Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Pasar Anak Sayang Teman

Pasar Anak Sayang Teman Sebagai Wadah Mendidik Anak Berkompetisi Secara Sehat

Diunggah oleh Rika Purwaka, pada tanggal 7 September 2019

Pasar Anak “Sayang Teman” adalah pasarnya anak-anak sebagai kreasi dari pasar-pasar tiban pun pasar dadakan yang dibuat oleh orang dewasa.

Dalam Pasar Anak “Sayang Teman” ini, segalah hal baik betuk pun konsep jual-beli lebih diserahkan langsung kepada anak-anak, termasuk ikhwal mereka hendak berjualan produk apa, berapa harga jualnya, bagaimana cara menjualnya sekaligus mengenai kreasikan stand (booth) guna menggelar jualan mereka tersebut.

Dengan segala bentuk dan konsep yang diserahkan langsung kepada anak-anak tersebut, tentu sudah terbayang keunikan dan kelucuan yang akan mereka sajikan dalam Pasar Anak “Sayang Teman” ini.

Pasar Anak Sayang TemanAda yang harus diketahui, bahwa kecuali perihal unik serta lucu tersebut, sejatinya niatan lebih dari acara ini adalah demi menumbuhkan jiwa entrepreneurship bagi anak-anak, sekaligus memfasilitasi ide kreatif mereka, serta menciptakan aktivitas positif di hari libur bersama keluarga.

Pasar Anak “Sayang Teman” kali ini akan menggelar 15 booth, dengan rincian setiap satu booth berisi 2 hingga 3 anak yang berjualan karya mereka. Mengenai materi jualan ini ada banyak ragam, antara lain kuliner, asesoris, mainan, tas serut, pouch , dan masih banyak lagi. Dan yang pasti yang dijual adalah karya mereka sendiri –dengan beberapa mendapat bantuan juga dari  orang tua mereka.

Baca juga:  Open Call Desainer Muda Seluruh Indonesia di Program Fraktal City Tangerang Selatan 2019

Sebagai peserta dari Pasar Anak ini masing-masing adalah berasal dari SD Ungaran, SD Minggiran, Pra SD Rumah Citta, SD Tumbuh 3, SD Winongo Manulife dan juga anak-anak HomeSchooling.

Selain itu, diundang pula Komunitas Boardgame Yogyakarta guna turur memeriahkan acara ini, yang antara lain adalah memberikan materi game serup kepada anak-anak selama acara ini berlangsung. Game ini dibuat sendiri oleh Komunitas Boardgame Yogyakarta.

Mengapa Harus Ada “Pasar Anak Sayang Teman?”

Pasar Anak Sayang TemanAcara Pasar Anak “Sayang Teman” diselenggarakan dengan alasan ada keinginan untuk mengedepankan konsep sayang teman. Bahwa pasar dengan kegiatan jual-belinya juga harus berlandaskan atas sikap saling perhatian terhadap sesama teman. Artinya, penjual lain di seputar pasar itu adalah teman, pun dengan pembeli, mereka adalah juga teman. Dengan dasar sikap pertemanan ini, maka dalam tindak-laku ‘jual-beli’ yang secara tidak langsung terdapat sisi-sisi kompetitif, di sana terbangun juga kompetisi sehat.

Selain digelar pada  hari Minggu 8 September 2019, Pasar Anak “Sayang Teman” yang membawa pesan akan riuhnya kegiatan pasar dan dipenuhi kompetisi (sehat) ini agendanya hendak diselenggarakan secara rutin setiap bulan satu kali dengan lokasinya berpindah-pindah. Bisa menggelar jualan di sekolah, bisa di public space, bisa pula di lokasi lain yang ramah anak.

Sebagai penggagas dari acara yang pertama kali digelar dengan lokasi di Tirana Kitchen, Jl Suryodiningratan 55 Yogyakarta ini ada empat orang, yaitu Fivi Lestari, Modesta Lucia, Novi dan Nunuk Ambarwati dari Komunitas Sayang Teman.

Kesepakatan Pasar Anak “Sayang Teman” -September 2019

  1. Loading barang dimulai pukul 13.00 WIB di Tirana Kitchen Jl Suryodiningratan 55 Yogyakarta. Pasar dimulai pukul 15.00-18.00 WIB. Tenant menghias booth sendiri. Disediakan 1 meja ukuran 60 x 80 cm, taplak dan 2 kursi. Tidak disediakan colokan listrik. Tenant membawa alat tulis sendiri
  2. Booth akan diundi. Tenant datang mengambil nomor undian, meja sudah diberi nomor
  3. Anak-anak yang berlaku sebagai penjual anak-anak dapat didampingi orang dewasa (orang tua) apabila memang dibutuhkan. Tidak disarankan menggunakan alat bantu hitung (kalkulator dan sejenisnya) selama transaksi. Orang tua (dewasa) wajib menjaga keamanan anak masing-masing selama acara berlangsung
  4. Transaksi dilakukan dengan menggunakan uang pengganti yaitu Kreweng Pasar Anak dengan nominal tertentu. Kami tidak menyediakan Kreweng nominal Rp 500. Karena keterbatasan jumlah Kreweng, dimungkinkan akan terjadi penukaran (penarikan) Kreweng untuk ditukar uang supaya transaksi tetap bisa berlangsung
  5. Pembeli dan penjual diharapkan minim sampah, membawa tas belanja sendiri, mengurangi penggunaan plastik, dan membudayakan ramah lingkungan
  6. Parkir kendaraan akan dibantu oleh tukang parkir Tirana Kitchen. Disarankan menggunakan kendaraan roda dua atau kendaraan umum karena lahan parkir terbatas
  7. Sayang Teman
Baca juga:  5 Perupa Muda Terpilih dalam Biennale Jogja XV - 2019
Pasar Anak Sayang Teman
Waktu Minggu 8 September 2019 | 15.00 s.d. 18.00 WIB
Tempat Tirana Kitchen, Jl Suryodiningratan 55 Yogyakarta
Jualan Tote bag, tas serut, pouch, asesoris, preloved mainan, nasi bakar biru, pop corn, boba ice, kaos, karya/gambar, sticker dari gambar anak, dan lain-lain
Workshop Menggambar Horison bersama Clarisha
-(Peserta workshop terbatas untuk 10 anak, orang dewasa tidak boleh ikutan
-Ganti biaya kertas Rp5.000,-
Performance ~Aini & Noman – menyanyi
~Arwen – sulap
~Koboy – Komunitas Board Game Yogyakarta
Baca juga:  Kolaborasi Lintas Generasi Riani Sovana dan Atiek CB pada Single "Aku Tak Setia"

 

Simak pawarta lain terkait , atau adicara menarik lain yang diunggah oleh Rika Purwaka


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *