Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Open Call Kawah Nobar

Open Call ‘Kawah Nobar’ yang Merupakan Alternatif Pertemuan Kawula Muda Kreatif


Diunggah oleh Utroq Trieha pada tanggal 23 Januari 2020   (406 Readers)

Nonton bareng alias nobar secara umum bisa diartikan sebagai sebuah aktivitas ‘menonton’ ataupun menikmati pertunjukan dengan ‘indera pengelihatan’, yang itu dilakukan secara bersama-sama alias ‘bareng’ dengan orang selain diri kita. Nonton film, nonton bola, dan masih banyak lagi tontonan lain yang dapat dinikmati secara berbarengan tersebut.

Memaknai arti dari nonton bareng ini memang sengaja dihadirkan sebelum kita menyimak lebih jauh perihal judul ‘Open Call Kawah Nobar’ yang tertera pada artikel ini. Pasalnya, bagi sebagian orang, ‘nonton bareng’ sangat mungkin dimaknai berbeda dari apa yang didefinisikan di atas. Lain dari itu, bisa saja ‘sebagian orang’ tersebut memaknai ‘nonton bareng’ sebagai suatu aktivitas yang menyatukan antara ia sebagai ‘subyek penonton’ dengan tontonan sebagai ‘obyek yang dinikmatinya’.

Sebagai gambaran kita lontarkan saja beberapa pertanyaan; sebagai penonton yang sedang menikmati “obyek seni pertunjukan”, pernahkah Anda menikmati suguhan-tontonan itu dengan sangat khidmat, dan kemudian mulai membayangkan kisah-cerita pada apa yang disaksikan itu benar-benar terjadi di dalam hidup Anda? Atau pernahkan lebih dari itu? Misalnya bahkan Anda sempat meneteskan air mata dan/atau tertawa terbahak-bahak karena dalam jiwa juga turut tersedot dalam alur cerita dalam sebuah pertunjukan seni?

Baca juga:  Inilah Syarat Ketentuan Peserta Sayembara Penulisan Naskah Sandiwara Radio Bahasa Jawa 2020 Kategori Pelajar

Apabila jawabannya iya, bisa jadi jiwa Anda telah “menyatu-bareng” sekaligus ‘berinteraksi bersama’ dengan penampilan yang dimainkan oleh idola Anda di atas panggung. Begitulah nonton bareng yang sangat mungkin dapat didefinisikan ke dalam banyak kemungkinan makna.

Berangkat dari pemaknaan ikhwal ‘nonton bareng’ tersebut, maka di akhir tahun 2019 silam, sejumlah anak muda menggagas sebuah wadah yang namanya sebagaimana dibahas pada paragraf di atas, ialah “Nonton Bareng” yang kemudian mewartakan ke publik melalui kanal website dengan alamat www.nobar.co.id

Baca juga:  Sayembara Hadiah Sastra Terjemahan Mastera 2019

Open Call Kawah Nobar Sebagai Alternatif Pertemuan Kawula Muda Kreatif

nobar.co.id sendiri tentu saja adalah sebuah nama yang titik dasarnya berawal dari kata ‘Nonton Bareng’ dan kemudian disingkat ‘nobar’. Sementara .co.id, seperti yang diketahui beberapa orang, adalah extention domain dalam negeri yang justru di awal tahun 2020 pembiayaannya mengalami kenaikan berkali lipat 🙂

Sebagai aktivitas perdananya, anak-anak muda dalam “Nobar” ini di bulan November tahun 2019 lampau telah melakukan melakukan kegiatan yang mempertemukan antara para penampil dengan para penonton pertunjukan, di mana kegiatan kala itu ada dalam rangkaian pelaksanaan JAFF ke-14.

Sebagai kegiatan lanjutan akhir tahun 2019 tersebut, berikutnya di awal tahun 2020, Nobar mengajak Anda semua untuk turut terlibat secara langsung dalam kegiatan bernama “Kawah Nobar”.

Baca juga:  Joko Pinurbo Menolak Mitos-mitos dalam Dunia Kepenyairan di JOGLITFEST

Apa itu Kawah Nobar?

Kawah Nobar adalah alternatif pertemuan kawula muda kreatif dan memiliki semangat mandiri, yang salah satunya memiliki tujuan guna membikin inisiatif peristiwa menonton seni pertunjukan.

Di Kawah Nobar, Anda bakal diajak bergabung menjadi tim guna mengembangkan kesempatan selebar-lebarnya bersama sobat muda lintas media, baik dalam hal eksplorasi, kolaborasi, eksperimen, dan masih banyak lagi ruang belajar lainnya.

Jadi, bagi Anda yang berkenan, sila bisa langsung mendaftarkan diri dengan mengisi form secara daring (online) di laman nobar.co.id/kawahnobar2020. Proses pendaftaran ini dilakukan hingga tanggal 4 February 2020.

Apabila ada yang masih kurang jelas dan hendak ditanyakan, sila bisa menghubungi nomor WA: 0821-3313-5776, dan atau melayangkan surat-elektronik ke info@nobar.co.id [uth]

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Utroq Trieha


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *