Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Grebek Mulud Pameran Sekaten 2019

Pameran Sekaten 2019 Menjadi Agenda Memeriahkan Peringatan ‘Muludan’ di Keraton Yogyakarta


Diunggah oleh Haiki Murakabi pada tanggal 6 Oktober 2019   41

Sebagai suatu helatan rutin yang digelar setiap tahun, peringatan Muludan di Keraton Yogyakarta agendanya diselenggarakan pada awal bulan November 2019, yang kali ini dihadirkan pula satu pameran mengusung tema yang berkaitan dengan Raja Yogyakarta pertama; Sri Sultan Hamengku Buwono I.

Pameran Sekaten 2019 digelar dengan latar belakang bahwa seperti yang telah diketahui bersama, seiring dengan datangnya bulan Maulid (wulan Mulud) sebagai bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW, pada setiap tahunnya Keraton Yogyakarta menggelar Hajad Dalem Sekaten yang dilangsungkan pada tanggal 6 hingga 12 Mulud berdasarkan kalender ataupun penanggalan Jawa Sultan Agungan. Karenanya, selain dikenal dengan sebutan Prepegan Grebeg Mulud alias Perayaan Maulid, helatan rutin di Keraton ini dikenal pula dengan istilah ‘Sekatenan’.

Ngarsa Dalem on Grebeg Mulud -Pameran Sekaten 2019

Ikhwal kaitan antara Grebek Mulud dengan Sekatenan ini dapat disimak dan diketahui, bahwa Hajad Dalem Sekaten prosesinya diawali dengan Miyos Gangsa yang selanjutnya ditutup dengan prosesi Kondur Gangsa. Berikutnya pada pagi hari usai penutupan tersebut, menjadi waktu dilahirkannya Nabi Muhammad SAW dalam Tahun Jawa, karena itu ia dirayakan sebagai peringatan Hajad Dalem Garebeg Mulud.

Baca juga:  Pembukaan Biennale Jogja XV Equator #5 Tahun 2019 Dimeriahkan Penampilan Musisi dan Seniman

Jadwal dan Agenda Pameran Sekaten Tahun 2019

Sehubungan dengan pameran Sekaten tahun 2019, agenda dari rangkaian pelaksanaan Hajad Dalem Sekaten adalah sebagai berikut;

  1. Miyos Gangsa dilaksanakan pada tanggal 1 November 2019
  2. Kondur Gangsa diselenggarakan pada tanggal 9 November 2019
  3. Garebeg Mulud dihelat pada tanggal 10 November 2019

Sementara, mengenai Pameran Sekaten sendiri agendanya dilangsungkan pada tanggal 1 – 9 November 2019 dengan lokasi berada di Kagungan Dalem Bangsal Pagelaran dan Kagungan Dalem Kompleks Sitihinggil Keraton Yogyakarta.

Tema yang diusung dalam Pameran Sekaten tahun 2019 adalah “Sri Sultan Hamengku Buwono I : Menghadang Gelombang, Menantang Zaman”.

Dengan latar belakang hal yang diangkat sebagai tema besar sangat terpaut dengan keberadaan “Sri Sultan Hamengku Buwono I”, maka koleksi yang akan dipamerkan dan muatan acara pameran yang terdapat dalam gelaran tersebut bakal berkaitan erat dengan pendiri Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat tersebut.

jodhang -Pameran Sekaten 2019

Pada Pameran Sekaten 2019 ini secara khusus akan menampilkan berbagai catatan sejarah dan karya Sultan Pertama dari Keraton Yogyakarta. Kemudian berdasar pada hal tersebut, maka dirumuskanlah topik pada Pameran Skaten yang antara lain adalah sebagai berikut:

  • Biografi Sri Sultan Hamengku Buwono I
  • Peran Sri Sultan Hamengku Buwono dalam Sejarah
  • Karya Sri Sultan Hamengku Buwono I
  • Obyek terkait Sri Sultan Hamengku Buwono I
  • Anugerah pahlawan kepada Sri Sultan Hamengku Buwono I
Baca juga:  Open Call Desainer Muda Seluruh Indonesia di Program Fraktal City Tangerang Selatan 2019

Di samping itu, masih ada pula agenda pendukung yang diselenggarakan pada saat pameran, di antaranya adalah;

  • Tur kuratorial
    Ialah ulasan dari para ahli terhadap koleksi yang dipamerkan dan dikemas dalam kegiatan diskusi terbuka
  • Pelatihan Seni
    Merupakan wahana interaktif bagi masyarakat pada saat berkunjung ke pameran sekaten
  • Lomba Karawitan
    Menjadi salah satu lomba seni yang diikuti kelompok karawitan tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Pertunjukan dan Perlombaan Seni
    Adalah ruang yang dimanfaatkan bagi komunitas, sanggar, ataupun institusi seni guna dapat tampil mengisi acara pada setiap harinya, dengan tempat berada di Bangsal Pagelaran
  • Diskusi Film Budaya
    Merupakan ruang diskusi terbuka bagi masyarakat umum terhadap film maupun dokumentasi budaya, baik yang dikoleksi oleh Keraton Yogyakarta maupun koleksi dari instansi lain
Baca juga:  KUSTOMFEST 2019 Bertema 'Back To The Roots' Merilis Official Soundtrack GAS GAS GAS Karya Kill The DJ

Gerebeg Mulud -Pameran Sekaten 2019

Pameran Sekaten 2019 yang temanya berhubungan erat dengan pendiri Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat tersebut menjadi langkah mendefinisikan kembali helatan tahunan Gerebek Mulud ini menuju arah tujuan awalnya. Artinya, dibutuhkan kesadaran penuh dari semua pihak dalam kembali memaknai budaya yang telah disampaikan seiring tradisi Sekatenan, yang bahkan ia telah ada dan diselenggarakan sejak masa kerajaan Demak.

Kyai Guntur Madu -Pameran Sekaten 2019Meramaikan dan memeriahkan Sekatenan sudah pasti menjadi hal yang tak dilarang. Namun ketika orang-orang datang ke Prepegan Mulud hanya sekadar untuk pergi ke awul-awul pun bermain ombak-banyu alias rail-coster di Pasar Malam area Alun-alun Utara, itu sudah jauh dari makna yang ada. Apalagi ketika harus menambah kotor, bahkan rusak areanya.

Ikhwal Pameran Sekaten 2019 ini bakal dibuka untuk umum dengan jam kunjung dari pukul 09.00 dan akan ditutup pada pukul 21.00 WIB. Hanya saja ada tiket masuk yang butuh dikeluarkan guna berkunjung dan menikmati pameran tersebut, yang dapat diperoleh di loket pembelian -sebelah barat Bangsal Pagelaran. [hmk]

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Haiki Murakabi


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *