Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

4.9/5 - (8 votes)
HIGHLIGHT
   
Transportasi Multi-Moda Menuju dan Dari bandara Nyi Ageng Serang -Yogyakarta International Airport Kulon Progo

Inilah Pilihan Transportasi Multi-Moda Menuju dan Dari Bandara Yogyakarta International Airport (YIA)


Diunggah oleh Utroq Trieha pada tanggal 4 April 2020   (5,138 Readers)

Meski ada dalam masa krisis akibat mewabahnya virus Corona COVID19, YIA yang merupakan salah satu bandara baru dan bertaraf internasional dengan area berada di bumi Menorwh Kulon Progo Yogyakarta ini secara resmi telah beroperasi penuh, yaitu dimulai sejak hari Minggu tanggal 29 Maret 2020 silam.

Guna mendukung kinerja bandara lebih lanjut disediakan pula transportasi multi-moda sebagai penyangga, baik dari ataupun menuju bandara yang kapasitasnya bisa mencapai 20 juta penumpang setiap tahunnya ini. Penyediaan transportasi multi-moda tersebut dilakukan tak lain sebagai sarana untuk memudahkan pengguna jasa bandara dalam melakukan alih moda transportasi ketika melakukan perjalanan udara, baik menuju ataupun dari bandara Internasional Yogyakarta.

Mengenai ketersediaan jasa angkutan ke dan dari bandara di Yogyakarta International Airport yang berjarak sekira 43 kilometer dari pusat kota Yogyakarta tersebut, ada banyak ragam jenis transportasi multi-moda, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Airport Shuttle yang disediakan oleh Damri dan SatelQu
  • Taksi berargometer
  • Angkutan sewa khusus
  • Kereta api bandara menuju pusat kota dan sebaliknya

Perihal transportasi multi-moda berujud kereta api, untuk menuju dan atau dari bandara Yogyakarta International Airport (YIA), jauh sebelum merebaknya pandemi COVID_19, ia sudah bisa diakses melalui beberapa stasiun. Baik itu yang masih berada di wilayah Yogyakarta, ataupun di luar Jogja, yang antara lain meliputi Cilacap, Kebumen, Purwokerto, Purworejo, dan beberapa yang lainnya.

Sementara untuk Shuttle, ada beberapa titik yang di sediakan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagai contoh untuk Airport Shuttle DAMRI disediakan beberapa titik-keberangkatan, baik yang menuju ke dan/atau yang berasal dari Bandara, dengan interval armada 30 menit sekali. Dua titik untuk Airport Shuttle DAMRI tersebut antara lain adalah di Maguwo yang tak jauh dari Bandara Adisutjipto, dan juga di seputar Rest-Area Ambarketawang Gamping Sleman, sisi barat Outer-Ringroad Jogjakarta.

Transportasi Multi-Moda Menuju dan Dari Bandara Yogyakarta International Airport (YIA)

Lebih detil mengenai transportasi multi-moda yang dapat dipilih guna menuju dan atau dari Bandara Internasional Yogyakarta di Temon -Kulon Progo adalah sebagaimana terpaparkan di bawah ini.

A. AIRPORT SHUTTLE DAMRI

Perihal transportasi multi-moda dari pusat Kota Jogjakarta untuk menuju bandara YIA yang berada di Bumi Menoreh -Kulon Progo ini penumpang dapat memilih beberapa titik keberangkatan dari beberapa penyedia layanan transportasi darat. Untuk layanan shuttle bus Damri, terdapat beberapa titik keberangkatan dengan estimasi waktu tempuh 1 hingga 2 jam perjalanan, antara lain:

  1. Bandara Adisutjipto-YIA, estimasi waktu perjalanan sekira 2 jam
  2. Malioboro-YIA, estimasi waktu perjalanan sekira 1,5 jam
  3. Ambarketawang-YIA, estimasi waktu perjalanan sekira 1 jam

Adapun titik keberangkatan Damri menuju YIA yaitu dari:

  • Bandara Adisutjipto
  • Pool Damri
  • Jalan Affandi
  • Galeria Mall
  • Bundaran UGM
  • Sleman Citi Hall
  • Candi Borobudur
  • Grand Inna Malioboro
  • Hotel Limaran
  • Rest Area Ambar Ketawang
  • Stasiun Wojo
  • Kebumen

Estimasi tentang biaya Damri menuju Yogyakarta International Airport yaitu berkisar dari Rp25.000,- hingga Rp 70.000,-, bergantung pada jarak tempuh. Sementara untuk waktu operasional Damri adalah sejak pukul 03.00 pagi/dini-hari sampai dengan pukul 20.00 WIB, dengan interval waktu berangkat (headway) selama 30 menit satu kali di titik keberangkatan Ambarketawang dan Stasiun Maguwo (Bandara Adisutjipto).

B. AIRPORT SATELQU

Dari pusat Kota Yogyakarta guna menuju bandara YIA yang terletak di tanah Nyi Ageng Serang tersebut, dengan menggunakan shuttle bus SatelQu, penumpang dapat memilih 3 rute, yaitu rute utara, rute tengah, dan rute selatan dengan estimasi waktu tempuh 1-2 jam bergantung pada jarak dari titik keberangkatan dan estimasi biaya Rp 50.000,- hingga Rp 70.000,-.

Adapun rincian tempat yang disinggahi 3 rute SatelQu tersebut antara lain adalah:

  1. Rute utara:
    Maguwo (Bandara Adisutjipto) – Hotel Grand Keisha – Prime Hotel – Hotel UC UGM – Hotel Phoenix – Hotel Amartya – Rest Area Ambarketawang – YIA
  2. Rute tengah:
    Bandara Adisutjipto – Hotel Eastparc – Hotel Grand Mercure – Hotel Pesonna Tugu – Grand Serella – Terminal Jombor – Hotel Amartya – Rest Area Ambarketawang – YIA
  3. Rute selatan:
    Bandara Adisutjipto – Jogja Expo Center (JEC) – Hotel The Cube – YATS Colony – Rest Area Ambarketawang – YIA.

Untuk interval waktu berangkat (headway) SatelQu adalah satu kali dalam waktu 30 menit di titik keberangkatan Ambarketawang, dan 60 menit satu kali di Stasiun Maguwo (Bandara Adisutjipto).

Kecuali disediakan rute YIA-Yogyakarta, transportasi multi-moda berujud SatelQu ini juga melayani rute luar area Yogyakarta, yaitu Cilacap, Purwokerto, Kebumen, Jombor, Purworejo, Wonosobo, dan Banjarnegara.

Pilihan Transportasi Multi-Moda Darat Menuju dan Dari Bandara Yogyakarta International Airport Kulon Progo

C. TAKSI DAN ANGKUTAN SEWA KHUSUS

Di samping Shuttle Damri dan SatelQu, penumpang juga dapat menggunakan taksi bandara, seperti Rajawali, JAS, Pataga, serta Angkutan Premium Golden Bird, yang dapat dipesan sesuai jadwal penerbangan di YIA. Sedangkan untuk taksi online, Grabcar atau Grabtaxi sudah resmi beroperasi di YIA dan dapat dipesan melalui aplikasi Grab.

Pun apabila hendak menyewa mobil dari Yogyakarta International Airport guna mengunjungi destinasi pariwisata di sekitar Kulon Progo dan Yogyakarta, penumpang bisa melakukan reservasi transportasi multi-moda berujud “angkutan sewa khusus”, yang antara lain adalah KSU Putra Galih, Inkoppol, dan Jaladipa.

D. KERETA API

Untuk transportasi darat dengan waktu tempuh lebih cepat, penumpang sangat dianjurkan memilih kereta api, yaitu yang terbagi ke dalam dua jenis. Ialah Kereta Api (KA) Bandara dan KA Prambanan Ekspress (Prameks), dengan waktu tempuh sekira 45 hingga 60 menit.

Mengenai transportasi multi-moda berujud kereta api menuju Bandara Internasional Yogyakarta yang estimasi biayanya sekira Rp25.000,- tersebut rute keberangkatannya adalah sebagai berikut:

  • KA Bandara
    Stasiun Yogyakarta – Stasiun Wates – Stasiun Wojo
  • KA Prameks:
    Stasiun Maguwo – Stasiun Lempuyangan – Stasiun Yogyakarta – Stasiun Wates – Stasiun Wojo

Sesampainya di Stasiun Wojo, guna menuju Bandara YIA, penumpang dapat menyambung dengan moda transportasi berupa huttle bus Damri yang waktu-tempuhnya kurang-lebih selama 10 menit.

Dengan beragam pilihan transportasi darat dari dan menuju YIA tersebut, maka akan semakin memudahkan perjalanan penumpang dari dan ke Yogyakarta. Dan seiring dipersiapkannya sarana serta prasarana, termasuk di dalamnya adalah tersedianya ragam pilihan aksesibilitas transportasi multi-moda tersebut, tentunya bisa dikatakan bahwa sebagai bandara internasional dengan luas terminal 219.000 meter persegi ini, YIA telah siap menjadi gerbang baru menuju berbagai destinasi menarik di Indonesia. [uth]

Source: ap1.co.id | Pic: IG bandarayogyakarta

4.9/5 - (8 votes)

4.9/5 - (8 votes)

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Utroq Trieha


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Leave a Reply

Your email address will not be published.