhadap ribuan Street Fighting Man yang bergerilya mulai dari skateboard, longboard, musik, seni instalasi, seni lukis, hingga produk grafis untuk menggelar event.

Dengan latar-belakangnya yang kental terhadap kota pelajar sekaligus kota budaya, bagi Starcross Jogja adalah tanggung jawab, di mana Starcross yang memiliki laman-situs di www.starcross.shop ini adalah bagian dari perubahan dan ekosistem kreatifitas di Jogja sendiri.

Tahun 2021 merupakan ulang tahun Starcross ke-17 sebagai satu brand yang tumbuh dan berkembang di industri clothing. Tema Youth Has No End diangkat sebagai tanda tentang semangat dalam menginjak usia 17 tahun, bahwa ia sudah mandiri dan tahu apa yang akan dipilih nantinya. Sebuah masa di mana Starcross harus bisa merasa menjadi bagian dari orang lain dengan tingkat kepedulian yang tinggi.

Ulang Tahun Starcross ke-17 oleh Weimpy Adhari a.k.a Tebong

Perjalanan Clothing Brand Starcross dan Tebong Weimpy Adhari

Bersamaan dengan perayaan ulang tahun Starcross ke-17, dihadirkan pula obrolan bersama owner sekaligus founder Starcross, yaitu Weimpy Adhari atau yang akrab disapa Tebong, tepatnya dalam acara jumpa media yang dilaksanakan pada hari Kamis 28 Oktober 2021 dengan lokasi berada di Starcross Homebase, Jl. Cendrawasih No. 32A, Catur Tunggal, Depok, Sleman Yogyakarta.

Dalam gelaran jumpa pers yang bertepatan dengan perayaan hari Soempah Pemoeda tersebut, Tebong memaparkan banyak hal mengenai lika-liku perjalanan Starcross hingga usianya di angka 17 kali ini, yang juga tetap membidik anak-anak muda sebagai target pasarnya. Salah satu hal yang dipaparkan adalah juga perihal waktu permulaan ia memulai di industri clothing brand yang diawalinya dengan bekerja sebagai penjaga toko sekaligus tetap berkuliah di tahun 2001 silam.

Tiga tahun menggeluti dunia distro, Tebong merasa memahami pola bisnis clothing brand ini, terutama mengenai ‘demand’, tak lain karena menjadi penjaga toko, maka iapun paham betul perihal pangsa pasar. Dari sinilah ia memulai membuat brand sendiri bernama Starcross, sebuah kata yang dipantik dari sebuah lagu ciptaan salah satu grup band Eropa.

Seiring berjalannya waktu Starcross terus tumbuh dan berkembang dengan baik, meski –sebagaimana penuturan Tebong– di tahun 2004 hingga 2009 dianggapnya usaha ini tidak terlalu serius karena iapun sama sekali belum berpikir tentang goal. Tahun 2009 barulah pengelolaan Starcross ini dilakukan dengan lebih serius, hingga di tahun 2015 brand Starcross tumbuh dengan sangat baik. Tahun 2015 sampai 2017 menjadi masa-masa penurunan Starcross, hingga Tebong memikirkan tentang persebaran produk untuk kemudian membuka gerai ataupun outlet di 22 tempat termasuk di luar Jawa. Untuk pembukaan outlet di luar Jawa, contohnya adalah di Makassar dan Samarinda, ini dilakukan karena persaingan clothing brand di pulau Jawa dan Bali sudah sangat berat.

Dua tahun, yaitu dari 2015 hingga 2017, memang menjadi masa yang tak mudah dan bisa dikatakan lumayan membuat limbung, namun kenyataannya itu masih belum seberapa, pasalnya sebagaimana dikatakan oleh Tebong, bahwa tantangan terberat yang dihadapinya selama ini justru adalah kala masa-masa awal pandemi corona ini melanda. Dunia digital marketing, baik itu di sosial media, e commerce, market place, dan lain sebagainya, menjadi hal lain yang juga harus ditapaki.

Tantangan-tantangan selama perjalanannya dalam 17 tahun semacam itulah yang kenyataannya bisa dilalui Starcross sebagai salah satu brand di Yogyakarta, yang pada akhirnya, ia bisa bertahan hingga saat ini. Tak lain adalah karena semangat kebersamaan dalam kolaborasi oleh insan-insan muda kreatif. Dengan latar belakang seperti itulah “komunitas anak muda beserta kegiatan positifnya” selalu menjadi salah satu target yang dibidik Starcross, termasuk anak-anak muda yang ada di lingkungan perdesaan. STARCROSS YOUTH HAS NO END!

Ulang Tahun Starcross ke-17 Weimpy Adhari a.k.a Tebong

Kolaboratif Starcross 17th Anniversary

Berkaitan dengan perayaan ulang tahun Starcross ke-17 pada tahun 2021 kali ini, Sarcross mengajak beberapa teman-teman komunitas untuk berkolaborasi dalam aktivasi rangkaian acara Starcross 17th Anniversary. Di antara bentuk kolaboratif tersebut adalah challenge, Live painting, Fun Games, Exhibition, Product Collaboration, Online Documentary, dan Closing Party.

CHALLENGE

Challenge menjadi serangkaian acara yang sudah dimulai sejak awal bulan September 2021 dengan mengajak siapapun untuk terlibat di dalam beberapa aktivitas, di antaranya adalah sebagai berikut;

  • Custom Identity
    Audience membuat video berdurasi maksimal 60 detik (melakukan hal-hal kreatid yang disukai)
  • Do It Your Wild
    Audience merespon “BEAT” yang disediakan team dengan sekreatif mungkin (menyanyi, alat musik, dll)
  • Wild Creativity
    Audience membuat video berdurasi maksimal 60 detik (melakukan hal-hal kretif yang mereka sukai)
  • Wild Remix
    Audience merespon “BEAT” yang disediakan team dengan sekreatif mungkin (menyanyi, alat musik, dll)

LIVE PAINTING

Live painting dilakukan bersama teman-teman grafiti Yogyakarta, di mana hasil karyanya akan dilelang dan selanjutnya akan disumbangkan.

FUN GAMES

Fun Games dilakukan dengan kegiatan kompetisi skateboard yang akan diselenggarakan di Starcross Homebase, di mana diikuti oleh skateboarder Yogyakarta dan sekitarnya.

EXHIBITION

Exhibition menjadi satu pameran karya para pemenang challenge yang diadakan sebelumnya oleh Starcross. Nantinya karya-karya tersebut akan dilelang dan hasilnya akan disumbangkan.

PRODUCT COLLABORATION

Product Collaboration sebaai satu rangkaian kegiatan yang membentuk sebuah kolaborasi dengan Brand Lokal lain di dalam industri yang sama dan dengan semangat yang sama pula, untuk membentuk ekosistem dan komitmen di industri ini. Brand-brand lokal sebagai kolaboratif tersebut di antaranya adalah brand CAPSLOCK LTD (Bandung), CROOZ ID (Jakarta), FAMILIAS (Yogyakarta), INSPIRED27 (Malang), MATERNAL DISASTER (Bandung), SAINT BARKLEY (Bandung), SLACKERS CO (Yogyakarta), SLASHROCK (Bali), dan THANKSINSOMNIA (Tangerang).

Bersama brand-brand tersebut, Starcross berkolaborasi meluncurkan sebuah Limited Edition Collection bertemakan “Youth Has No End”, koleksi dalam rangka 17 tahun Starcross berada di industri ini.

ONLINE DOCUMENTARY

Online Documentary merupakan aktivitas dokumentasi digital dan fisik di mana berisi perjalanan Starcross dan Yogyakarta selama 17 tahun ini.

CLOSING PARTY

Closing Party, live music yang menampilkan band-band independent dari Yogyakarta.

Bersama dengan perayaan ulang tahun Starcross yang ke-17 alias 17th Anniversary Starcross yang menghadirkan segenap aktivasi Youth Has No End ini, harapannya ia bisa dijadikan sebagai satu trigger bagi teman-teman yang bergerak di industri Clothing Line untuk kembali saling support antar Brand maupun dengan komunitas lokal yang ada sehingga bisa saling tumbuh dan berkembang bersama.

“People who became a rockstar, that the people who should pass the star itslef. Those people are called STARCROSS” []

4.9/5 - (7 votes)

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Official Adm


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *