Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Rangkaian Kegiatan JOGLITFEST

Inilah Rangkaian Kegiatan JOGLITFEST dan Seminar Internasional Festival Sastra Yogyakarta 2019


Diunggah oleh Rika Purwaka pada tanggal 26 September 2019   (137 Readers)

Rangkaian kegiatan JOGLITFEST tahun 2019 yang di dalamnya juga meliputi acara seminar internasional Festival Sastra Yogyakarta telah siaga untuk digelar dan dilangsungkan dengan lokasinya berpusat di seputar area Benteng Vandenberg dan Monumen Serangan Umum 1 Maret, yang letaknya masih berada di kawasan Titik 0 Kilometer Yogyakarta.

Rangkaian kegiatan JOGLITFEST pada Festival Sastra Yogyakarta merupakan rangkaian gelaran dalam lini kebudayaan di Daerah Istimewa Yogyakarta yang digawangi atas kerjasama dari berbagai pihak. Pasalnya, kecuali berada di bawah Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, ia juga berada di bawah langsung Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Namun selain dua institusi plat merah tersebut, di dalamnya ada pula para sastrawan pun penggerak sastra, para akademisi, pihak perguruan tinggi, beberapa komunitas, dan juga pihak penerbit.

Kegiatan inti dari JOGLITFEST atau Festival Sastra Yogyakarta tahun 2019 yang mengusung tema “GREGAH SASTRA” dan berlangsung dari tanggal 27 dan akan berakhir tanggal 30 September 2019 ini selain bertujuan guna mendekatkan dunia sastra dengan publik, adalah juga untuk menjalin keterhubungan antarmasyarakat sastra di dalam dan di luar Yogyakarta.

Meski kegiatan inti pada rangkaian kegiatan JOGLITFEST ini berlangsung di akhir bulan September, namun sejatinya helatan dalam JOGLITFEST sendiri telah berlangsung dari tanggal 20 Agustus 2019, yang di antaranya adalah ‘Workshop Sastra’ sebagai bentuk kerjasama dengan komunitas-komunitas sastra di Yogyakarta. Kecuali workshop sastra itu, rangkaian kegiatan yang juga telah dilaksanakan antara lain adalah Seminar Series & International Literary Workshop, Temu Penerbit Indonesia, Sastra Bergerak: Pustaka dan Mendongeng Keliling (di masing-masing kabupaten di DIY), Ruang Temu: Pentas Sastra Lintas Komunitas -di masing-masing kabupaten wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, termasuk di dalamnya adalah pelaksanaan Soft Opening pada tanggal 2 September 2019 yang bertempat di Dinas Kebudayaan DIY.

Baca juga:  Tulus dan Guyon Waton dalam Penutupan Mocosik Festival 2019 Bersama Keluarga Pram, Okky Madasari, dan Kalis Mardiasih

Inilah Acara Rangkaian Kegiatan JOGLITFEST dan Seminar Internasional Festival Sastra Yogyakarta 2019Sementara itu, mengenai acara inti dari JOGLITFEST ini salah satunya adalah Seminar Sastra Internasional JOGLITFEST 2019, dengan mengambil tempat di Hotel Melia Purosani Yogyakarta pada hari Sabtu tanggal 28 September 2019. Pada acara Seminar Sastra Internasional  tersebut, turut dihadirkan sebagai pembicara adalah beberapa tokoh ternama di Indonesia ini. Mereka antara lain adalah Prof. Dr. Muhajjir Efendy, MAP. yang juga merupakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Dr. Tirto Suwondo sebagai Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah, Eka Kurniawan selaku novelis, dan Prof. Suminto A. Sayuti yang sekarang juga masih aktif sebagai Guru Besar Sastra di Universitas Negeri Yogyakarta.

Seminar Sastra Internasional JOGLITFEST 2019 ini merupakan bagian dari kegiatan Pengkajian Sastra, yaitu satu angkaian acara ilmiah guna mengkaji pun membahas karya sastra dan isu-isu kesusastraan terkini. Bentuknya antara lain adalah dalam bentuk simposium, seminar, diskusi, ceramah literasi dan lokakarya. Sedangkan para pengkajinya adalah para pakar dan praktisi sastra itu sendiri.

Rangkaian Kegiatan JOGLITFEST yang di dalamnya terdapat Seminar Sastra Internasional JOGLITFEST 2019 ini akan dihadirkan juga para pakar sastra dari Indonesia dan mancanegara guna mengkaji secara akademik ikhwal isu-isu kontemporer terkait dengan sastra global-lokal dengan mengusung tema utama “Yogyakarta dalam Konstelasi Sastra Global- Lokal”.

Baca juga:  Ceramah Literasi JOGLITFEST 2019 Membincang Peristiwa Seni Makna Sastra di Dunia Nyata dan Dunia Maya

Setelah tema utama “Yogyakarta dalam Konstelasi Sastra Global- Lokal”, ada pula subtema dalam Seminar Sastra Internasional JOGLITFEST 2019 tersebut, yang antara lain adalah; Isu-Isu Glokalitas dalam Sastra, Diaspora Yogyakarta, Kontribusi Sastra Yogyakarta, dan yang keempat adalah Yogyakarta sebagai Sumber Inspirasi Karya Sastra.

Perihal Grand Opening sebagai bagian dari rangkaian kegiatan JOGLITFEST 2019 ini antara lain adalah Gala dinner dan juga Penyambutan Tamu, yang kesemuanya itu bakal dihelat pada tanggal 27 September 2019. Tempatnya sendiri berada di Panggung Mahatmanto -area Monumen Serangan Oemoem 1 Maret, yang berada di salah satu sudut Titik 0 Kilometer Yogyakarta.

Beberapa nama yang akan hadir dan turut meramaikan dalam Grand Opening tersebut antara lain adalah M. Aan Mansyur, Jogja Hiphop Foundation, Silampukau, Gabriella Fernandez, Yogyakarta Simphoni Orkestra, Gubernur DIY, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dan Joko Pinurbo. Dan selain kegiatan tersebut, pada tanggal 27 juga ada rangkaian kegiatan lain di tempat dan waktu yang berbeda.

Rangkaian Kegiatan JOGLITFEST & Festival Sastra Yogyakarta 2019

ACARA INTI FESTIVAL SASTRA YOGYAKARTA TAHUN 2019
27 September 2019 ~PAMERAN MANUSKRIP
~DISKUSI MANUSKRIP NUSANTARA
~PASAR SASTRA DAN PAMERAN BUKU
~DISKUSI BUKU “NELAYAN ITU BERHENTI MELAUT”
~TALKSHOW “MISTISME DAN ROMANTISME DALAM KARYA SASTRA”
~PERTUNJUKAN SASTRA
~TADARUS NASKAH KUNO GAMASUTRA WORKSHOP TATA KELOLA MANAJEMEN KOMUNITAS
~WORKSHOP PENULISAN CERPEN
~PANTOMIM: JEMEK SUPARDI & FLASHMOB PANTOMIM
~GRAND OPENING
~GALA DINNER
~PENYAMBUTAN TAMU
28 September 2019 ~PAMERAN MANUSKRIP
~PASAR SASTRA | PAMERAN BUKU | BURSA NASKAH
~DISKUSI BUKU “UNTUK PEREMPUAN YANG KEPADANYA REMBULAN MENGIBA”
~”TALKSHOW “GERAKAN LITERASI PENDIDIKAN SASTRA JAWA”
~CERAMAH LITERASI DAN SESI I
~CERAMAH PERTUNJUKAN WORKSHOP TATA KELOLA MANAJEMEN KOMUNITAS
~BINCANG SASTRA GENERASI MILENIAL, SASTRAWAN MEMBACA
~PEMANGGUNGAN & PEMBACAAN SASTRA SESI SORE, TADARUS NASKAH KUNO GAMASUTRA
~FLASHMOB PANTOMIME DAN FLASHMOB TARI
~PEMANGGUNGAN & PEMBACAAN SASTRA SESI MALAM
29 September 2019 ~”PASAR SASTRA | PAMERAN BUKU | BURSA NASKAH, DISKUSI BUKU SETAN”
~MEMBACA, CERAMAH LITERASI DAN SEMINAR JOGLITFEST SESI III
~WORKSHOP SASTRA JAWA
~WORKSHOP TATA KELOLA MANAJEMEN KOMUNITAS
~BIOSKOP SASTRA: FILM SCREENING “PULANG TANPA ALAMAT”, “RONG”, “PENTAS TERAKHIR”, “SEBELUM SERANGAN FAJAR”
~BIOSKOP SASTRA: FILM SCREENING “PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN”
~PEMANGGUNGAN & PEMBACAAN SASTRA SESI SORE
~FLASHMOB PANTOMIME
~PEMANGGUNGAN & PEMBACAAN SASTRA SESI MALAM
30 September 2019 ~PASAR SASTRA | PAMERAN BUKU | BURSA NASKAH, DISKUSI BUKU “AMOR FATI”
~ TALKSHOW SASTRA: PESISIR DAN SASTRA GUNUNG, SASTRAWAN MEMBACA, FLASHMOB PANTOMIME, WORKSHOP SASTRA JAWA (TINDAK LANJUT)
~BIOSKOP SASTRA: FILM SCREENING “SANG PENARI”
~BIOSKOP SASTRA: SASTRA DAN FILM BERJARAK ATAU BERPISAH?
~KUNJUNGAN BUDAYA (MUSYAWARAH BUDAYA & PANGGUNG SASTRA)
~PEMANGGUNGAN & PEMBACAAN SASTRA SESI SORE
~TADARUS NASKAH KUNO GAMASUTRA, CLOSING.
Baca juga:  Sayembara Novel DKJ 2019

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Rika Purwaka


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *