Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Gelaran Pekan Seni Grafis Yogyakarta PSGY 2021 di Sarang Building dan Kiniko Art Space Yogyakarta

PSGY Tahun 2021 Bertema Utama “Seni Grafis dengan Teknik Sablon Silk Screen” Sajikan Program Perlombaan, Workshop, Webinar, serta Pameran


Diunggah oleh Utroq Trieha pada tanggal 6 September 2021   (234 Readers)

PSGY yang merupakan singkatan dari Pekan Seni Grafis Yogyakarta adalah satu ajang seni rupa yang rutin diselenggarakan dua tahun sekali. Helatan yang digelar oleh komunitas Grafis Minggiran Yogyakarta sejak tahun 2017 ini juga terselenggara atas kerjasama dengan Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada penyelenggaraan PSGY tahun 2021 kali ini tema yang diangkat yaitu karya-karya Seni Grafis dengan teknik sablon/silk screen, dengan spesial presentasinya adalah 1 karya Andy Warhol dan 2 karya dari Liu Ye koleksi Jumaldi Alfi, serta 12 karya silk screen dari kelompok Decenta –Bandung. Kelompok Decenta Bandung yang terlibat dalam Pekan Seni Grafis 2021 tersebut antara lain adalah Sunaryo, AD Pirous, (alm) G. Sidharta, T. Sutanto, Priyanto Sunarto dan Diddo Kusdinar, koleksi Butet Kertaradjasa. Selain itu, tak ketinggalan pula 12 karya silk screen/sablon koleksi dari jurusan Seni Murni FSR ISI Yogyakarta.

Pekan Seni Grafis Yogyakarta PSGY Tahun 2021 di Sarang Building dan Kiniko Art Space Yogyakarta

Rangkaian Program Pekan Seni Grafis Yogyakarta Tahun 2021

Berformat peserta seniman undangan dan aplikasi, pameran PSGY 2021 kali ini diselenggarakan dengan mengambil tempat di Kiniko Art Space, Kalipakis, Yogyakarta. Untuk seniman undangan, pada PSGY 2021 ini ada sekitar 43 karya dari seniman, sementara untuk peserta/seniman yang lolos seleksi aplikasi terdapat sejumlah 17 karya. Dengan begitu total karya yang dipamerkan ada sebanyak 73 karya. Sementara itu, untuk acuan kuratorial pada pameran di Pekan Seni Grafis Yogyakata tahun 2021 kali ini adalah “SCHABLON -Dari Teknik Cetak pada Baju menjadi Ekspresi Seni Grafis”. Mengenai agenda pameran PSGY 2021 waktunya dibuka dari tanggal 20 hingga 27 September 2021.

Kecuali pameran, PSGY tahun 2021 kali ini juga menghadirkan beberapa program, di antaranya adalah lomba  Cukil Battle, lomba sablon untuk pelajar, Art Workshop, juga program Webinar.

Tentang lomba Cukil Battle agendanya telah diselenggarakan pada tanggal 1 hingga 4 September 2021 dengan lokasi di Kiniko Art Space, di mana jumlah partisipan awal di hari pertama ada sejumlah 27 peserta dan melakukan perlombaan dalam 3 sesi, untuk kemudian dipilih sebanyak 6 besar yang selanjutnya disaring lagi menjadi 8 besar. Di hari ke-2, sebanyak 8 besar dipertandingkan kembali guna menentukan 4 besar sekaligus pertandingan final untuk menentukan Juara 1,2,3 dan 4 yang diseleksi oleh 3 Juri.

Juri pada Cukil Battle di PSGY tahun 2021 kali ini masing-masing adalah Edi Sunaryo, Gunawan Bonaventura, dan Andre Tanama. Selanjutnya untuk agenda penentuan kandidat juara dari Cukil Battle ini akan diumumkan sekaligus diberikan hadiah pada saat penutupan Pameran PSGY 2021, yaitu pada tanggal 27 September 2021.

Selain Cukil Battle, panitia penyelenggara Pekan Seni Grafis Yogyakarta tahun 2021 kali ini juga menggelar lomba sablon untuk tingkat pelajar dengan 2 juri, masing-masing adalah Jumaldi Alfi serta Johanes Barakuda.

Program lain yang juga berjalan selama 6 hari adalah Art Workshop. Di bawah ini adalah beberapa agenda workshop yang kesemuanya digelar dengan lokasi berada di Sarang Building, dengan masing-masing workshop dibatasi hanya untuk 10 peserta yang telah mendaftar.

  1. Tanggal 6 September: Workshop Carbon Print oleh Theresia A. S
  2. Tanggal 7 September: Workshop Lino Cut Print oleh Lulus “Boli”
  3. Tanggal 8 September: Workshop Acrylic Dry Point oleh Rully PA
  4. Tanggal 9 September: Workshop Stencil Art oleh Digie Sigit
  5. Tanggal 10 September Workshop Ecoprint oleh Beta Pramudya (Manuwal)
  6. Tanggal 11 September Workshop Silk Screen oleh Izzuddin Nur Jawawi

Sebagai program pamungkas dari rangkaian acara PSGY tahun 202 ini adalah Webinar yang diselenggarakan pada tanggal 22 September 2021, yaitu melalui platform daring (zoom) dengan tajuk “SCHABLON – Antara Industri dan Karya Seni”. Pembicara yang dihadirkan dalam webinar tersebut ada 4, yaitu dari PT Aseli Dagadu Djokdja, Krack Studio serta 2 pembicara dengan latar belakang Seniman serta Dosen Seni Grafis. [uth]

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Utroq Trieha


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *