Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Pameran Jogja International Disability Art Biennale 2021

Pameran Jogja International Disability Art Biennale 2021 Mengusung Tema ‘Rima Rupa’ Digelar di Galeri R.J Katamsi Institut Seni Indonesia Yogyakarta


Diunggah oleh Official Adm pada tanggal 21 Oktober 2021   (90 Readers)

Jogja International Disability Arts Biennale 2021 adalah pameran seni rupa yang diselenggarakan oleh Jogja Disability Arts dan Galeri R.J Katamsi Institut Seni Indonesia Yogyakarta, dan didukung oleh PT Pos Indonesia.

Pameran Jogja International Disability Art Biennale 2021 ini hadir dengan semangat memberikan ruang bagi seniman, pegiat dan pelaku seni disabilitas baik nasional maupun internasional untuk mendapat ruang ekspresi, apresiasi, dan komunikasi melalui media seni rupa kepada publik. Selain itu, pameran ini juga sebagai upaya membangun ekosistem seni rupa yang lebih inklusif nasional dan global.

Disabilitas dan seni bukan hal yang baru dalam perkembangan seni rupa, tetapi belum menjadi perhatian yang khusus. Hal ini menjadikan persoalan disabilitas dalam seni belum begitu diperhatikan.

Pada gelaran seni rupa kali ini, Rima Rupa dipilih sebagai judul pameran untuk menjadi penanda keberagaman dan kebebasan dalam berekspresi secara visual, baik pilihan gaya dalam seni rupa, teknik, maupun ide para seniman yang mengikuti pameran ini. Seperti halnya sebuah rima, pameran yang dilaksanakan berulang dalam keragaman dan kebebasan ini akan berusaha menemukan irama dan keindahannya dalam bahasa rupa. Selain itu pameran ini juga menjadi ajang bagi seniman disabilitas untuk belajar dan memahami lebih jauh tentang dunia seni rupa. Dengan harapan seniman disabilitas bukan hanya dilihat dari sudut pandang kedisabilitasannya, namun lebih pada ide, gagasan, media ekspresi, dan kreativitas yang tertuang menjadi karya seni rupa.

Pameran Jogja International Disability Art Biennale Tahun 2021

Secara khusus, pameran seni rupa ini diikuti oleh seniman, pegiat dan pelaku seni disabilitas baik nasional maupun internasional. Rima Rupa menampilkan karya-karya terbaik dari 58 seniman dari Indonesia, Australia, Brazil, Kairo, Kolombia, Korea Selatan, Selandia Baru, Filipina, Afrika Selatan, dan Britania Raya. Pameran ini sejatinya bukan untuk mengkotakkan diri, tetapi justru pameran ini diharapkan menjadi jembatan bagi seniman-seniman disabilitas menuju ruang-ruang seni yang lebih luas.

Helatan Jogja International Disability Arts Biennale 2021 -Rima Rupa akan berlangsung dari Senin, 18 Oktober 2021 hingga Sabtu, 30 Oktober 2021. Pameran Rima Rupa akan diselenggarakan di Galeri R.J Katamsi Institut Seni Indonesia Yogyakarta secara luring dengan reservasi kunjungan terbatas. Pembukaan pameran akan dilakukan secara daring melalui akun Youtube Jogja Disability Arts pada Senin, 18 Oktober 2021, Pukul 15.00 WIB.

Yeni Wahid di Pameran Jogja International Disability Art Biennale 2021

Pada pameran Jogja International Disability Art Biennale 2021 yang dihelat kali pertama ini, akan memiliki ruang berbagi dalam bentuk webinar. Hal ini dihadirkan untuk melihat posisi perupa disabilitas dalam gerak seni rupa terutama menyoal masa depan ruang seninya dengan terukur, terutama pada manajemen dan dapat terakomodir secara baik. Harapannya, webinar ini dapat memberi peluang ruang diskusi tidak hanya perihal fasilitas fisik setidaknya dapat turut andil dalam membincangkan masa depan serta memberi wacana ruang alternatif seni secara proporsional bagi perupa disabilitas sebagai gagasan agar lebih memaksimalkan potensi ruang seni yang sudah tercipta mengingat kreativitas dan unsurnya tak boleh berhenti.

Seluruh informasi terkait penyelenggaraan Jogja Disability Arts Biennale 2021- Rima Rupa akan dirilis pada akun instagram @jogja_disability_arts sebagai media sosial resmi penyelenggara acara. []

4.8/5 - (5 votes)

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Official Adm


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *