Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Panggilan Terbuka Program Seniman Pasca-terampil 2020 di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja Yogyakarta

Panggilan Terbuka Program Seniman Pasca-terampil 2020 Padepokan Seni Bagong Kussudiardja Yogyakarta


Diunggah oleh Utroq Trieha pada tanggal 10 Desember 2019   (526 Readers)

Berlangsung sejak tahun 2014 silam, PSBK telah melakukan pengembangan kapasitas seniman muda sebagai perintis seni di masa depan dengan melahirkan Program Seniman Pasca-terampil atau biasa disingkat dengan akronim SPt yang segala aktivitasnya dilangsungkan di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), dengan alamat di Kembaran, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Dan di penghujung tahun ini PSBK kembali melakukan panggilan terbuka Program Seniman Pasca-terampil untuk program tahun 2020, di mana Program SPt ini dirancang sebagai sarana guna dijadikan ruang belajar dan praktik. Artinya, pada Program Seniman Pasca-terampil ini terdapat ruang-ruang untuk mempertemukan dan sekaligus mengembangkan berbagai keterampilan strategi hidup -yang itu juga menyangkut disiplin, kreativitas, jejaring, sensibilitas- atas kondisi sosial dan budaya sebagai sumber inspirasi, pengelolaan dasar, dan juga proyeksi keberlanjutan karir. Penemuan dan pengembangan ragam keterampilan strategi hidup itu dilakukan melalui berbagai pelatihan dan aktivitas mencipta, kemudian mempresentasikan karya seni yang telah dipelajari dengan tempat di PSBK.

Dengan begitu dapat dikatakan pula, bahwa dari Program Seniman Pasca-terampil ini ada langkah konsisten guna memperkuat pengembangan profesional seniman muda di Indonesia.

Baca juga:  Open Call Desainer Muda Seluruh Indonesia di Program Fraktal City Tangerang Selatan 2019

Di samping hal yang telah disebutkan di atas, hal lain yang tak boleh diabaikan adalah tumbuh berkembangnya spirit dari Bagong Kussudiardja, yang terdiri atas kemandirian, kolaborasi lintas disiplin, dan menciptakan praktik seni yang benar-benar hidup, serta terkait dengan masyarakatnya untuk bersama-sama saling menginspirasi nilai keindahan hidup manusia yang berdaya. Ia hadir sebagai pegangan dalam melaksanakan Program SPt dengan agenda berlangsung selama 38 minggu.

Selama waktu tersebut, ketahanan dan kreativitas seniman-seniman yang mengikuti program ini akan diuji untuk mendapatkan kesempatan mengakses dan terlibat aktif dalam berbagai ruang belajar dan berkarya, yang saling mendukung antara sudut satu dengan sisi yang lainnya.

Panggilan Terbuka Program Seniman Pasca-terampil 2020 di PSBK Jogja

Waktu Pendaftaran

Untuk masa pendaftaran dari Program Seniman Pasca-terampil ini telah dibuka sejak akhir bulan November 2019, dan akan berakhir hingga akhir tahun, tepatnya di tanggal  31 Desember 2019 (Update: Diperpanjang hingga 10 Januari 2020).

Kriteria & Syarat Pendaftaran

Di bawah ini adalah beberapa kriteria sebagai sayart dan ketentuan guna mendaftar dan selanjutnya mengikuti Program SPt di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Kembaran, Tortonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Usia 23-32 tahun
  3. Sehat jasmani dan rohani, dibuktikan dengan surat keterangan sehat
  4. Bebas narkoba, dibuktikan dengan surat keterangan bebas narkoba
  5. Menggeluti salah satu atau lebih disiplin seni
  6. Memiliki latar belakang seni sebagai pelaku dan atau pencipta minimal tiga tahun
  7. Memiliki komitmen untuk membuka diri pada tantangan, pengetahuan, dan ruang jelajah baru dalam proses belajar dan berkarya di PSBK
  8. Sanggup menjadi rekan kolaborasi yang siap untuk bekerja sama dan menciptakan suasana yang bersahabat serta profesional
  9. Sanggup mengikuti dan memenuhi seluruh kewajiban Program Seniman Pasca-terampil (38 Minggu dalam Februari–Desember 2020)
  10. Bagi peserta dari luar Yogyakarta, bersedia tinggal di Yogyakarta dengan akomodasi yang ditanggung sendiri
Baca juga:  Open Submission Pameran Seni HIATUS 2019 di UGM

Fasilitas Peserta Program Seniman Pasca Terampil

Ada ragam fasilitas yang disediakan bagi Anda para peserta Program SPt, di antaranya adalah sebagai berikut;

  • Ruang belajar
  • Narasumber profesional (penggiat seni dan seniman)
  • Jejaring
  • Pendampingan proses belajar dan proses penciptaan kolaboratif
  • Studio penciptaan
  • Ruang presentasi
  • Uang saku bulanan
  • Konsumsi
  • Sertifikat
  • Dokumentasi dan publikasi

Formulir & Akses Pendaftaran

Apabila syarat dan ketentuan telah terpenuhi, dan Anda pun tertarik dengan ketersediaan fasilitas sekaligus ruang belajar yang ada. Sila lakukan pendaftaran dengan mengisi formulir yang disediakan.

Baca juga:  Inilah Syarat dan Ketentuan Pendaftaran Duta Museum Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2020

Di bawah ini adalah dua laman yang bisa diunduh yang masing-masing berisi;

  1. Panduan Pendaftaran Seniman Pascaterampil PSBK 2020 (Sila Klik Tautan!)
  2. Formulir Pendaftaran Seniman Pascaterampil PSBK 2020 (Sila Klik Tautan!)

Layanan Informasi PSBK

Lebih lanjut mengenai informasi dan lain hal yang dibutuhkan, bisa pula menghubungi ataupun datang langsung ke Padepokan Seni Bagong Kussudiardjam tepatnya di Gedung Drug PSBK yang beralamat di Kembaran, RT/RW 04/05, Tamantirto, Kasihan, Bantul, D.I. Yogyakarta. Untuk waktu pelayanan adalah hari Senin  hingga Sabtu, dari pukul 9.00 sampai dengan 17.00 WIB, kecuali hari libur nasional dan cuti bersama.

Contact Person;
~Telepon/Fax: (0274) 414-404
~No HP : +62-821-4141-6252 (kantor)
~+62-821-3559-4500 (Isti)
~Email: info@psbk.or.id

Refferensi & Rujukan

Sebagai refferensi perihal Program SPt di PSBK ini, bisa pula menyimaknya pada Youtube yang berisi Video Profil Seniman Pascaterampil tahun 2018 dengan tautan BERIKUT INI (Sila Klik Tautan!). [uth]

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Utroq Trieha


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *