Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Cover Art Single Mortal TIRANT

Grup Musik Asal Malang ‘Tirant’ Luncurkan Single Baru Berjudul Mortal yang Mengungkapkan Kekhawatiran Dilupakan Selepas Kematian


Diunggah oleh Rika Purwaka pada tanggal 24 July 2022   (338 Readers)

Sebagai sebuah grup musik, TIRANT memulai karir sejak 2019 dan hingga detik ini tetap konsisten untuk terus menelurkan karya-karya terbarunya. Mereka yang ada dalam Tirant antara lain adalah Okifiqri atau akrab disapa Tukri pada Vocal, Achmad Muizzul alias Jul pada Guitar, Satrio Bagus Wicaksono sebagai Gitarist, Pahri Prasojo (Parjo) pada Bass, dan Diki Ramadhan (Diki) pada Drum.

Mortal menjadi salah satu judul lagu karya Tirant yang bisa dijadikan sebagai salah satu bukti produktivitas mereka dalam karya. Ialah single terbaru sebagai lanjutan menuju almbu kedua yang bertajuk I/O yang sekaligus menjadi track penutup di album tersebut.

Selepas menuai kesuksesan dalam peluncuran single “Eksistensi” di pertengahan tahun 2021 silam, yaitu single yang menghadirkan konsep baru lebih segar dan lantang dibandingkan saat masa di album “Anomali”, maka pada tahun 2022 kelompok musik yang berasal dari kota Malang -Jawa Timur ini  kembali dengan menyuguhkan “Mortal” sebagai lanjutannya.

Single Mortal ini berbicara tentang kekhawatiran akan kematian, bukan karena matinya secara jasmani melainkan dilupakan setelah sosok tersebut tiada. Bahwa kekhawatiran seorang ‘sosok’ yang akan dilupakan waktu pasca dia sudah meninggal, akhirnya alasan itulah yang membuat ‘sosok’ tersebut meninggalkan banyak kenangan dalam bentuk karya agar tetap bisa dikenang. Hal itu sebagaimana salah satu penggalan lirik yang mereka cipta dan lantunkan, “Sejujurnya aku tak takut mati, Melainkan dilupakan, termakan zaman…”

Tema besar yang diusung dari single Mortal ini prosesnya berangkat dari Satrio sang gitaris. Bahwa menurutnya manusia akan meninggal sebanyak 2 kali. Pertama adalah ketika sosok tersebut meninggal secara fisik, dan yang kedua ketika tidak ada lagi orang yang mengenal, mengenang, bahkan sekedar mengingat sosok tersebut.

Dari pemikiran Satrio itulah kemudian Jul yang sekaligus menjadi produser –dan juga sama-sama berposisi di gitar– ini mengemasnya ke dalam bentuk lirik. Dari segi musikalitas, single ini banyak terpengaruh oleh Bon Jovi pada track You Give Love a Bad Name, Rock You Like a Hurricane milik Scorpion, hingga Deep Purple dengan Smoke on The Water-nya.

Sementara itu di single ini pula Jul mulai merubah teknik song writting-nya, jika pada album Anomali lalu terkesan ‘ndhakik-dhakik’ dan sok dewasa, maka pada Mortal kali ini mereka menjadi lebih jujur dan mencoba lebih sederhana dan lugas dalam penulisannya.

TIRANT Luncusrkan Single Mortal

Dalam single Mortal ini, TIRANT memilih Nokturn.WAV studio record di Kota Malang untuk proses penggarapannya. Mulai dari sesi recording hingga mixing dan mastering yang di nahkodai langsung oleh Kakung Cinde sang empunya studio itu sendiri. Selain itu juga dibantu oleh Shinta Maharani sebagai pengisi backing vocal suara perempuan.

Single ‘Mortal’ karya Tirant ini agendanya dirilis pada 15 Juli 2022 dan bisa di dengar di seluruh digital streaming paltform, salah satunya adalah di Kanal YouTube. [rpw]

4.7/5 - (4 votes)

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Rika Purwaka


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Leave a Reply

Your email address will not be published.