Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Tirto Asmoroloyo, Duo Akustik Asal Malang Luncurkan Single Asmaraloka

Tirto Asmoroloyo, Duo Akustik Asal Malang Luncurkan Single Asmaraloka


Diunggah oleh Official Adm pada tanggal 15 Maret 2021   (50 Readers)

Asmaraloka merupakan kata yang diambil dari bahasa Sanskrit,dan dapat diartikan sebagai dunia (alam) cinta kasih. Dari sini bisa jadi kita akan bisa sedikit menyimpulkan jika mereka yang merilis lagu tersebut memiliki rasa cinta yang lebih terhadap negerinya. Belum lagi intro lagu ini dibuka dengan rapalan acapella berbahasa Jawa. Cukup intimidating dan membuat kita berpikir jika ini adalah karya yang cukup serius. Mereka para awak yang menyanyikannya tak lain adalah duo akustik yang mengusung nama Tirto Asmoroloyo.

Tirto Asmoroloyo terbentuk di Malang dan terdiri dari duo Oceb Rock & Zakk Ark. Duo ini kemudian melantunkan debut “Asmaraloka” menjadi nomor akustik yang cukup mudah untuk dicerna. Balutan di dalamnya pun terdiri dari lirik lugas nan sederhana,

Baca juga:  Ibadah Musikal 100 Hari Djaduk Ferianto Menjadi Cara Mengenang Almarhum dengan Rasa Bahagia

Dari Asmaraloka garapan duo Tirto Asmoroloyo ini sangat mungkin kita akan diantarkan pada balada-balada paling reflektif yang pernah hadir di Indonesia. Paslanya, di dalamnya mengalun pula cengkok Banyuwangi-an oleh Anggar Gusti serta gesekan violin Bayu Anggara yang menambah nuansa syahdu.

“Di sini kami ingin cerita, kalau negeri kita ini begitu kaya. Kaya budayanya, keberagamannya, dan tentu saja, alamnya . Tapi di sisi lain, ada dominasi & eksploitasi berlebihan atas nama pribadi di baliknya. Kerakusan itu, lama kelamaan bisa membawa ajal bagi Indonesia,” tutur Zakk Ark mengenai lagu yang ditulisnya.

Relasi manusia dan alam itu dihadirkan dalam video lirik lagu ini. Di sini Tirto Asmoroloyo menghadirkan berbagai pemandangan akan alam: sawah, gunung, hingga laut. Kumpulan footage ini diambil dengan drone dan berlokasi di Madura, Jawa Timur.

Baca juga:  Berkolaborasi dengan Band 'Langit Sore', Nammara Rilis Mini Album Bertajuk ‘Mengejarmu’ pada 17 April 2020

Tirto Asmoroloyo, Duo Akustik Asal Malang Luncurkan Single Asmaraloka

Tirto Asmoroloyo sendiri adalah buah pikir dan hati dari Oceb Rock (drumcussion, backing vocal) dan Zakk Ark (vocal, guitar). Jika menilik ke belakang, sejarahnya lumayan panjang untuk diceritakan, yaitu sejak tahun 2015. Keduanya dulu sudah sering ngobrol ngalor-ngidul dan berencana membikin karya bersama. Tetapi seperti yang sudah-sudah, kesibukan selalu jadi biang keladi tertundanya wacana.

“Api” kolaborasi itu baru menemukan “minyaknya” di tahun 2020. Satu tawaran gigs live dari sebuah kanal YouTube akhirnya menjadi pemantik pengkaryaan mereka. Buahnya manis, lagu “ASMARALOKA” ini direkam di Soundcampstudios dan konon menghabiskan waktu take sekitar 10 jam. Saat “api” berjodoh dengan “minyak”, maka kata “Gas!” jadi mantra selanjutnya.

Baca juga:  Jelang Tahun Baru 2020, Presiden Joko Widodo Resmikan Bendung Kamijoro di Tuksono Sentolo Kulon Progo Yogyakarta

“Dalam berkarya kami gak mau muluk akan ini itu. Yang pasti kami (berusaha) semaksimal mungkin. Sebisa mungkin. Kalau bicara rencana, kami jelas pengen punya album,” kata mereka.

“Tapi ya kita kembalikan kepada Tuhan. Kami juga gak mau main ‘kejar-kejaran’ dalam berkarya. Kalau kata orang Jawa, ‘Wong Jowo banter nguber opo, lak alon ngenteni sopo?’ (Orang Jawa mau cepat-cepat itu mengejar apa? Terus kalau pelan-pelan mau menunggu apa?) alias santai saja kayak air mengalir yang kembalinya ke laut.”

Ya, mengalir bagai air di surga. Kurang lebih itulah yang jadi esensi dari nama Tirto Asmoroloyo. []

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Official Adm


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *