Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
PSGY 2019 -Pekan Seni Grafis Yogyakarta 2019

PSGY 2019 -Pekan Seni Grafis Yogyakarta 2019 Memberikan Pengetahuan Baru Bagi Masyarakat


Diunggah oleh Utroq Trieha pada tanggal 23 September 2019   (171 Readers)

Pertengahan masa dalam penyelenggaraan PSGY 2019 atau Pekan Seni Grafis Yogyakarta 2019 telah dilalui dan mendapatkan tanggapan yang cukup menarik dari masyarakat sebagaimana ditunjukkan dari antusiasmenya dalam mengunjungi setiap helatan dalam PSGY 2019 ini.

Antusiasme dan animo masyarakat pada pameran PSGY 2019 yang baru diselenggarakanan kali keduanya dan dihelat berkat kerjasama antara Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta dengan pihak Komunitas Grafis Minggiran ini dibuktikan dengan jumlah rata-rata dalam sehari ada sekitar 50 pengunjung di area pameran yang lokasinya berada di Museum Sonobudoyo Yogyakarta.

PSGY 2019 -Pekan Seni Grafis Yogyakarta 2019Minat masyarakat tersebut tentu saja tak bisa lepas dari perkembangan zaman yang diikuti pula dengan pesatnya kemajuan teknologi, sehingga sedikit banyak telah mengikis pengetahuan khalayak mengenai seni grafis. Banyak masyarakat yang awalnya tidak tahu bahwa seni grafis memiliki peran penting, tidak hanya dalam ranah kreativitas saja, tetapi juga perkembangan politik di masa lalu, pada akhirnya menjadi paham dan mengerti akan hal itu.

Baca juga:  Lomba ISEF -Islamic Science Technologi Fair 2019

Artinya, dengan terselenggaranya kembali Pekan Seni Grafis 2019 harapan dalam memberikan pengetahuan baru kepada masyarakat betapa banyaknya kesenian yang ada di Indonesia -yang salah satunya adalaah seni grafis- ini menjadi nyata adanya.

PSGY 2019Seturut dengan hal tersebut, kecuali diselenggarakan pameran, dalam rangkaian program PSGY 2019 juga diadakan berbagai  agenda workshop. Dan ragam kegiatan workshop pun lokakarya yang telah terlaksana antara lain adalah Mokuhanga dan Lino Cut.

Workshop Mokuhanga dan Lino Cut tersebut merupakan aktivitas bersifat edukatif yang menyajikan ragam pengetahuan dan teknis dalam kegiatan seni grafis. Dalam workshop ini, para peserta diajak untuk mempraktekkan secara langsung proses menciptakan karya dengan teknik mokuhanga dan lino cut. Dari workshop Mokuhanga dan Lino Cut tersebut,  terbukti antusias peserta semakin meningkat saat membawa pulang hasil karya buatan mereka sendiri.

Baca juga:  Video Mapping Sumonar Menggerakkan dan Menyentuh Banyak Orang

Tak sebatas pada Mokuhanga dan Line Cut, karena PSGY 2019 juga masih memiliki banyak wokshop menarik lain untuk diikuti dengan agenda berikut ini;

  • Kitchen Lito di tanggal 21 dan 25 September 2019
  • Pembuatan Kertas, Sablon, Relief Print Anak dan Relief Wax di tanggal 22 hingga 26 September 2019
  • Workshop Restorasi Kertas di tanggal 25-26 September 2019

Dalam wokshop Restorasi Kertas yang tentu saja berkaitan erat dengan agenda yang sarat kegiatan seni grafis tersebut, peserta akan diberikan edukasi mengenai menyimpan arsip-arsip penting dan cara merawatnya.

Baca juga:  Workshop Plasticology Digelar Made Bayak Bersama Siswa SLB-A YAKETUIS dalam Program Publik Biennale Jogja 2019

PSGY 2019 -Pekan Seni GrafisKecuali berbagai macam wokshop, juga terdapat program lain dalam PSGY 2019 yaitu berupa Lomba Karya Seni Grafis Remaja yang diperuntukkan bagi para pelajar SMA/SMK dengan jadwal pengumpulan karya mulai tanggal 13 hingga 25 September 2019.

Satu lagi kompetisi menarik dalam program PSGY 2019 adalah Cukil Battle. Lomba ini terbuka untuk umum dan dilaksanakan mulai dari tanggal 21 hingga hari penutupan, yaitu tanggal 27 September 2019. [uth]

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Utroq Trieha


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *