Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Festival Bebas Batas

Open Call Seniman Disabilitas untuk Festival Bebas Batas Tahun 2019

Diunggah oleh Utroq Trieha, pada tanggal 3 Agustus 2019

Seiring dengan agenda Festival Bebas Batas yang menyelenggarakan pameran seni rupa dari Seniman Disabilitas Indonesia, maka dibuka kesempatan bagi kawan-kawan penyandang disabilitas untuk turut berpartisipasi dalam helatan FBB tahun 2019 tersebut.

Pameran Seni Rupa dalam FBB (Festival Bebas Batas) untuk Disabilitas Tahun 2019 sendiri, agendanya akan digelar selama 3 hari, yang dibuka pada tanggal 26 dan akan diakhiri pada tanggal 28 Oktober 2019, dengan mengusung tema “Meneroka Batas“.

Sebagai penyelenggara pameran dari kawan-kawan disabilitas tersebut adalah dari Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan memilih tempat di Pendapa Balaikota Kota Surakarta yang beralamat di Jl. Jendral Sudirman No. 2, Kota Surakarta, Jawa, Tengah 57133.

Dengan dukungan Pemerintah Kota Surakarta dan juga FSRD ISI Surakarta, dapat dipaparkan perihal pengantar kuratorialnya adalah, bahwa wacana disabilitas memang sudah seharusnya tidak lagi sebatas berbicara mengenai ketidakmampuan, kekurangan, dan keterbatasan para penyandangnya. Lebih dari itu, kita juga mesti mendudukkan wacana ini pada perspektif yang lebih positif dan progresif, yaitu dengan melihat bagaimana daya hidup dan siasat para penyandang disabilitas dalam melampaui keterbatasan yang dimiliki.

Pada ranah ekspresi seni, keterbatasan kawan-kawan disabilitas sejatinya justru melampaui batas-batas bernama konvensi dalam seni itu sendiri. Ekspresi mereka juga menjadi sebuah amunisi untuk menunjukkan bahwa mereka ada di tengah masyarakat yang masih melihat disabilitas sebagai bentuk ‘liyan’.

Mengambil tajuk Meneroka Batas, pameran karya para penyandang disabilitas ini menunjukkan bagaimana keterbatasan bukan hal yang mesti dihadapi dengan rasa iba dan memelas. Karya-karya mereka justru melampaui aspek formalistik yang mampu merengkuh imaji serta rasa, dan tidak terkurung dengan ketakutan atas tanggapan dan kritik dari para penonton. Pameran ini menghadirkan karya dan wacana untuk mengintervensi kesadaran publik dan untuk meruntuhkan batas yang dibuat antara yang dianggap normal dan tidak, antara non-disable dan disable.

Karya yang dipamerkan dalam Festival Bebas Batas adalah karya yang mengutamakan kejujuran dan orisinalitas dalam ekpresi tanpa pretensi artistik yang merujuk pada aliran atau definisi seni tertentu. Oleh karenanya, proses kurasi –dengan tim kuratornya adalah Hendra Himawan serta Hendromasto ini menawarkan alternatif ruang agar para seniman penyandang disabilitas tidak hanya diwakili dalam proses pewacanaan oleh kuratornya saja. Sudah saatnya mereka ikut berbicara, speak of atas karya mereka, tentu agar publik juga tahu emosi apa yang sebenarnya dialami, dihayati, dan dimaksud dalam karya mereka.

Baca juga:  A Series of Mini Exhibition at Helutrans Artspace Yogyakarta

Dalam melamar sebagai partisipan ataupun mengajukan karya seninya di helatan pesta seni rupa kawan-kawan disabilitas tersebut, maka di bawah ini adalah beberapa point syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi.

A. Kepesertaan Festival Bebas Batas

Mengenai kepesertaan Festival Bebas Batas untuk Disabilitas tahun 2019 ini adalah sebagai berikut;

  1. Peserta seleksi berkewarganegaraan Indonesia, berasal dari seluruh wilayah Indonesia
  2. Setiap calon peserta secara mandiri dan/atau dibantu oleh pendamping, atau lembaga sekolah/institusi/yayasan/komunitas) yang mewakili WAJIB MENGISI FORMULIR PENDAFTARAN DAN KESEDIAAN CALON PESERTA, serta menyerahkan kelengkapan berkas lainnya (image karya, deskripsi karya, CV, foto diri, dan keterangan diagnosis disabel/difabel dari institusi yang berwenang/sekolah/orang tua/pendamping).
  3. Calon Peserta harus melampirkan soft data image, formulir pendaftaran, dan kesediaan calon peserta, kelengkapan berkas lainnya (image karya, deskripsi karya, CV, foto diri, dan keterangan diagnosis disabel/difabel dari institusi yang berwenang/sekolah/orang tua/pendamping) dalam format JPEG dengan resolusi minimal 1 Mb – maksimal 5 Mb. Pengiriman berkas PALING LAMBAT tanggal 25 September 2019, melalui email festivalbebasbatas2019@gmail.com
  4. Calon peserta terdiri dari para perupa perorangan dari berbagai wilayah di Indonesia, berdasarkan proses seleksi.
  5. Panitia menanggung biaya transportasi dan akomodasi bagi peserta yang lolos seleksi beserta satu orang pendamping yang ingin menghadiri pembukaan pameran.
  6. Setiap peserta WAJIB dibantu pendamping atau lembaga yang menyertakan:
    a. Lembar Kesediaan Peserta (format terlampir)
    b. CV/Biodata (format terlampir)
    c. Foto Karya (format jpg)
    d. Foto diri (format jpg)
  7. Image karya yang akan diseleksi berformat jpg, rename dengan format nama_judul karya_media_ukuran_tahun, sebagai contoh jaka-balloeng_Children_akrilik pada kanvas_180x180cm_2019
  8. Bagi Peserta yang lolos seleksi namun belum melengkapi data guna keperluan penyusunan KATALOG sampai batas waktu yang telah ditentukan (25 September 2019), maka panitia akan menggunakan data seadanya.
Baca juga:  Hibah Seni PSBK Tahun 2018

B. Kriteria Karya dalam Pameran Seni Rupa Festival Bebas Batas

  1. Pengerjaan dan penyiapan karya adalah tanggung jawab pendamping, tim pendamping atau lembaga yang merepresentasi peserta.
  2. Karya yang diajukan untuk dipamerkan merupakan karya baru/lama yang dibuat dalam rentang waktu dari tahun 2017 hingga 2019, serta milik masing-masing peserta.
  3. Karya yang dipamerkan merupakan hasil tanggapan atau memiliki relevansi terhadap tema pengantar kuratorial.
  4. Karya berupa:
    a. Karya seni rupa 2 Dimensional (Gambar/Sketsa, Lukisan, Seni Cetak, Seni Kriya, Fotografi, Multimedia/Media Baru)
    b. Karya 3 dimensional berupa karya patung, atau objek.
  5. Media dan teknik pembuatan karya tidak mengikat/BEBAS
  6. Ukuran karya:
    ~Karya 2 dimensional, Tinggi x Panjang. (minimimal 100 x 80 cm – maksimal 180 x 180 cm). Dengan diperbolehkan pilihan secara vertikal ataupun horizontal
    ~Karya 3 dimensional, Tinggi x Panjang (maksimal 100 x 100 cm)

C. Pengemasan dan Pengiriman Karya

  1. Masing-masing peserta dengan dibantu oleh pendamping, tim pendamping atau lembaga yang merepresentasi WAJIB menyiapkan kemasan bungkus atau kotak (packing) karya yang memadai, sehingga tidak akan mengakibatkan kerusakan
    karya saat proses pengiriman dan pengembalian karya.
  2. Peserta dibantu oleh pendamping, tim pendamping atau lembaga yang merepresentasi wajib mengirimkan karyanya dalam kondisi siap pajang/display baik karya yang menggunakan pigura maupun yang tidak menggunakan pigura. Untuk karya 3 dimensional, panitia menyiapkan pustek/pedestal.
  3. Karya paling lambat diterima oleh panitia pada tanggal 7 Oktober 2019 di Sekretariat Pameran Festival Bebas Batas 2019.
  4. Biaya pengiriman karya sepenuhnya menjadi tanggung jawab masing-masing peserta dibantu oleh pendamping, tim pendamping atau lembaga yang merepresentasi.
  5. Biaya pengiriman pengembalian/pemulangan karya ke masing-masing peserta pameran menjadi tanggung jawab panitia penyelenggara pameran (Direktorat Kesenian).
  6. Panitia pameran akan mengirimkan karya ke alamat sesuai dengan keterangan yang ada dalam surat lembar kesediaan pameran.

Alamat pengiriman karya:
Sekretariat Pameran FBB 2019 – MENEROKA BATAS
Jurusan Seni Murni, Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISI Surakarta
(Kampus 2), Jl. Ringroad Mojosongo, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127

D. Display Karya Pameran Seni Rupa Festival Bebas Batas

  1. Display karya sepenuhnya adalah hak dan tanggung jawab kurator pameran.
  2. Pemasangan atau display karya yang bersifat khusus akan didiskusikan oleh kurator dengan pihak perupa/peserta yang bersangkutan dengan dibantu oleh pendamping, tim pendamping atau lembaga yang merepresentasi.
  3. Pengadaan alat yang digunakan untuk presentasi karya adalah tanggung jawab masing-masing peserta yang menggunakannya dengan dibantu oleh pendamping, tim pendamping atau lembaga yang merepresentasi.
Baca juga:  Inilah Jadwal Acara JIHF -Jogja International Heritage Festival Keris Tahun 2019

E. Tim Seleksi

Karya-karya dari para peserta akan diseleksi melalui proses kuratorial, yaitu terkait dengan kesesuaian tema dan juga komposisi ruang pamer. Selanjutnya untuk penetapan calon peserta pameran dilakukan melalui sidang seleksi yang akan mengkaji gambaran masing-masing karya yang dipresentasikan melalui image atau foto karya.

Tiga orang yang berlaku sebagai tim seleksi adalah sebagai berikut;

  1. Hendra Himawan (Kurator)
  2. Hendromasto Prasetyo (Kurator)
  3. Susiyanti (Direktorat Kesenian)

F. Katalog & Piagam

  1. Direktorat Kesenian akan mencetak katalog pameran.
  2. Katalog Pameran akan didistribusikan kepada para pengunjung pameran, pemerhati seni, pengamat seni rupa dan dunia pendidikan.
  3. Masing-masing peserta pameran akan mendapatkan 1 (satu) katalog.
  4. Masing-masing peserta pameran akan mendapatkan piagam keikutsertaan pameran.

G. Rangkaian Acara

  1. Pameran Utama di Pendapa Balaikota Kota Surakarta;
  2. Pameran Pendamping MERUPA INGATAN di Ruang Alternatif dan Ruang Publik di Surakarta;
  3. Diskusi
  4. Panggung Bebas Batas (pentas seni);

G. Narahubung:

  1. Rizky Cipta Agung (0811 2553 332)
  2. Meiliza Muzdalifah (0812 2241 0014)

Untuk formulir dan keterangan perihal juknis, sila unduh pada tautan “Petunjuk Teknis Undangan Terbuka –Festival Bebas Batas untuk Disabilitas 2019” (mohon klik tautan). []

Pameran Seni Rupa Karya Seniman Disabilitas dalam Festival Bebas Batas 2019
 25 Juli s.d. 25 September 2019  Pendaftaran Kesertaan Peserta Pameran (pengumpulan CV, image/photo karya, dan kelengkapan lainnya)
 30 September 2019  Pengumuman Hasil Seleksi
 1 s.d 7 Oktober2019  Penerimaan Karya di Sekretariat FBB 2019 (Surakarta)
 24 – 25 Oktober 2019  Display Karya
 26 Oktober 2019  Pembukaan Pameran
 26 s.d. 28 Oktober 2019  Waktu berlangsungnya Pameran
 27 Oktober 2019  Diskusi
 29 Oktober – 30 November 2019  Pembongkaran Display Karya
 1 s.d. 3 November 2019  Pengembalian Karya pada Peserta

Simak pawarta lain terkait , atau adicara menarik lain yang diunggah oleh Utroq Trieha


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *