Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Kethoprak Tobong Kelana Bhakti Budaya

Sayembara Kethoprak Tobong Kelana Bhakti Budaya “Sumilaking Pedhut” Menjadi Salah Satu Highlight Program FKY Mulanira 2020


Diunggah oleh Haiki Murakabi pada tanggal 23 September 2020   (602 Readers)

Meski menghadapi tantangan keadaan yang cukup membingungkan akibat ketidakmenentuan sebagai imbas dari mewabahnya virus COVID-19, sebagai helatan rutin tahunan, Festival Kebudayaan Yogyakarta tahun 2020 seolah tetap menjadi ‘keharusan’ (dalam tanda kutip) untuk tetap diselenggarakan, apapun dan bagaimanapun situasinya, termasuk ketika kita sedang dalam kondisi Adaptasi Kebiasaan Baru kali ini.

Ragam suguhan seperti Sayembara Kethoprak Tobong Kelana Bhakti Budaya, pagelaran musik oleh Sinten Remen, suguhan musik elekton dari Hasoe Angle, pameran seni rupa, dan masih banyak lagi, adalah program-program dari helatan Festival Kebudayaan Yogyakarta yang kali ini diselenggarakan di tengah-tengah tantangan yang tak seperti waktu-waktu sebelumnya.

Baca juga:  Pasar Anak Sayang Teman Sebagai Wadah Mendidik Anak Berkompetisi Secara Sehat

Meski di tengah keterbatasan akibat aturan ketat demi memutus mata-rantai penyebaran virus corona, persembahan berkesenian dan berkebudayaan ini tak harus lantas menyerah. Ia tetap bisa dilaksanakan, meskipun itu dilakukan dengan ragam keterbatasan dan juga bermacam siasat. Di antaranya adalah perihal waktu dilaksanakannya helatan, di mana pada FKY tahun 2020 kali ini mengalami sedikit kemudnuran waktu pelaksanaannya, yaitu ketika FKY biasanya digelar pada sekitar Juni ataupun Juli, maka di tahun 2020 kali ini ia dihelat pada akhir bulan September.

Baca juga:  Pengoperasian Kereta Api Jarak-Jauh dan Kapal Penumpang serta Penerbangan Komersial YIA Dihentikan Menyusul Pengetatan Akses Pintu Masuk Perbatasan DIY

FKY MUlanira -Akar Hening di Tengah BisingRagam agenda persembahan juga disesuaikan dalam hal penjadwalannya. Salah satunya ialah tentang highlight program FKY berujud Sayembara Kethoprak Tobong Kelana Bhakti Budaya, bahwa Program Sayembara Ketoprak Tobong Kelana Bhakti Budaya dengan judul Sumilaking Pedhut ini bisa dinikmati 3 kali sehari, yaitu melalui siaran radio dari Radio Retjo Buntung 99.4FM pada 21-26 September 2020. Dari stasiun radio tersebut, para pendengar dapat memperebutkan hadiah menarik dalam program ini.

Di lain sisi, FKY juga akan menyiarkan DocuSeries seputar Kethoprak Tobong dengan cerita-cerita di balik pembuatan dan proses adaptif mereka dalam alih media dari pertunjukan ketoprak ke sandiwara radio.

Baca juga:  “Elusive” Menjadi Single Terbaru yang Dirilis 'Band Wry', Indie Pop-Rock asal Yogyakarta

Sumilaking Pedhut berkisah tentang Ki Lumana yang berniat untuk mengakhiri hidupnya. Namun di waktu yang bersamaan, Ki Sandi Jiwa datang mencegah Ki Lumana dengan secercah harapan dan membawanya kembali ke Kadipaten Purwokondo.

Setibanya Ki Lumana, Kadipaten Purwokondo telah porak-poranda oleh kawanan berandal. Banyak rumah dibakar, penjarahan terjadi dimana-mana. Dan putri Adipati Bawana Aji, Retno Inten, juga ditawan. [hmk]

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Haiki Murakabi


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *