Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
produksi-kutu-kota-persembahan-kelompok-porta-art-project-jagongan-wagen-juni-2020__pic-by-sito-adhi-anom

‘Kutu/Kota’ Menjadi Persembahan Kelompok Porta Art Project di Jagongan Wagen Edisi Juni 2020


Diunggah oleh Jaring Acara pada tanggal 24 Juni 2020   (270 Readers)

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja aytau dikenal pula dengan nama PSBK mempersembahkan kembali Jagongan Wagen (JW) edisi keempat tahun 2020 dalam format alih wahana digital. Berlokasi di kompleks art center PSBK, proses fasilitasi ruang kreatif keproduksian alih media dan sajian karya yang dilakukan sejak awal bulan Juni 2020 tersebut telah disertai protokol kesehatan penyelenggaraan kegiatan.

‘Kutu/Kota’ menjadi judul dari persembahan Jagongan Wagen Edisi Juni 2020 ini yang dipresentasikan oleh Kelompok Porta Art Project. Ialah pertunjukan bebunyian yang dipadu dengan gerak sebagai interpretasinya. Karya Kutu/Kota tersebut diramu dari susunan musik tekno dan konvensional, serta sentuhan visual multimedia yang mengilustrasikan kota Jogja.

Sebagaimana waktu-waktu sebelumnya, dalam melaksanakan proses fasilitasi ruang kreatif keproduksian kali ini, PSBK masih bekerjasama dengan mitra Bakti Budaya Djarum Foundation dan Indonesia Kaya sebagai co-host dalam menampilkan premiere karya baru ini di portal YouTube IndonesiaKaya, yang kemudian ia dapat diakses pada hari Sabtu, 27 Juni 2020, tepatnya dimulai pada pukul 19:30 WIB.

Baca juga:  NKCTHI 'Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini' Menjadi Film dengan Penonton Terbanyak Mengawali Tahun 2020

produksi-kutu-kota-persembahan-kelompok-porta-art-project-jagongan-wagen__pic-by-sito-adhi-anom

Dalam menikmati karya yang dipresentasikan oleh Kelompok Porta Art Project ini, maka diperlukan registrasi penonton ng yadibuka di www.PSBK.or.id hingga hari H penayangan. Sementara penayangan Jagongan Wagen tersebut juga disertai dengan adanya Closed Caption bagi audiens dengan difabilitas.

Siapa Porta Art Project itu?

Porta Art Project sendiri merupakan kelompok yang diinisiasi bersama oleh seniman-seniman muda di Yogyakarta guna menanggapi fenomena perubahan yang terjadi dalam masyarakat. Fenomena tersebut diolah menjadi bentuk dalam lintas medium, seni pertunjukan. Berdiri pada Februari 2018, dengan semangat kolektif dan ingin jujur dalam menyampaikan setiap penemuan, Porta Art Project secara tidak langsung belajar untuk berada dalam jalur lokal yang berdialog dengan budaya-budaya dalam maupun luar.

Baca juga:  Bread Essence Luncurkan Video "Untukmu Indonesia"

Sebagai kelompok seni peraih Hibah Seni PSBK yang berasal dari Yogyakarta, pada presentasinya di Jagongan Wagen edisi Juni 2020 kali ini, mereka berencana menampilkan karya terbarunya yang berjudul Kutu/Kota. Melalui ‘Kutu/Kota’, Porta Art Project mempertanyakan keberadaan ‘diam’ atau ‘hening’ sebagai ruang refleksi warga kota di tengah kondisi kota yang serba cepat dan pesat. Hal tersebut seperti yang dipaparkan oleh Azaro Verdo selaku sutradara pertunjukan Kutu/Kota ini.

“Kami berharap karya ini mampu menciptakan ruang bersama dalam melihat sebuah hubungan masing-masing atas kondisi sosial politiknya. Membuka kemungkinan atas aktifitas apa saja yang dapat terjadi dalam pertemuan-pertemuan biasa di jalanan,” tutur Azaro Verdo.

Baca juga:  Backline Creative Warehouse and Coffee Malang Rilis “Backline Mixtape Vol.1”

kutu-kota-persembahan-kelompok-porta-art-project-jagongan-wagen-juni-2020

Para seniman yang tergabung dalam Porta Art Project dalam presentasi karya Kutu/Kota tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Azaro Verdo (sutradara) asal Lampung
  • Agam Satya (kolaborator artistik) asal Jawa Barat
  • Regina Gandes Mutiary (penampil) asal Jakarta
  • Yoga Usmad (penampil) asal Jawa Tengah
  • Zulkifly Syam (penampil) asal Sulawesi Selatan
  • Wildan Iltizam Bilhaq (penampil) asal Banten
  • Annu Cutter (penampil) asal Jerman

Sekali lagi, untuk menikmati karya ‘Kutu/Kota’ oleh Kelompok Porta Art Project di Jagongan Wagen edisi Juni 2020 ini, sila simak Kanal YouTube IndonesiaKaya, tepatnya pada hari Sabtu, 27 Juni 2020, mulai pada pukul 19:30 WIB. []

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Jaring Acara


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *