Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Jogja Volkswagen Festival

Poster Resmi Jogja Volkswagen Festival 2019 Dibuat Seniman Muda Surakarta; Ardhyan Gecho


Diunggah oleh Jaring Acara pada tanggal 26 Oktober 2019   (2.006 Readers)

Jogja Volkswagen Festival atau JVWF tahun 2019 yang mengusung tema ‘‘Soul of A Hero’’ siap digelar pada tanggal 9 dan 10 November 2019, dengan lokasi ada di Jogja Expo Center (JEC), Jalan Janti, Banguntapan, Yogyakarta.

Poster resmi Jogja Volkswagen Festival tahun 2019 menjadi hal penting yang tak bisa diabaikan lagi mengingat event rutin dua tahunan yang digelar oleh komunitas Volkswagen Club Yogyakarta a.k.a VCY ini juga bakal menyedot perhatian banyak orang. Pasalnya, Jogja Volkswagen Festival tahun 2019 ini bukan saja mengenai gelaran mobil pun automotif, namun lebih dari itu, ia merupakan persembahan sarana hiburan yang selain diperuntukkam bagi penggemar atau pecinta mobil-mobil VW, juga  ditujukan kepada semua kalangan.

Berkaitan dengan Jogja Volkswagen Festival yang juga merupakan persembahan sarana hiburan tersebut, maka bukan saja sebatas memamerkan mobil VW yang ada di venue, melainkan juga dengan menghadirkan panggung musik, pameran seni, lapak kuliner, aneka merchandise, dan arena bermain bagi anak-anak. Sementara perihal ‘berbagai kalangan’ yang dituju ini, juga bukan saja sebatas orang-orang di sekitar penyelenggaraan, namun juga mereka yang hadir dari luar kota Jogja, bahkan juga dari mancanegara. Apalagi mengingat bahwa helatan Jogja Volkswagen Festival ini sudah menjadi salah satu agenda event VW dunia.

Bahkan, Tjahyo Widjojono yang merupakan sosok penggagas dari helatan JVWF ini menyampaikan bahwa helatan Jogja Volkswagen Festival 2019 bakal memberikan ruang bagi mereka yang ada di beberapa komunitas musik, baik itu komunitas Rock, komunitas Jazz, komunitas Reggae, komunitas Blues, dan juga grup-grup musik lokal asal Jogja. Dan tak ketinggalan, untuk memeriahkan acara sekaligus memanjakan kaum cidro, sobat sambat serta sobat ambyar, maka di helatan JVWF kali ini juga bakal dihadirkan The Godfather of Broken Heart, ialah Lord of Didi Kempot.

Hal tersebut sebagaimana dituturkan oleh Tjahyo Widjojono pada gelar jumpa media di area Hotel Pulang ke Uttara, pada hari Jumat 18 Oktober 2019 silam. Beliau mengungkapkan bahwa kehadiran Didi Kempot di JVWF kali ini bukan karena latah kemudian ikut-ikutan trend yang ada saat ini. Namun lebih dari itu, ini sudah diagendakan jauh hari akibat menyimak beberapa lagu Didi Kempot yang dihadirkan mampu mewakili perasaan banyak kalangan. Apalagi ketika melihat perjalanan karir soso yang dipuja-puja ‘The Sad Boys dan Sad Girl Club’ tersebut benar-benar dirintis mulai dari nol.

Baca juga:  Inilah Jadwal Acara Festival Sastra Yogyakarta JOGLITFEST 2019 yang Telah Dibuka 2 September 2019

“Dengan dirintis karir mulai dari nol, itu menunjukkan kepahlawanan Didi Kempot yang selaras dengan tema JVWF 2019, yaitu Soul of A Hero”, tambah Tjahyo.

Dan di samping Didi Kempot, dipastikan hadir pula dalam memeriahkan acara JVWF adalah band Ska Tipe-X, Endank Soekamti, dan band lokal Jogja yang sedang moncer; Tashoora.

Poster Resmi Jogja Volkswagen Festival 2019

Pre-Event Jogja Volkswagen Festival 2019

Selain itu Tjahyo Widjojono juga memaparkan perihal digelarnya Road to Jogja Volkswagen Festivalyang telah berlangsung selama bulan Oktober 2019. Bahwa setiap hari Selasa dengan tempat di Asmara Coffee Shop, JVWF telah menggelar panggung musik sebagai kegiatan pre-event dari helatan JVWF, yang di persembahan akhir pre-JVWF tersebut diagendakan menampilkan Dr Feel Good yang merupakan group musik asal Yogyakarta dengan genre klasik rock.

Rangkaian lain pada pre-event JVWF ada pula Lomba Paper Craft yang disajikan bagi anak-anak, yaitu digelar pada tanggal 3 November 2019 dengan tempat berada di Plaza Ambarukmo. Rangkaian kegiatan ini memiliki tujuan guna memperkenalkan anak-anak kepada dunia otomotif, khususnya mengenai Volkswagen.

Bukan saja di tengah kota, karena pre-event JVWF ini juga digelar dengan lokasi di Lanud Gading Gunungkidul dengan waktu sama, yaitu hari Minggu 3 November 2019. Di sana bakal dilangsungkan ajang Indonesian Drag VW Series yang mengusung tajuk “201 On Jogja”, sekaligus sebagai seri terakhir dari 3 seri yang diselenggarakan pada tahun 2019.

“201 On Jogja” terpantik sebagai tajuk dari Indonesian Drag VW Series di Gunungkidul tersebut karena event balapan ini melintasi sepanjang 201 meter. Ia menjadi bagian dari kegiatan pre-JVWF, di mana pemenangnya berhak atas piala dari Ketua VIA alias ‘Volkswagen Indonesia Assosiation‘ Komjend (Purn.) Nanan Soekarna dan Kepala Staff Angkatan Udara RI – Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Baca juga:  Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 Menjadi Upaya Konsistensi Rajawali Indonesia dalam Mempersembahkan Karya dari Area Candi Prambanan

JVWF Digelar Hingga Jelang Tengah Malam

Melihat pengalaman yang sudah pada tahun-tahun sebelumnya, yaitu khalayak di Jogja yang lebih banyak datang pada sore hingga malam, maka terkait dengan helatan JVWF tahun 2019, acara tidak lagi ditutup pada pukul 17.00 WIB, melainkan untuk tahun ini bakal digelar ragam acara menarik hingga pukul 23.00 WIB.

Seiring dengan waktu yang akan berlangsung jelang tengah malam tersebut, maka berbagai macam kejutan juga telah disiapkan pihak penyelenggara. Di antaranya adalah dihadirkannya mobil dari beberapa negara yang antara lain adalah dari Belgia, Australia dan Jepang.

Untuk kedatangan mobil dari Jepang ini terhitung sangat spesial, pasalnya ia merupakan VW yang pertama diproduksi di negeri sakura tersebut.

Line Up Jogja Volkswagen Festival 2019

Poster Resmi Jogja Volkswagen Festival 2019 oleh Ardhyan Gecho a.k.a Ardhyan Wijaya

Yang tak boleh dilupakan dalam gelaran JVWF tahun 2019 yang digelar dengan lokasi indoor dan out-door ini adalah juga dihadirkannya poster resmi Jogja Volkswagen Festival 2019 yang  merupakan hasil karya seniman muda asal Surakarta; Ardhyan Gecho.

Sebagai seniman muda berbakat, Ardhyan Gecho yang memiliki nama asli Ardhyan Wijaya ini sengaja diberikan mandat guna membikin poster resmi Jogja Volkswagen Festival tahun 2019 ini bukan tanpa alasan. Tak lain adalah karena semangatnya dalam berkarya yang tak pernah padam meskipun ia sebelumnya mengalami penderitaan-stroke.

Hal tersebut juga dikatakan oleh Tjahyo Widjojono, yang menyebutkan bahwa akibat stroke yang membuat separuh tubuhnya lemah, maka kemudian Ardhyan Gecho memaksakan diri untuk tetap berkarya menggunakan separuh badannya, terutama tangan kiri sebagai sarana untuk menggambar.

“Semanga Ardhyan Gecho luar biasa, dan kami ingin mengambil inspirasi itu untuk dituangkan dalam JVWF. Dia menggambar landscape Yogyakarta dengan Tugu dan banyak mobil VW di jalanan, menarik sekali”, Tjahyo Widjojono memaparkan.

Baca juga:  Balkonjazz Festival Merupakan Helatan yang Memadu Harmoni dengan Kearifan Lokal

Dalam memilih talenta seni ini, tak berhenti di situ. Karena kecuali Ardhyan Gecho yang mendesain poster resmi Jogja Volkswagen Festival tahun 2019 ini, ada pula seniman muda asal Jogja bernama Ramadhan Arif Fatkhur yang digandeng guna membangun instalasi seni bermedia alumunium.

“JVWF memang ingin memberikan ruang bagi seniman-seniman muda untuk berkembang, kedepannya tidak menutup kemungkinan JVWF berkolaborasi dengan lebih banyak lagi”, Tjahjo melanjutkan pemaparannya.

VW Beetle 1303 as a Lucky Draw Jogja Volkswagen Festival 2019

Selain rangkaian acara, baik pre-JVWF pun acara utama yang juga hendak menyajikan karya seni, baik seni musik pun seni rupa, maka tak ketinggalan pada gelaran Jogja Volkswagen Festival tahun 2019 ini dipersembahkan juga Lucky Draw.

Ikhwal Lucky Draw pada gelaran Jogja Volkswagen Festival tahun 2019 ini, wujudnya adalah VW Beetle jenis 1303 yang dibuat pada tahun 1973. Ia telah selesai dibangun dan dimodifikasi kembali sehingga nampak kinclong dan yang pasti bakal membikin banyak orang mupeng dalam membawanya pulang.

Hal yang menakjubkan adalah, bahwa Lucky Draw berujud VW Beetle jenis 1303 tersebut sebelum menuju ke helatan utama JVWF, juga bakal diperkenalkan terlebih dahulu di depan khalayak. Yaitu pada momen Selasa Wage yang rutin digelar di Jalan Malioboro.

Selanjutnya guna mengunjungi helatan JVWF ini, dikenakan tiket yang bisa didapatkan dengan membelinya secara online jauh hari sebelumnya. Yaitu dengan menuju ke laman tiket[dot]com yang ada di tautan berikut; www.tiket.com/event.

Sebagaimana yang dipaparkan pada jumpa pers waktu sebelumnya, bahwa dari gelaran rutin dua-tahunan; Jogja Volkswagen Festival alias JVWF bertema “Soul Of A Hero” yang acara puncaknya berlokasi di area JEC pada tanggal 9 dan 10 November 2019 ini, harapannya ia menjadi salah satu agenda diplomasi pariwisata Jogja ke mata dunia. []

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Jaring Acara


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *