Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Situs Peristiwa & Citra: Pameran Arsip Publikasi dan Dokumentasi PSBK

Situs Peristiwa & Citra: Pameran Arsip Publikasi dan Dokumentasi PSBK


Diunggah oleh Jaring Acara pada tanggal 12 September 2019   (466 Readers)

Situs Peristiwa & Citra merupakan platform pameran Ruang Seni Rupa edisi ke tiga tahun 2019 yang digelar oleh Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), yaitu dengan menampilkan arsip dokumentasi dan publikasi kegiatan-kegiatan PSBK dari masa ke masa.

Pameran “Situs Peristiwa & Citra” yang dikuratori oleh Prasetya Yudha D.S. dan Kurnia Yaumil Fajar ini digelar dalam kurun waktu bulan September hingga Oktober 2019, tepatnya dibuka pada hari Sabtu tanggal 14 September 2019, dan akan berlangsung hingga tanggal 26 Oktober 2019, bertempat di PSBK dengan alamat di Ds. Kembaran Rt. 04-05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Sebagaimana dengan gelaran seni yang dilakukan pada waktu-waktu sebelumnya, dalam pameran kali ini, PSBK selaku tuan rumah juga menggandeng Bakti Budaya Djarum Foundation, sebagai langkah untuk meneruskan investasi panjang dalam dukungan fasilitasi ruang presentasi karya seniman muda melalui program Ruang Seni Rupa.

Bertempat di kompleks art center PSBK, beragam arsip dokumentasi dan publikasi dari PSBK dari masa ke masa yang dihadirkan pada Ruang Seni Rupa edisi ke tiga ini, proses kuratorial dan produksinya telah berlangsung selama satu bulan, yaitu dari bulan Agustus 2019 silam

Baca juga:  'Jangan Gontok-Gontokan' Menjadi Lagu Terbaru Shaggydog Menyambut Pelantikan Presiden RI

Sebagai kurator, Prasetya Yudha D.S dan Kurnia Yaumil Fajar ini sejatinya adalah dua sosok yang menjadi partisipant residensi sebagai kurator. Dua orang tersebut memperoleh kesempatan untuk membaca arsip-arsip dokumentasi dan publikasi dari PSBK untuk selanjutnya bisa meletakkan konteks, menata susuna, dan lalu menampilkannya.

Hadirnya Prasetya Yudha D.S dan Kurnia Yaumil Fajar sebagai kurator dalam pameran “Situs Peristiwa & Citra” ini sekaligus menjadi upaya dari PSBK guna membuka ruang belajar bagi kurator muda, dalam mengasah daya kuratorial. Harapannya, ruang ini tidak hanya sebatas menjadi ruang belajar bagi seniman-seniman muda dalam berkarya dan berpameran, ;ebih dari itu adalah juga guna membuka potensi ruang belajar lebih luas, yang dalam hal ini adalah ruang belajar untuk kurator muda.

Pameran “Situs Peristiwa & Citra” menjadi upaya untuk menengok dan meraba sari dari pergerakan-pergerakan kecil PSBK dalam menjalani sirkuitnya sebagai sebuah ruang pendidikan kreatif berbasis seni yang terbuka dan cair bagi publik. Melalui ragam situs peristiwa dan citra tersebut, diharapkan dari pameran ini dapat menjadi teropong kecil dalam menatap dan mendiskusikan pembelajaran seni di waktu mendatang.

Baca juga:  Inilah 15 dari 30 Nama Kelompok Seni dan Seniman Indonesia di Biennale Jogja XV EQUATOR #5 2019 [Part 2]

Situs Peristiwa & Citra: Pameran Arsip Publikasi dan Dokumentasi PSBKHal itu selaras dengan PSBK yang sedari berdirinya telah memiliki hasrat sebagai ruang pendidikan kreatif berbasis seni dengan slaah satu tujuannya guna menelurkan insan seni yang dinamis, peka, dan kritis terhadap lingkungan. Hasrat ini menjadi awal pegangan dalam menyelami arsip PSBK selama empat puluh tahun lebih.

Pameran arsip publikasi dan dokumentasi PSBK dari masa ke masa daam “Situs Peristiwa & Citra” ini menempati posisi sebagai situs dari peristiwa yang sudah pernah terjadi di dalam ruang PSBK. Pada saat bersamaan, arsip tersebut juga menjadi situs atas citra yang selama ini mengejawantahkan diri melalui publikasi yang tersiar. Keduanya memiliki daya untuk memberikan kerangka, informasi, dan panduan untuk merumuskan hal yang akan dihadapi di masa depan.

Dokumentasi, khususnya foto dan video memunculkan gagasan mengenai PSBK sebagai sebuah ruang yang cair. Ruang di mana segala peristiwa di dalamnya hidup dengan gerak, gerakan, dan pergerakan. Baik dalam menjalankan pendidikan kreatif di dalam maupun upaya berkontribusi pada hal yang terjadi di luar. Situs citra berupa poster, katalog, potongan artikel, dan buku program menjadi jejak representasi PSBK dari masa ke masa. Bagaimana gerak ruang dan peristiwa terartikulasikan melalui bahasa visual seperti corak, tata letak, pemilihan warna, tipografi yang secara tidak langsung mewakili zamannya sendiri.

Selain pameran, rangkaian agenda Ruang Seni Rupa “Situs Peristiwa & Citra” juga meliputi Creative Talk dan peluncuran aplikasi digital Augmented Reality (AR) yang akan digelar pada tanggal 3 Oktober 2019 bertepatan dengan HUT PSBK yang ke-41.

Creative Talks akan menggali tentang peran Desain Komunikasi Visual di bidang seni dan kebudayaan dengan mengundang narasumber, yaitu Butet Kartaredjasa, Ong Harry Wahyu, Farid Stevy Asta, dan Rizal Pamungkas.

Baca juga:  Inilah Jadwal Rangkaian Acara Tingalan Jumenengan Dalem Sri Sultan HB X Tahun 2020 yang Bertema 'Busana dan Peradaban di Keraton Yogyakarta'

Creative Talk ini terbuka untuk masyarakat seni maupun umum yang tertarik dengan topik pembicaraan yang akan disampaikan. Sementara mengenai peluncuran aplikasi digital Augmented Reality (AR) akan menandai keberlanjutan inovasi PSBK dalam menyediakan akses seni pada masyarakat luas melalui media komunikasi baru. []

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Jaring Acara


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *