Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Meretas Kertas Art Event

Open Submission Meretas Kertas Art Event Tahun 2019

Diunggah oleh Utroq Trieha, pada tanggal 12 Agustus 2019

Meretas Kertas Art Event yang digelar di Surakarta merupakan gelaran seni rupa yang mengundang para seniman untuk menampilkan karya-karya terbaik dengan mengangkat fenomena kertas dalam aspek material hingga konseptual.

Berfokus pada upaya untuk melihat eksplorasi gagasan dan tehnik dari material kertas sebagai medium ekspresi seniman, selanjutnya menautkannya dengan beragam pengetahuan perihal kertas dalam konteks artistik-estetik, perkembangan teknologi, dan peradaban budaya beragam kawasan regional Asia.

Tajuk ini akan mengeksplorasi daya tarik kertas, menyoroti pilihan material individu dan keragaman tekstur, warna, teknik, dan aplikasi khusus untuk praktik kreatif seniman, sekaligus melakukan pembacaan atas perkembangan seni dari berbagai kawasan Asia maupun Eropa. Selain pameran, Meretas Kertas Art Event –yang diinisiasikan oleh Program Studi Seni Rupa Murni FSRD ISI Surakarta bekerjasama dengan Balai Soedjatmoko Surakarta, Monumen Pers Surakarta, Solo Pos, dan Rumah Banjarsari Surakarta– ini juga diikuti dengan serangkaian program pendukung untuk publik, diantaranya adalah Diskusi, Workshop, Kuratorial Tour, dan Peluncuran Buku.

Kuratorial Meretas Kertas Art Event

Dimensi fisik sebuah karya seni tidak bisa dilepaskan dari bagaimana konsep/gagasan, pilihan material, dan proses yang dilakoni seniman. Hubungan ketiga hal ini sangatlah intim. Bagi seniman, material tidak dapat dipisahkan dari masalah konseptual dan realisasi nyata dalam berkarya. Material bukan hanya didudukkan sebagai bahan baku yang harus diolah dengan kepiawaian tehnik, melainkan mitra diskusi aktif seniman. Intensi seniman atas material memberikan peran dan pengaruh unik dalam segenap proses kreatif. Kecerdasan dan aspek craftmanship seniman dalam memanipulasi material, memberi nilai lebih atas ekspresi konseptual. Wacana terkait material dan tujuan artistik sama pentingnya dengan sejarah seni, kritik dan connoisseurship – yang memainkan peranan penting dalam menggarisbawahi nilai artistik sebuah karya seni.

Baca juga:  Creative Youth Forum oleh UNESCO dan Citi Indonesia

Berabad-abad, sejak ditemukannya hingga sekarang, kertas ternyata berperan besar dalam melahirkan dan menumbuhkan peradaban komunitas manusia di muka bumi ini. Pun setelah teknologi komunikasi-informasi digital begitu lekat dalam hidup manusia sehari-hari. Jutaan ide, pengetahuan, ilmu pengetahuan, kisah, pengisahan, mimpi, realitas lahir dan bertumbuh atas jasa keberadaan kertas.

Begitu pentingnya keberadaan dan peran kertas inilah yang membuat kita merasa perlu untuk mengapresiasinya dalam beragam praktyik kerja artistik. Wacana terkait material kertas sebagai medium karya seni menemu perluasannya dalam dimensi sosial terkait potensi dan peran mediasi yang dimiliki oleh material kertas dalam proses kontruksi dan transformasi dunia sosial. Hal yang menarik, bahwa intensi atas material dalam singgungannya dengan medan sosial memicu orientasi baru dalam mengisi kekosongan wacana seni tradisional : pertama, fungsi nyata faktor estetika dalam kehidupan sosial, dan kedua, terkait karya seni itu sendiri (eksplorasi – eksperimentasi, proses kreatif). Perhatian pada kekosongan ini telah membuka jalan baru tentang peran kertas sebagai komponen material aktif dimana dunia sosial dibentuk. Lebih luas, intensi atas dimensi fisik dan material kertas dalam karya seni telah berperan aktif dalam produksi identitas subjektif dan praktik sosial. Bagaimana artefak budaya yang berbeda secara aktif membentuk dinamika produksi budaya, serta memediasi pengetahuan yang dikaji oleh banyak ilmuwan dan peneliti dunia sosial. Olahan artistik material kertas ditangan seniman bukan semata menghadirkan sensasi perseptual bagi publik, namun juga beresonansi dalam beragam dimensi pengetahuan sosial, budaya, dan kemasyarakatan.

Melalui gagasan tentang sejarah panjang kertas yang memberikan sekian banyak dalam praktik sosial masyarakat, maka, Meretas Kertas mengundang seniman untk terlibat menampilkan karya seni visual yang bertolak dari segala hal yang berkait dengan kertas, baik medium atau gagasan (ide, konsep) yang melatarbelakangi.

Para seniman yang terlibat dalam kegiatan ini membedah, mempelajari, menganalisis, menerobos dan atau memodifikasi hal ikhwal kertas lalu mencipta karya-karya artistik yang bertolak dari upaya-upaya tersebut.

Baca juga:  Pameran Seni BOTANI “Ragam Flora Indonesia 2” di Jogjakarta

Ketentuan Seniman Peserta Meretas Kertas Art Event

  1. Peserta Pameran Meretas Kertas adalah seniman profesional dan mahasiswa dengan proses seleksi
  2. Karya selaras dengan tema kuratorial MERETAS KERTAS
  3. Setiap peserta dipersilakan untuk mengirimkan maksimal 3 karya
  4. Ukuran karya:
    a. 2 Dimensi (maksimal) 2 x 2 m
    b. 3 Dimensi (maksimal) 1,5 x 1,5 x 1,5 m (pxlxt)
    c. Instalasi (maksimal) 2 x 2 x3 m (pxlxt)
    d. Untuk karya performance art dan site specific (peserta bisa berkoordinasi dengan pihak panitia)
  5. Material karya bebas (diutamakan menggunakan material kertas), mix media, dan sebagainya
  6. Minimal tahun pembuatan karya 2016 – 2019
  7. Peserta Kompetisi MERETAS KERTAS terbuka bagi perupa muda dan mahasiswa (melalui PROSES SELEKSI).
Baca juga:  Pameran Duet Artmosphere Bapak Beranak

Pengiriman Data Karya Pameran Meretas Kertas

  • Formulir Pendaftaran Peserta MERETAS KERTAS yang telah diisi
  • Data Seniman dan CV (3 tahun terakhir)
  • Data karya, meliputi :
    a. Konsep karya (maksimal 500 kata)
    b. Foto Karya (Format : JPEG 300dpl), Caption Foto diberikan keterangan:
    Nama Seniman, Judul, Ukuran, Material, Tehnik, Tahun Pembuatan
    Contoh: Hendra Himawan, Muara I, 30x30x30 cm,papermache, 2020
  • Keterangan informasi karya, khususnya bagi karya-karya yang membutuhkan format presentasi /display secara khusus dan spesifik, dengan tehnik pajang dan ruang yang khusus
  • Batas akhir konfirmasi kesediaan seniman dan pengiriman data karya tanggal 7 September 2019
  • Seluruh materi pendaftaran dikirimkan ke email : meretaskertas.isiska@gmail.com (format zip)
  • Pengumuman Seniman dan Karya Terpilih: 8 September 2019
    (setiap peserta terpilih akan dihubungi langsung oleh pihak panitia dan dipublikasikan secara resmi oleh pihak panitia)
  • Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi ;
    Sekretariat MERETAS KERTAS 2019
    Program Satudi Seni Rupa Murni – FSRD ISI Surakarta
    Gedung VI, Kampus 2 ISI Surakarta, Jl. Ringroad Mojosongo KM. 5.5 Mojosongo Surakarta
  • Narahubung:
    ~Zuliati (081804209909)
    ~Albertus Rusputranto (08562811404)
    ~Deni Rahman (082137921969)

Keterangan selengkapnya sekaligus perihal “Formulir Aplikasi Seniman Meretas Kertas 2019” sila simak juga dengan cara mengunduhnya di LINK INI!

Artikel pun Pawarta di atas diunggah dan dipublikasikan oleh 'Utroq Trieha'. Isi ada di luar tanggung jawab redaksi, karenanya untuk informasi, sanggahan, saran, dan lain-lain, mohon kontak langsung pengunggah (Utroq Trieha).

Ingin mengunggah serta mewartakan kegiatan dan acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA juga?
Sila Klik Registrasi dan atau Login. Simak juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *