Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Prambanan Jazz Festival 2021

Prambanan Jazz Festival Tahun 2021 Digelar Secara Virtual Disiarkan Langsung dari Area Candi Prambanan, 11-12 September 2021


Diunggah oleh Haiki Murakabi pada tanggal 3 September 2021   (246 Readers)

Prambanan Jazz Festival atau kemudian dikenal pula dengan akronim PJF merupakan helatan musik rutin yang digelar setiap tahun dan termasuk yang berskala internasional karena juga langsung digelar di pelataran Candi Prambanan Yogyakarta.

Prambanan Jazz Festival pertama kali digelar adalah pada tanggal 16 Oktober 2015, tentu saja diawali dengan konsep mempersembahkan perpaduan antara festival musik jazz internasional dan warisan agung dari Candi Prambanan. Karena itu, hingga penyelenggaraannya di tahun 2021 kali ini, Prambanan Jazz Virtual Festival juga tetap persembahan hal tak jauh berbeda, yaitu dengan tetap digelar dan dipersembahkan langsung dari pelataran Candi Prambanan.

Borneo Goes to Prambanan Jazz Virtual Festival

2020 menjadi tahun yang cukup menyulitkan bagi terselenggaranya Prambanan Jazz Festival ini, pasalnya sejak aawal tahun, hingga jelang akhir tahun, yaitu saat agenda Prambanan Jazz Festival diselenggarakan, pageblug corona masih saja belum mau sirna dari hadapan kita, begitu pula setelah ditunggu-tunggu, hingga agenda pelaksanaannya di 2021 kali ini, pandemi covid19 masih menghantui.

Sehubungan dengan aturan pembatasan yang ada guna memutus rantai penyebaran covid19, maka di tahun 2020 silam Prambanan Jazz Festival digelar dengan konsep virtual.

Serupa dengan satu tahun sebelumnya, akibat kondisi pandemi Covid-19 yang tak kunjung mereda dan diberlakukannya PPKM Darurat beberapa waktu belakangan ini, dengan berat hati Prambanan Jazz Festival tahun 2021 ini belum bisa digelar secara langsung (offline). Hingga selepas melalui proses yang begitu panjang terkait perizinan penyelenggaraannya, maka Prambanan Jazz Festival tahun 2021 kali ini akan diselenggarakan secara “virtual” selama dua hari berturut-turut, yaitu pada tanggal 11 dan 12 September 2021.

Selama dua hari tersebut, Prambanan Jazz Virtual Festival 2021 akan menghadirkan deretan musisi terbaik tanah air dengan menyajikan beberapa kolaborasi eksklusif, di mana beberapa waktu sebelumnya juga telah diselenggarakan serangkaian program acara yang diberi tajuk Borneo Goes to Prambanan Jazz Virtual Festival’. Ialah satu program kompetisi musik yang digagas oleh IndiHome, channel I-Konser UseeTV dan Prambanan Jazz Festival, dengan maksud dan tujuan guna mencari musisi-musisi terbaik yang berdomisili di Kalimantan untuk kemudian bisa ditampilkan di Prambanan Jazz Virtual Festival 2021 bersama musisi-musisi nasional pada tanggal 11-12 September 2021 tersebut.

Direncanakaan akan ada 3 musisi Kalimantan yang akan menjajal panggung megah Prambanan Jazz Virtual Festival 2021 dan juga tampil pada beberapa program tayangan channel I-Konser di UseeTV. Satu musisi akan dipilih langsung oleh promotor, sedangkan dua lainnya akan melalui beberapa tahapan seleksi dan kurasi oleh 3 Juri (Musisi Nasional, Promotor, Tokoh Musik Kalimantan). Karena situasi pandemi yang masih belum menentu, penjurian akan dilakukan virtual (terpisah) dengan peserta yang mengikuti seleksi.

Peserta ‘Borneo Goes To Prambanan Jazz Virtual Festival’ adalah musisi/band yang berdomisili di Kalimantan yang sesuai dengan karakter festival musik. Para peserta tersebut diharuskan memiliki minimal 3 karya orisinil berupa Video Musik/Video Live Session. Pemenang yang terpilih untuk tampil di Prambanan Jazz Virtual Festival diharapkan bisa menampilkan setidaknya 4 lagu orisinil. Sebelum tampil di Prambanan Jazz Festival Tahun 2021 Yogyakarta, para musisi terpilih juga akan diikutsertakan pada acara webinar berupa Bengkel Musik dan talkshow tentang industri musik. [hmk]

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Haiki Murakabi


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *