Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Program LeksiKon ARTJOG MMXIX

Program LeksiKon ARTJOG MMXIX Berlangsung 9 dan 10 Agustus 2019

Diunggah oleh Rika Purwaka, pada tanggal 8 Agustus 2019

Ada yang baru dalam helatan ARTJOG MMXIX tahun 2019 yaitu bernama Program LeksiKon. Ialah program yang dalam fungsinya merupakan sarana edukasi publik dan sekaligus merupakan proyek dengan tujuan menghadirkan wicara seniman sebagai sajian edukasi kreatif, performatif, eksperimental, dan yang paling penting; menginspirasi khalayak luas.

Inspirasi awal dari adanya Program LeksiKon di ARTJOG MMXIX tahun 2019 ini tak lain adalah praktik yang populer dengan sebutan ‘lecture performance’ alias performans ceramah, yaitu presentasi ataupun sajian performatif yang melampaui format-format presentasi akademik, baik itu berujud seminar, simposium, pun kuliah. Medium hibrid ini kemudian memanfaatkan narasi ataupun pengisahan cerita, reportase, media massa, internet, iklan, slogan, gambar digital, alat musik, bunyi, benda kinetik, dan lain sebagainya, yang itu semua dipersembahkan di atas panggung.

Selama ini, model ceramah dengan slide ataupun video edukasi sudah sering dimanfaatkan para seniman performans ceramah demi mengeksplorasi hubungan-hubungan tak terduga antara gambar dan juga teks, atau hubungan antara konsensus dan fakta, serta hubungan antara imajinasi dan kenyataan untuk menyampaikan ide-ide yang kontradiktif dan provokatif — bukan sekadar narasi yang linier, masuk akal, didaktik, argumentatif/persuasif dan runtun.

Baca juga:  Biennale Ekuator Tahun 2019 Tentang Asia Tenggara

Program LeksiKon ARTJOG MMXIXLeksiKon bakal dijadikan sebagai kegiatan reguler selama penyelenggaraan ARTJOG Arts in Common –sampai tahun 2021. Sementara untuk edisi pertamanya di tahun 2019 ini, ia didukung oleh Deputi Riset, Edukasi dan Pengembangan Badan ekonomi dan Kreatif (BEKRAF).

Bertempat di Studio Teater Garasi, telah dipilih sejumlah 8 seniman yang dilibatkan dalam lokakarya selama tiga hari, yaitu tanggal dari 27 hingga tanggal 29 Juli 2019. Sementara untuk pengampu adalah Agung Hujatnika yang juga berlaku sebagai kurator ARTJOG MMXIX, serta didampingi Gunawan Maryanto, dan Arsita Iswardhani yang merupakan konsultan tata dramatik.

Baca juga:  Program Teater FKY 30: Menafsir Mesemeleh

Di sisi lain, LeksiKon selanjutnya juga hendak menggarap wicara seniman sebagai medium artistik tersendiri. Dan meski format performans ceramah masih sangat dimungkinkan, LeksiKon masih sangat mengharapkan apa yang dapat digarap melalui lokakarya ini dapat melampaui format-format yang telah ada.

Sementara untuk seniman yang akan tampil pada hari pertama di Program LeksiKo ini adalah Riri Riza, Syaiful Garibaldi, Fika Ria Santika dan Etza Mesyara, sementara di hari kedua akan menampilkan Teguh Ostenrik, Lugas Syllabus, Uji Handoko dan Natasha Tontey.

Program LeksiKon pada helatan ARTJOG MMXIX ini agendanya akan dilaksanakan pada hari Jumat, 9 Agustus 2019 dan Sabtu tanggal 10 Agustus 2019, yaitu sekira pukul 18.30 WIB. Mengawali acara akan dihadirkan sambutan langsung dari Bapak Ir. Wawan Rusiawan MM selaku Direktur Riset & Pengembangan Ekonomi Kreatif. Sementara tempatnya satu venue dengan helatan ARTJOG, yaitu area Jogja Nasional Museum, Jl Ki Amri Yahya, No. 1, Gampingan, Wirobrajan, Yogyakarta. []

Baca juga:  Panggilan Terbuka 5 Seniman Yogyakarta di Biennalle Jogja Equator #5 2019
Program LeksiKon ARTJOG MMXIX | 9 dan 10 Agustus 2019
9 Agustus 2019
  • TubuhDangTubuhDut by Ayu Permata
  • LeksiKon : Riri Riza – Syaiful Garibaldi – Fika Ria Santika – Etza Mesyara
  • Apollo 10
  • Sentimental Moods
10 Agustus 2019 
  • Gumbicromat by Afdruk56 ft. KOPPI
  • LeksiKon : Teguh Ostenrik – Lugas Syllabus – Uji Handoko – Natasha Tontey
  • BOTTLESMOKER ft. Convert (light installation & visual) and Ecstatic Dance

Artikel pun Pawarta di atas diunggah dan dipublikasikan oleh 'Rika Purwaka'. Isi ada di luar tanggung jawab redaksi, karenanya untuk informasi, sanggahan, saran, dan lain-lain, mohon kontak langsung pengunggah (Rika Purwaka).

Ingin mengunggah serta mewartakan kegiatan dan acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA juga?
Sila Klik Registrasi dan atau Login. Simak juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *