Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Pesta Boneka Internasional

Pesta Boneka Internasional ke-7 “A Sip of Joy” 5-11 Oktober 2020 Diselenggarakan Secara Virtual di www.pestaboneka.com


Diunggah oleh Jaring Acara pada tanggal 26 September 2020   (354 Readers)

Pesta Boneka yang merupakan helatan rutin dua tahun sekali pada akhirnya di tahun 2020 kali ini menapaki helatan ke-7. Itu bisa diartikan bahwa ia telah menginjak remaja. Karenanya, di usia yang hendak menapaki tahun ke-13 tersebut sudah sewajarnya jika ia memisahkan diri dari sang induk. Apalagi dengan latar-belakang virus corona yang melanda, langkah memisahkan diri dan disapih oleh induk bernama Papermoon Puppet Theatre sudah selayaknya dilakukan.

Pada akhirnya di tahun 2020 kali ini Pesta Boneka Internasional yang ke-7 siap digelar secara virtual pada tanggal 5 hingga 11 Oktober 2020, yaitu dengan mengusung judul “A Sip of Joy”, dan dengan dengan virus corona-nya yang membawa dampak semua serba dibatasi ini, Pesta Boneka Internasional ini mulai mandiri, setidaknya secara virtual, yaitu mendiami lokasi di www./pestaboneka.com

Dapat diketahui bahwa Pesta Boneka merupakan sebuah festival teater boneka berskala Internasional yang sejak tahun 2008 dihelat secara independen, yaitu oleh Papermoon Puppet Theatre. Festival yang diadakan setiap dua tahun sekali tersebut menjadi ruang berkumpulnya seniman teater boneka dan juga para pecinta teater boneka dari berbagai belahan dunia.

Baca juga:  Lakon Hedda Gabler Pertama Kali Dimainkan di FKY

Pesta Boneka Internasional 2020 'A Sip of Joy'

Pesta Boneka Internasional ini bisa dikatakan juga menjadi festival untuk banyak orang. Pasalnya, pada penyelenggaraannya yang terakhir, pada 2018 silam, tercatat ada 75 seniman dari 16 negara mementaskan 31 pementasan selama tiga hari. Sementara selama 12 tahun terakhir, penyelenggaraan festival Pesta Boneka selalu memilih lokasi yang beragam, dan hari terakhir biasanya menjadi waktu yang ditunggu oleh pengunjung, karena seluruh rangkaian kegiatan diadakan di Desa Kepek, Bantul. Penonton, penduduk desa, serta seniman berbagi dalam satu tempat yang hangat.

Namun di tahun 2020 kali ini, Pesta Boneka Internasional yang ke tujuh diadakan secara berbeda, keterbatasan akibat pandemilah yang menjadi faktor utamanya, sehingga Papermoon Puppet Theatre dan tim membawa festival kedalam ruang virtual.

Perihal waktu penyelenggaraan Pesta Boneka Internasional yang ke tujuh tahun 2020 kali ini, rangkaian acaranya dijadwalkan mulai tanggal 5 Oktober 2020 dan bakal berakhir pada 11 Oktober 2020. Sementara sebagai bentuk respon atas kondisi yang tengah dihadapi dunia saat ini, maka tema yang diusung pada Pesta Boneka di tahun 2020 kali ini adalah “A Sip of Joy”. Membawa seteguk kebahagiaan adalah harapan bersama, atas hadirnya Pesta Boneka Internasional.

Baca juga:  Inilah Para Kurator Biennale Jogja XV Equator #5

Meskipun para calon seniman sudah dipilih sejak akhir tahun 2019 melalui proses pendaftaran terbuka, namun bisa dikatakan bahwa membuat dan menyelenggarakan festival teater boneka berskala internasional di masa pandemi seperti saat sekarang ini bukanlah hal mudah bagi tim Papermoon Puppet Theatre. Pasalnya, ada banyak yang harus diubah dan karenanya butuh usaha lebuh guna menemukan solusinya, sementara susunan pengisi acara juga harus mengalami banyak penyesuaian. Programnya pun kemudian juga harus disesuaikan dengan panggung teater, yakni panggung virtual lintas negara.

Mengusung perjalanan virtual, tercatat setidaknya ada 30 kelompok ataupun individu seniman dari 18 negara turut menjadi bagian dari Pesta Boneka #7 dengan mementaskan karya mereka secara virtual, dilanjutkan wicara seniman melibatkan partisipasi penonton seusai pementasan.

Pesta Boneka 2020

Rangkaian Program

Dalam rangkaiannya, para seniman menampilkan pertunjukan, mengampu lokakarya, berbagi melalui beberapa diskusi, dan bedah buku, serta ada pula program mengunjungi studio seniman teater boneka di berbagai belahan dunia. Tidak ketinggalan pula salah satu program andalan Pesta Boneka; “When Puppeteer’s Cook”, di mana para seniman diminta memasak menu favorit mereka.

Baca juga:  Konser Amal dari Rumah Bertajuk 'Sobat Ambyar Peduli' oleh Didi Kempot Ajak Masyarakat Menahan Penyebaran Virus COVID19 dengan Menunda Pulang Kampung

Selain itu, sebelum helatan festival Pesta Boneka Internasional ini dilakukan, Papermoon Puppet Theater bersama dengan EPIC Team dari The Art ground Singapore juga mengadakan serangkaian workshop untuk pembuatan dua karya baru oleh EPIC Team di pertengahan September. Hasil dari lokakarya menjadi salah satu pertunjukan berjudul “Tacet”, dan diskusi panel mengenai “Puppetry for Babies” yang bisa dinikmati oleh penonton Pesta Boneka #7, melalui layar komputer, laptop atau smartphone.

Pesta Boneka ke-7; “A Sip of Joy” kali ini juga mendapat dukungan secara penuh dari Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta, Patjarmerah, Citranet, Kotasis, dan para donator penggalangan dana.

Mengenai informasi lebih lanjut festival pesta boneka internasional ini sila dapat mengunjungi sosial media di instagram PestaBoneka atau langsung mengunjungi laman-situs www.pestaboneka.com []

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Jaring Acara


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *