Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Pasar Keroncong Kotagede 2019

Pasar Keroncong Kotagede 2019 Digelar 19 Oktober 2019


Diunggah oleh Rika Purwaka pada tanggal 13 Oktober 2019   (811 Readers)

Seperti yang terpantik dalam namanya, Pasar Keroncong Kotagede adalah satu helatan yang mempersembahkan musik keroncong dengan gelarannya rutin setiap tahun, dan lokasinya berada di seputar area Pasar Kotagede Yogyakarta.

Pasar Keroncong Kotagede tahun 2019 ini tetap bisa dinikmati secara gratis bagi khalayak, yaitu pada hari Sabtu Pahing tanggal 19 Oktober 2019. Sajian dari helatan terkait musik kerontjong ini mengusung tema “Keroncong Tak Kunjung Padam”.

2019 menjadi tahun ke-5 Pasar Keroncong Kotagede ini digelar, yaitu yang diawali dari tahun 2015 silam, dengan sajian setiap tahunnya selalu beragam. Karenanya, tak sedikit pengunjung yang kemudian menonton dan menikmati suguhan musik keroncong di sini menjadi ketagihan untuk selalu datang dan hadir kembali. Bahkan suguhan alunan musik penenang hati yang acap diidentikan dengan kaum tua ini toh kenyataannya justru mampu mengundang minat bagi semua generasi, termasuk mereka yang masih muda dan remaja.

Baca juga:  Public Health Expo 12 BEM IM FKM Universitas Indonesia Tahun 2019

Dari geliat musik keroncong yang disajikan, tak pelak anak muda masa kinipun banyak yang mulai dan telah menekuni musik keroncong ini, yang kemudian dikemas sedemikian rupa, sehingga bisa diterima dan terasa nyaman di telinga kaum milenial.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, gelaran Pasar Keroncong ini tak jauh berbeda dengan helatan Ngayogjazz, alasannya bisa jadi karena beberapa orang yang menggawangi memang saling beririsan. Ialah disediakannya beberapa panggung pertunjukan di area seputar Pasar Kotagede, yang itu semua digunakan bukan saja untuk manggung para pelantun suara pun musik. Namun lebih dari itu, ia juga digunakan sebagai ajang interaksi bagi semua pelaku, pegiat, dan sekaligus penikmat musik keroncong.

Panggung-panggung di Pasar Keroncong Kotagede tahun 2019 antara lain adalah Panggung Sopingen, Panggung Kajengan, dan Panggung Kudusan.

Dengan diselenggarakannya ajang interaktif berujud Panggung Pasar Kerontjong Kotagede ini, harapan ke depannya adalah agar kelak musik keroncong ini tetap mampu menjadi pelopor dalam merawat serta melestarikan musik bergenre keconcong, khususnya di wilayah Yogyakarta, termasuk di dalamnya adalah di Kotagede sendiri.

Baca juga:  Pameran Seni Rupa Persinggahan Dwi Rahayuningsih

Pasar Keroncong Kotagede

Artis Penampil Panggung Pasar Keroncong Kotagede tahun 2019

Di bawah ini adalah beberapa penampil yang bakal menunjukkan kepiawaiannya dalam ber-keroncong-ria di Panggung Pasar Keroncong Kotagede tahun 2019:

  • Orkes Pasar Keroncong feat Brian Prasetyoadi
  • OK Madusari feat Subarjo HS
  • OK Zigma -yang dihadirkan dari kota Solo -Surakarta
  • Sri Rejeki yang digawangi Ibnu Gundhul (Sedhut-Senut) dan kawan-kawan
  • Keroncong Pemuda Kekinian yang didatangkan dari kota Salatiga
  • OK Svarama yang hadir mewakili Semarang
  • OK Serenade sebagai tetangga sebalah, yaitu dari Klaten
  • OK X-Bening
  • Keroncong Akar 8
  • OK Sakpenake
  • OK Lintang Kanistha
  • OK Irama Kasih
  • OK Adi Gita Gama
  • Komunitas Keroncong Nusantara
Baca juga:  Pameran Bersama Reciprocities Digelar Oleh Srisasanti Syndicate di Galeri II Tirtodipuran Link Yogyakarta

Gelaran musik Pasar Keroncong tahun 2019 yang bertajuk “Keroncong Tak Kunjung Padam” ini agendanya dimulai pada pukul 19:30 WIB, tepatnya hari Sabtu Pahing, 19 Oktober 2019, dengan lokasi berada di seputar area Pasar Kotagede, bagian tenggara dari Kota Yogyakarta. Terbuka untuk umum -semua kalangan, dan GRATIS! [rpw]

Pic-Source: doc. pasarkeroncong

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Rika Purwaka


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *