Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Presscon Prambanan Jazz Virtual Festival 2021

Setelah Sempat Tertunda, Prambanan Jazz Virtual Festival 2021 “Live in Prambanan” Diselenggarakan pada 19 – 20 November 2021


Diunggah oleh Haiki Murakabi pada tanggal 18 November 2021   (242 Readers)

Prambanan Jazz Festival merupakan helatan musik rutin-tahunan berskala internasional yang digelar di Candi Prambanan Yogyakarta, dan pertama kali digelar pada tanggal 16 Oktober 2015. Ia memadukan festival musik jazz berskala internasional dan warisan budaya agung dunia berujud Candi Prambanan.

Prambanan Jazz Virtual Festival 2021 “Live in Prambanan” menjadi tajuk yang diusung pada helatan kali ini. Serupa dengan satu tahun sebelumnya, kata ‘virtual’ masih dipagut tak lain adalah demi merespon kondisi pandemi yang masih saja belum sepenuhnya sirna dari hadapan kita. Karena itu, Prambanan Jazz Festival edisi ketujuh kali ini juga masih dipresentasikan secara daring yang disiarkan secara live on tape langsung dari Candi Prambanan dengan protokol kesehatan.

Setelah sempat tertunda dari jadwal awal, Prambanan Jazz Virtual Festival tahun 2021 akhirnya bakal ditayangkan secara exclusive premier dengan agenda pada tanggal 19 – 20 November 2021 melalui channel iKonser Channel 459 SD|949 HD di UseeTV kali inipun menampilkan deretan musisi ternama tanah air, di antaranya adalah Pamungkas, Ardhito Pramono, Nadin Amizah, Nita Aartsen & Eurasian Bigband feat Tompi, Letto, Swingayogya, Yura Yunita, Manjakani, dan Tulus.

Terkait dengan helatan konser musik di area Candi Prambanan tersebut, pada hari Kamis tanggal 18 November 2021 dilaksanakan juga temu media secara daring melalui fasilitas zoom meeting. Dalam kesempatan tersebut Anas Syahrul Alimi selaku CEO Prambanan Jazz Festival mengungkapkan bahwa penyelenggaraan Prambanan Jazz Festival 19 sampai 20 November 2021 menjadi unik karena pihaknya benar-benar bakal persis menyesuaikan rundown dengan jam penayangan, sehingga perhelatan ini seperti benar-benar live.

Membawa semangat “Bersemi Dalam Kolaborasi”, tahun ini adalah Prambanan Jazz Festival berkolaborasi dengan beragam lintas seni. Mulai dari seni musik, seni tari, hingga seni rupa. Tahun ini Prambanan Jazz Virtual Festival juga menampilkan sang maestro tari Indonesia, Didik Nini Thowok. Artwork Prambanan Jazz Virtual Festival 2021 dikerjakan oleh Wulang Sunu, ilustrator muda asal Yogyakarta.

“Ini merupakan tahun kedua kami melakukan virtual di era pandemi ini. Prambanan Jazz tetap diselenggarakan bagaimanapun kondisinya, beradaptasi, melakukan kolaborasi dan saling support,” Anas Syahrul Alimi menambahkan.

Anas Alimi on Presscon Prambanan Jazz Virtual Festival 2021

Dalam rangkaiannya, Prambanan Jazz juga menyelenggarakan program spesial bertajuk “Borneo Goes to Prambanan Jazz Virtual Festival 2021”. Program kompetisi musik yang digagas oleh IndiHome, I-Konser Channel UseeTV dan Prambanan Jazz Festival. Program ini akhirnya dimenangkan oleh Bellacoustic, dan Floo, yang sama-sama berasal dari Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Bellacoustic dan Floo berkesempatan untuk datang langsung ke Yogyakarta dan tampil satu panggung dengan line up yang lain.

“Borneo Goes to Prambanan Jazz Virtual Festival 2021” dimaksudkan untuk mencari musisi-musisi terbaik untuk tampil bersama deretan musisi-musisi tanah air di Prambanan Jazz Virtual Festival tahun 2021. Kegiatan ini diharapkan akan menjadi ajang kesempatan bagi musisi yang berdomisili di Kalimantan untuk menunjukkan karya mereka kepada khalayak luas pecinta musik tanah air. Dimulai dari Kalimantan, selanjutnya Prambanan Jazz Festival akan mencari musisi-musisi potensial dari berbagai daerah di Indonesia.

Sekali lagi, dengan semangat “Bersemi Dalam Kolaborasi”, tersemat harapan untuk segala lini panggung hiburan untuk bisa bersama-sama saling bahu-membahu, agar panggung hiburan di Indonesia dapat bersemi kembali. Tak hanya itu, di edisinya yang ke tujuh ini Prambanan Jazz Festival juga ingin menyampaikan semangat optimis kepada seluruh penikmat konser/festival musik, dan pelaku panggung hiburan khususnya, agar tidak hanya berpangku tangan dan pantang menyerah walaupun dalam kondisi yang terbatas dan bahkan mustahil.

Nita Aartsen on Prambanan Jazz Virtual Festival 2021

Premiere Prambanan Jazz Virtual Festival 2021 bisa disaksikan pada tanggal 19-20 November 2021 mulai pukul 16:00 WIB, yaitu melalui iKonser Channel 459 SD|949 HD di UseeTV, atau melalui aplikasi UseeTV GO, dan iKonser Apps. [hmk]

4.8/5 - (6 votes)

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Haiki Murakabi


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *