Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Pameran Tunggal Hardiana Bertajuk "Ning Rasa" Digelar di Miracle Prints Yogyakarta

Pameran Tunggal Hardiana Bertajuk “Ning Rasa” Digelar di Miracle Prints Yogyakarta


Diunggah oleh Rika Purwaka pada tanggal 7 Januari 2020   (1.171 Readers)

Seperti tiada kenal kata ‘berhenti’ pameran seni digelar di kota Gudeg Yogyakarta, baik itu berujud pameran seni patung, seni lukis, pameran kerajinan, dan masih banyak lagi. Hal itu sebagaimana terbukti dalam mengisi kegiatan di awal tahun 2020 ini, dihelat pula satu pameran tunggal oleh Hardiana dengan mengusung tajuk ‘Ning Rasa’.

‘Ning Rasa’ merupakan pameran tunggal seni rupa yang digelar dengan mengambil tempat di Miracle Prints Jogjakarta, dengan alamat ada di Suryodiningratan MJ. II/853, Mantrijeron, Yogyakarta, 55141. Pameran tunggal oleh Hardiana tersebut diselenggarakan mulai  tanggal 10 Januari 2020 dan akan berlangsung hingga tanggal 25 Januari 2020.

Baca juga:  Pameran Sekaten Tahun 2019 Hadirkan Kyai Tandhulawak dan Beberapa Manuskrip-Naskah Kuno

Mengenai acara pembukaan pameran tunggal ‘Ning Rasa’ di Miracle Prints tersebut dilaksanakan pada hari pertama, yaitu hari Jumat sekira pukul 16:00 WIB, dan dibuka oleh Erica Hestu Wahyuni. Ialah sosok seniman Indonesia yang terlahir di Yogyakarta pada tahun 1971 dan kerap memvisualisasikan gambaran pengalaman pribadinya dalam bentuk karya lukisan dengan tampilan naif dan lucu.

Sementara Hardiana yang kali ini berpameran adalah sosok seniman yang akrab pula dipanggil Diana, merupakan lulusan Institut Seni Indonesia -Yogyakarta tahun 1999. Diana mulai gemar melakukan corat-coret dalam bentuk lukisan pada saat ia juga menyenangi membaca-baca komik dan melihat gambar-gambar fashion di bangku SMP. Saat itu, walnya ia sangat ingin merancang gaun-gaun fashion dalam gambar-gambarnya.

Baca juga:  Open Submission Seniman dalam Pameran Pekan Seni Grafis Yogyakarta 2019

Pameran Tunggal Hardiana Bertajuk "Ning Rasa" Digelar di Miracle Prints Yogyakarta‘Ning Rasa’ sendiri merupakan bahasa jawa yang bisa disepadankan maknanya dengan “Dalam Perasaan” ataupaun ‘Pada Pamaknaan Rasa”. Karenanya, seperti makna kata tersebut, ikhwal pameran tunggal ‘Ning Rasa’ yang diusung Diana ini merupakan konsep personal dalam berkarya, dimana banyak kegiatan sehari-hari sang seniman yang membutuhkan ketajaman akal pikiran, seperti berhitung dan menganalisa dalam berdagang, serta membutuhkan kepekaan rasa dan kehalusan budi untuk kehidupan sosial.

Kepekaan-kepekaan semacam itulah yang kemudian mengasah ketajaman intuisi sebagai perangsang jiwa dan perasaan Diana dalam menangkap moment keindahan di sekitar, hingga selanjutnya terimajinasikan sekaligus teraplikasikan ke dalam bentuk visual.

Baca juga:  Performing Art Merespons Patung-Patung JSSP #3 Digelar di Kawasan Titik 0 Kilometer Yogyakarta

Pada akhirnya apa yang terimajinasi sekaligus teraplikasi pada diri Hardiana sebagai ‘Ning Rasa’ alias ‘Dalam Rasa’ tersebut memiliki makna dan kepuasan, baik bagi dirinya sendiri, maupun kepuasan dan kebahagiaan yang menular tanpa pembanding serta anpa pamrih bagi pihak lain. [rpw]

Pameran Tunggal Hardiana Bertajuk “Ning Rasa”
Artist Hardiana
Waktu 10 – 25 Januari 2020
Tempat Miracle Prints Artspace
Suryodiningratan MJ. II/853
Mantrijeron Yogyakarta

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Rika Purwaka


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *