Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Pameran Bersama Reciprocities

Pameran Bersama Reciprocities Digelar Oleh Srisasanti Syndicate di Galeri II Tirtodipuran Link Yogyakarta


Diunggah oleh Haiki Murakabi pada tanggal 2 Desember 2019   (342 Readers)

Seni rupa dan kajian estetika telah berkembang jauh dari apa yang diramalkan oleh para pemikir Kantian, sementara modalitas seni terus berubah, fokus nilainya juga berubah. Perubahan paradigmatik itu menunjukan keleluasaan seni dalam menyesuaikan kebutuhan dan perubahan sosial & budaya yang terjadi di masyarakat.

Pameran Bersama Reciprocities yang diselenggarakan oleh Srisasanti Syndicate pada akhirnya hadir sebagai bentuk tanggapan terkait dengan perubahan sebagaimana terpaparkan di atas. Pameran bersama Reciprocities tersebut dilakoni oleh beberapa seniman, bukan  saja berasal dari Indonesia, namun juga dari manca negara, tepatnya Filipina.

Para seniman tersebut antara lain adalah Artreyu Moniaga, Triana Nurmaria, Izal Batubara, dan Ayu Rika yang kesemuanya berasal dari Indonesia. Sedangkan yang hadir dari negara Philiphina masing-masing adalah Don Bryan Bunag, Isko Andrade, IzaMark Leo Maac, Marvin Quizon, dan Valdo Manullang.

Baca juga:  Pra-Event Open Air Cinema JAFF 14 'Revival' Putaran Pertama Digelar di Minggir Sleman Yogyakarta

Valdo Manullang -Untitled 2019 -charcoal and oil on canvas 140 x 300 cm

Pameran bersama Reciprocities yang digelar di Galeri II Tirtodipuran Link Yogyakarta ini sendiri agendanya dibuka pada tanggal 30 November 2019, dan akan berakhir pada tanggal 12 Januari 2020.

Hamada Adzani memberikan catatan-tulisan terkait dengan pameran bersama Reciprocities ini dengan judul ‘Merajut Memorabilia Subjek: Catatan Kerja untuk Pameran Reciprocities‘. Di sana terpaparkan bahwa Atreyu Moniaga, Ayu Rika, Izal Batubara, Triana Nurmaria, dan Valdo Manullang membawa bagasi pengetahuan personalnya tentang pengalaman empirik masing-masing pada publik. Setelah diakumulasi, lantas mereka mempresentasikannya dalam bentuk simbolik yang ada kalanya terasa subjektif, namun seringkali terlihat universal.

Baca juga:  Inilah Beberapa Program ARTJOG MMXIX Sebagai Festival Seni Rupa Kontemporer

Bertolak ke karya-karya seniman muda asal Filipina, mereka berempat menyuguhkan presentasi artistik mengagumkan. Melalui ekspresi ‘hiper-realis’ yang ditampilkan Don Bryan Bunag, Isko Andrade, Mark Leo Gornes Maac, dan Marvin Quizon menunjukan kemampuan teknis yang di atas ratarata. Secara general tema kekaryaan mereka berkutat pada relasi dalam keluarga dan memori sentimentil.

Triana Nurmaria -Pressure 2019 -acrylic on canvas 160 x 220 cm

Karya-karya yang ditampilkan dalam Reciprocities merupakan pameran kolaboratif antara seniman asal Indonesia dan Filipina. Adapun seniman yang dipilih merupakan seniman muda di kedua negara yang tengah merintis karir kesenimanannya. Tanpa disengaja, semuanya berangkat dari tema personal yang dielaborasi menjadi penanda atau memorabilia atas teks dan konteks yang dialami. Imbal balik dalam kerja kolaboratif ini memang tidak bisa terlihat secara gamblang. Namun demikian, apa yang disuguhkan menjadi satu dari sekian banyak sampel kecenderungan seni rupa terkini antara kedua Negara.

Baca juga:  Open Submission Pameran Seni HIATUS 2019 di UGM

Seni idealnya hendak merogoh kedalaman rumit pengalaman dan mengkomunikasikannya melalui medan bentuk dan imaji yang mengena pada imajinasi, khususnya indra batin kita. Karya mereka tidak semata dilihat sebagai bentuk ekspresi yang dihadirkan secara simbolik, melainkan memiliki kisah penarasian (story telling) dan modus operandi yang kuat. [hmk]

Pameran Bersama Reciprocities Digelar Srisasanti Syndicate
Waktu 30 November – 12 Januari 2020
Tempat Galeri II Tirtodipuran Link
Tirtodipuran St No.50, Mantrijeron
Yogyakarta
Contact Person +62 852 363 88889 (Afil)

 

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Haiki Murakabi


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *