Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Ruang Seni Rupa "Sihir Kata" di PSBK Yogyakarta

Pameran Ruang Seni Rupa “Sihir Kata” di PSBK Yogyakarta


Diunggah oleh Jaring Acara pada tanggal 6 Juli 2019   (94 Readers)

Juli menjadi gelaran ke-2 platform pameran Ruang Seni Rupa tahun 2019 yang dihelat oleh PSBK dengan menampilkan gagasan karya pertunjukan kolaboratif dari peserta Seniman Pascaterampil 2019. Dalam platform Ruang Seni Rupa ini, mereka ditantang mewujudkan gagasan-gagasannya melalui satu pameran seni rupa yang diberi tajuk “Sihir Kata”. Yaitu sebuah pameran yang agendanya hendak dibuka pada hari Jum’at tanggal 12 Juli 2019 dan akan berakhir hingga tanggal 30 Juli 2019.

PSBK (Padepokan Seni Bagong Kussudiardja) dalam hal ini bersama Bakti Budaya Djarum Foundation me;anjutkan investasi panjang dalam dukungan fasilitasi ruang presentasi karya seniman muda melalui program Ruang Seni Rupa. Arinya, pada Ruang Seni Rupa edisi kedua tahun 2019 ini, selama satu bulan –sejak Juni 2019, PSBK hendak mempersembakan karya dari Seniman Pascaterampil 2019. Sementara mengenai fasilitasi akses studio penciptaan, kuratorial, serta produksi pameran, kesemuanya berlangsung di kompleks art center PSBK.

Ruang Seni Rupa “Sihir Kata” ini melibatkan para seniman yang sebagian adalah peserta Program Seniman Pascaterampil, yang pada bulan April 2019 silam telah mewujudkan gagasannya dalam pertunjukan kolaborasi platform Jagongan Wagen. Mereka adalah Asmiati Sihite, Azwar Ahmad, Briyan Farid Abdillah Arif, Muhrizul Gholy, Theodora Melsasail.

Ruang Seni Rupa "Sihir Kata" di PSBK YogyakartaMereka berlima merupakan para seniman yang mengawali dari disiplin seni berbeda, ada yang dari seni rupa, terdapat pula dari film, bahkan pegiat tari, dan juga teater. Bagi mereka, khususnya para seniman yang tak berangkat dari disiplin ilmu seni rupa, pameran ini tentu merupakan tantangan yang harus dihadapi, ialah mewujudkan gagasan dalam medium baru. Sebaliknya, pun bagi seniman yang berangkat dari disiplin seni rupa, pameran ini merupakan kesempatan guna mengeksplorasi dan berbagi gagasan terhadap sesama seniman namun lintas disiplin.

Baca juga:  Sekar Murka Menjadi Pentas Teater Jagongan Wagen PSBK

Seniman Pasca Terampil mengolah “Sihir Kata”dengan melewati diskusi panjang, yang kemudian mereka bersepakat dalam mengangkat tema perihal Informasi. Satu informasi yang disampaikan secara sengaja pun tidak, melewati pengalaman visual, pengalaman suara, pengalaman teks, ataupun yang diambil dari ruang-ruang ketidaksadaran manusia.

Ruang Seni Rupa (RSR) kali ini memusatkan perhatian pada bagaimana pola komunikasi dan pertukaran informasi mampu memunculkan hubungan sebab-akibat yang membangun sebuah cerita. Di awali dari mana informasi berasal, apa saja yang dimaknai sebagai sumber informasi, bagaimana informasi tersampaikan, bagaimana informasi diolah oleh penerimanya, hingga efek-efek yang timbul dari pertukaran tersebut.

Baca juga:  Nusasonic Menyelami Keberagaman Budaya Bunyi dan Musik Eksperimental

Peserta program residensi Seniman Pascaterampil (SPt) merefleksikan pengalaman personalnya, lantas menariknya pada pembahasan lebih luas dengan mengidentifikasi posisi dirinya ke dalam konteks pengolahan informasi oleh masyarakat dewasa ini. []

Ruang Seni Rupa “Sihir Kata” di PSBK Yogyakarta

 Lokasi Galeri Gedung Damarwulan, PSBK
 Tanggal  2 – 30 Juli 2019
Pameran harian buka pada pukul: 11.00-18.00
(Hari Senin, Minggu dan libur nasional tutup)
 Opening  12 Juli 2019, 19.30 – 22.00 WIB
Dibuka oleh Djaduk Ferianto dan penampilan dari peserta
Belajar Bersama Maestro Djaduk Ferianto
 Artist Talk  30 Juli 2019, 15.00-18.00
Baca juga:  Pawai Pembukaan FKY -Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019

 

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Jaring Acara


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *