Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
aksi-solidaritas-laura-sirep-pageblug-melantunkan-pupuh-maskumambang

Sayembara dan Aksi Solidaritas LAURA Sirep Pageblug COVID19 dalam Melantunkan Pupuh Maskumambang


Diunggah oleh Haiki Murakabi pada tanggal 24 April 2020   (2.548 Readers)

LAURA Sirep Pageblug adalah daya gotong-royong dalam menghadapi dan sekaligus mengelola krisis pandemi COVID19 secara kultural, yang kali ini mengajak kepada siapa saja untuk memulai rengeng-rengeng ataupun melantunkan uliran-nalar dan budi secara musikal dan visual. Tujuan dari ajakan tersebut salah satunya adalah guna membuka jalan keluar dari krisis pandemi dengan penuh percaya diri.

Kata ‘LAURA’ pada ‘Laura Sirep Pageblug’ sendiri seperti yang tertulis dalam beberapa poster yang diunggah pada akun sosial media berujud Instagram serta Facebook, merupakan akronim dari Laboratorium Antropologi Untuk Riset & Aksi Fakultas Ilmu Budaya – Universitas Gadjah Mada.

Dalam poster yang diunggah di sosial-media ‘Laura Sirep Pageblug’ tersebut, terdapat ajakan kepada khalayak luas untuk memulai rengeng-rengeng alias melantunkan kreasi pupuh Maskumambang dalam rasa dan budi bahasa masing-masing, agar menjadi suara (‘ngeeng’) bersama. ‘Ngeeng’ itulah yang kemudian diharap bisa ‘menyirep pageblug’ krisis pandemi berkepanjangan ini. Ialah ‘Ngeeng’ yang membangkitkan kembali kehidupan. Dengan ‘Ngeeng’ kita juga bisa mendoa agar Indonesia bahagia.

Baca juga:  The 3rd Faculty of Public Health Universitas Indonesia Science Festival

aksi-solidaritas-laura-sirep-pageblug

Pupuh Maskumambang bisa dilantunkan di tempat tinggal masing-masing, sehingga ia bisa disampaikan dengan ragam bahasa serta kreasi yang juga sesuai budayanya masing-masing. Dengan budaya itulah ada laku kita bersama sebagai penyembuh ataupun ‘sirep pageblug’ yang datang dan menghampiri kita saat ini. Begitulah paradigmanya, dan kepasrahan adalah kekuatan untuk menjadi hidup baru. Ungsum rengeng-rengeng bablas pagebluge.

Pupuh Maskumambang yang digunakan oleh LAURA sebagai ragam tembang guna dilantunkan secara bersama-sama ini, bagi masyarakat jawa adalah salah satu ragam ‘macapat’ dalam tembang jawa. Pun bagi saudara kita di tanah Pasundan, Maskumambang juga merupakan salah satu dari belasan pupuh yang ada dan acap dilantunkan.

Dalam melantunkan pupuh maskumambang secara bersama dan atau bersahut-sahutan sebagai literasi spiritualitas bumi (pranata mangsa) sehingga dapat menyehatkan kembali jiwa baru bangsa ini, selain mengajak secara sukarela, LAURA juga melombakannya dalam bentuk sayembara berhadiah.

Sayembara Berhadiah ‘Seribu Rengeng-Rengeng Maskumambang’

Penyelenggaraan sayembara berhadiah dalam melantunkan  Pupuh Maskumambang ini diberi tajuk “Sayembara Berhadiah ‘Seribu Rengeng-Rengeng Maskumambang Sebagai Daya Kultural Untuk Penyembuhan Krisis Pandemi COVID-19

Secara terbuka, khalayak dapat turut-serta dan berpartisipasi dalam sayembara ini, dengan beberapa ketentuannya adalah sebagaimana tersebut di bawah ini.

  1. Cipta kreasi syair 4 baris Maskumambang dalam bahasa masing-masing, baik bahasa jawa (ngoko), bahasa Indonesia, bahasa sunda, bahasa bali, bahasa sasak, bahasa betawi, bahasa madura, dan lain sebagainya
  2. Lantunkan atau tembangkan kreasi syair karya Anda menggunakan patokan nada pupuh Maskumambang,
  3. Sila rekam, bisa dengan format video ataupun format suara
  4. Unggah ke media sosial, bisa di Instagram ataupun di Facebook
  5. Sertakan keterangan: nama, alamat tempat tinggal, umur, profesi, nomor kontak, dan tagar #laurasireppageblug #mitigasikultural #krisispandemicovid19
  6. Tag juga media sosial penyelenggara, baik Instagram di @laurasireppageblug, ataupun facebook di alamat serupa
  7. Batas akhir unggahan cipta kreasi adalah pada tanggal 20 Mei 2020

sayembara-laura-sirep-pageblug-melantunkan-pupuh-maskumambang

Guna amendapatkan keterangan dan informasi lebih lanjut mengenai aktivitas dari LAURA Sirep Pageblug ini dapat langsung menghubungi satu dari beberapa narahubung berikut;

  • Ignatius Kendal: 08787 7166 192
  • Olga Aurora: 0812 2661 1690
  • Tri Subagya 0811 2691 965
  • Prof. Dr. PM Laksono: 0811 266 567
Baca juga:  Sapa Aruh ‘Cobaning Gusti Allah Awujud Virus Corona’ oleh Ngarsa Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X

Di samping ikhwal mencipta kreasi dan juga pelantunan pun pengunggahan Pupuh Maskumambang sebagaimana terpaparkan di atas, LAURA Sirep Pageblug juga membuka-diri menerima kedermawanan Anda yang berkenan untuk memberikan donasinya, yaitu melalui rekening BCA (Bank Central Asia) dengan nomor 03743 44401 atas nama Natasha Devanand Dhanwa. [hmk]

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Haiki Murakabi


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

2 tanggapan untuk “Sayembara dan Aksi Solidaritas LAURA Sirep Pageblug COVID19 dalam Melantunkan Pupuh Maskumambang”

  1. Drs. C. Iswantoro berkata:

    Mengucapkan selamat bertugas menjalankan misi kemanusiaan dalam “Nyirep Pageblug” Covid-19.

  2. Apakah tembang Maskumambang yg pernah dikirim dan terseleksi akan diterbitkan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *