Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Pameran Poster 'Masa Lalu Belumlah Usai'

Pameran Poster -Karya Arsip Seni Visual ‘Masa Lalu Belumlah Usai’ Digelar di Tembi Rumah Budaya


Diunggah oleh Utroq Trieha pada tanggal 18 Januari 2020   (2.518 Readers)

TEMBI Rumah Budaya yang lokasinya tak jauh dari kantor kelurahan Timbulharjo dan masih dalam naungan kapanewonan (kecamatan) Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menjadi tempat yang bisa dikatakan tak pernah sepi dari geliat seni serta budaya. Pasalnya seolah tak pernah sepi, terdapat banyak aktivitas sekaligus ragam sajian yang selalu dihadirkan di tempat ini.

Pameran Poster -Karya Arsip Seni Visual bertajuk ‘Masa Lalu Belumlah Usai’ adalah satu di antaranya. Ia menjadi pameran yang dihelat pada tanggal 20 Januari hingga 02 Pebruari 2020, dengan menghadirkan Mikke Susanto sebagai kurator serta Tomi Firdaus selaku Ko-kurator, yang seklaigus merupakan persembahan dari TEMBI di awal tahun 2020, sehingga tentu saja sayang aoabila hendak dilewatkan begitu saja.

Pameran yang menyajikan Poster-poster Terpilih Pameran Seni Rupa Indonesia tahun 1974-2019 ini juga merupakan koleksi dari Dicti Art Laboratory, yang penyelenggaraannya memiliki tujuan guna memberikan pandangan -kesadaran perihal pengarsipan budaya, serta guna menunjukkan kerja para perupa di wilayah publik. Kedua tujuan ini mengakar pada persoalan dasar dan utama, yakni sejarah seni rupa dan turut menopang lini masa peristiwa seni rupa (di) Indonesia.

Dalam Pameran Poster -Karya Arsip Seni Visual bertajuk ‘Masa Lalu Belumlah Usai’ ini dipersembahkan sebanyak 520-an lembar poster pameran seni rupa Indonesia yang bertarikh 1974-2019. Semua poster yang dipamerkan otentik dan orisinal.

Koleksi poster tertua dalam helatan ini adalah poster pameran “Asean Mobile Exhibition Art and Photography Kuala Lumpur Singapore, Jakarta, Manila, Bangkok” di Taman Ismail Marzuki & Balai Budaya Jakarta (April 1974). Sedangkan untuk koleksi termudanya adalah poster Pameran Tunggal Togi Mikkel bertajuk “Marsitogian” di Kebun Buku Yogyakarta (Desember 2019).

Baca juga:  Hari Lahir Tino Sidin Sebagai Hari Guru Dirayakan dengan Pameran Lukisan Benang "Simpul Hati Dalam Estetika Benang & Warna" di Museum Taman Tino Sidin Yogyakarta

Pameran Poster -Karya Arsip Seni Visual 'Masa Lalu Belumlah Usai'

Poster pameran tunggal dan grup yang dipamerkan ini hampir semuanya merupakan karya perupa dan kelompok seni rupa kenamaan, seperti Raden Saleh, Affandi, Basoeki Abdullah, S. Soedjojono, Hendra Gunawan, Jeihan, Srihadi Soedarsono, Edhie Sunarso, Sunaryo, Heri Dono, Kelompok Pelukis Rakjat, Sanggar Bumi Tarung, Kelompok Seni Rupa Baru, Kelompok Taring Padi, Kelompok Jendela, Sakato, SDI, dan masih banyak lagi lainnya.

Poster-poster tersebut dipilah dalam 4 sub-kurasi, berdasarkan pendekatan desain visual dan kronologi, antara lain: 1) Karya; 2) Tipografi; 3) Desain; dan 4) Fotografi. Keempatnya dibuat untuk memudahkan dalam mencermati materi pameran. Inilah prasasti kekinian sebagai bagian tradisi pencatatan peristiwa.

Baca juga:  Wayang Jogja Night Carnival di Perayaan Ulang Tahun Yogyakarta ke-263 Sajikan Pawai 14 Karakter Wayang Kapi-Kapi

Pameran poster bertajuk ‘Masa Lalu Belumlah Usai’ ini juga tercatat sebagai pameran pertama di dunia, yang menyajikan khusus poster pameran seni rupa, lebih khusus lagi tentang pameran seni rupa (di) Indonesia.

Jelas bahwa pengaruh poster pameran seni rupa tidak hanya berguna bagi seni semata, tetapi juga penting bagi perkembangan sejarah desain dan sejarah peradaban kebudayaan. Karena itu, sadari bahwa poster sebagai bagian dari masa lalu, kisahnya belumlah usai. Bergantung pada siapa yang menyuarakannya.

Sebagai inisiator dari pameran poster di TEMBI ini adalah Dicti Art Laboratory. Sementara sebagai pendukung ada banyak yang turut di dalamnya, yang antara lain adalah;

  • TEMBI Rumah Budaya
  • Jurusan Tata Kelola Seni FSR ISI Yogyakarta
  • IVAA Yogyakarta
  • House of JB Yogyakarta

Dalam menyaksikan pameran poster pun karya arsip seni visual berjudul ‘Masa Lalu Belumlah Usai’ di TEMBI Rumah Budaya ini sifatnya adalah GRATIS tanpa dipungut biaya, sekaligus terbuka untuk umum tanpa terkecuali. Mengenai waktu pameran adalah setiap hari, mulai tanggal 20 Januari hingga 02 Pebruari 2020, dari pukul 09.00 hingg 19.00 WIB. [uth]

Baca juga:  Jalur Pinggir Tak Selalu Ada di Peta Kota
Pameran Poster -Karya Arsip Seni Visual ‘Masa Lalu Belumlah Usai’
Waktu 20 Januari – 02 Pebruari 2020 | 09.00 – 19.00 WIB
Tempat TEMBI Rumah Budaya
Sewon, Bantul – D.I. Yogyakarta
Kurator ~ Mikke Susanto
~ Tomi Firdaus (Ko-kurator)
Grand Opening Rabu, 22 Januari 2020
Pertunjukan musik “TUDEIS BAND” (Sekolah Alam ‘Nurul Islam’ Sleman, DI Yogyakarta)
Diskusi “Seni Poster: Perjalanan & Pengelolaan” Rabu, 22 Januari 2020
bersama Hari “Ong” Wahyu (desainer poster), Dr. Mikke Susanto, MA., dan IVAA Yogyakarta
Kuliah Umum “Poster: Wahana Propaganda dan Profesi” Minggu 02 Februari 2020
bersama FX. Widyatmoko, S.Sn., M.Sn.(Koskow) – Staf Pengajar Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) FSR ISI Yogyakarta
Narahubung Totok: 081314886689
Achmad: 085842341252

 

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Utroq Trieha


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *