Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Konser Musik Bangsa Pemberani

‘Konser Musik Bangsa Pemberani, Berani Aja!’ Bakal Digelar Di Jogja Expo Center 29 Juli 2022 dengan Menghadirkan 9 Group Band, Termasuk Band Legendaris Marjinal


Diunggah oleh Utroq Trieha pada tanggal 19 July 2022   (410 Readers)

Pandemi yang telah melanda kehidupan selama lebih dari dua tahun lamanya memberikan banyak perubahan dalam kehidupan, baik itu dilihat dari sisi sosial, ekonomi, politik, pun budaya dan perilaku kita sebagai manusia. Hingga kemudian saat ini kita mulai memasuki masa-masa transisi menuju perubahan-perubahan tersebut, yang kenyataannya tak setiap orang mampu menghadapi semua peristiwa selama lebih dua tahun ini dengan langkah tegap. Hal senada terjadi dan dialami pula oleh kelompok-kelompok musik. yang kini telah membentuk subkultur dalam masyarakat.

Apabila hendak dikatakan sebagai bangsa pemberani, tentu dibutuhkan pula langkah berani dari setiap warganya, apapun keadaannya. Termasuk ketika kita sedang berada pada titik nadir akibat imbas dari pandemi corona yang mewabah lebih dari dua tahun lamanya ini. Keraguan pun sudah semestinya harus ditumpas ketika harus berhadapan dengan segala rintangan di depan mata.

Berbicara tentang ‘Bangsa Pemberani’ –sebagaimana tersebutkan di atas, beberapa sosok muda yang concern dengan musik di Jogjakarta mengagendakan bakal menggelar sebuah konser dengan tajuk “Konser Bangsa Pemberani, Berani Aja!”.

Berkaitan dengan agenda “Konser Bangsa Pemberani, Berani Aja!” itu, maka pada hari Senin sore 18 Juli 2022, sekira pukul 16:00 WIB telah dilaksanakan acara Press Conference alias temu media yang dilangsungkan di The Ratan area Kampung Mataraman Ringroad Selatan Yogyakarta. Beberapa nara sumber yang dihadirkan dalam acara temu media tersebut antara lain adalah Indra Shckthrpy, Gandi Suryo, Kuncung MC, Popo Java. Mereka berempat itu pulalah sosok-sosok yang menggagas diselenggarakannya event musik Bangsa Pemberani ini.

Konser Musik Bangsa Pemberani

Saling Menguatkan, Kibarkan Semangat Pemberani!

Sikap “berani” dipantik sebagai judul dalam konser ini tak lain adalah guna saling menyemangati dan menguatkan dalam langkah kebersamaan untuk membentuk solidaritas kemanusiaan, bahwa kita harus tetap berani dalam menghadapi apa yang ada di depan mata.

Hal itu senada dengan pernyataan Indra Shckthrpy yang merupakan salah satu penggebuk drum untuk band asal Jogjakarta bernama ‘Shckthrpy’, bahwa sangat mungkin hingga di hari ini banyak dari kita semua yang terkena dampak pandemi, seperti terlilit utang, kesulitan mencari pekerjaan, atau bahkan kehilangan.

“Kami ingin bilang bahwa kamu tidak sendirian. Ayo, bersama-sama menjadi Bangsa Pemberani. Jangan takluk pada keadaan!,” ujar Indra Shckthrp.

Konser musik yang sedianya diselenggarakan di area Jogja Expo Center pada tanggal 29 Juli 2022 dan digagas oleh 4 sosok muda bertalenta ini merupakan buah dari hasil kerja sama terhadap banyak pihak, utamanya dengan Java&Co dan Off the Record. Rencananya, acara “Konser Bangsa Pemberani, Berani Aja!” ini bakal digelar setiap tahun di kota-kota yang berbeda, tetapi dengan judul yang sama, dan Yogyakarya menjadi event perdana di tahun 2022 ini.

Senada dengan yang diungkapkan oleh Indra, Gandi yang juga sosok manajer band Zima menyampaikan bahwa “Konser Bangsa Pemberani, Berani Aja!” ini hendak mengajak kepada masyarakat untuk bersikap berani, entah pada apa pun, termasuk sikap dalam berkesenian.

Sementara mengenai genre musik yang akan ditampilkan adalah musik punk, hardcore, metal, dan rock. Persembahan lintas genre ini tentu saja memiliki bahasa-bahasa perlawanan yang lugas, sehingga herapan akan tercapainya tujuan konser sebagai pembangkit semangat untuk melawan keadaan yang relatif sulit sekarang ini bisa menjadi nyata. Dengan begitu, terpantiknya bangsa pemberani sebagai judul memang mendorong kita semua untuk bisa bersikap harus berani.

Konser Musik Bangsa Pemberani

Line Up Penampil & Tiket

Kuncung sebagai MC sekaligus salah satu sosok penggagas event musik ini menyatakan bahwa “Konser Bangsa Pemberaani, Berani Aja!” ini selain menghadirkan penampilan dari band-band lokal, juga bakal menyandingkannnya dengan band nasional. Sejumlah 9 band yang turut manggung, masing-masing adalah sebagai berikut;

  1. Zima
  2. Something Wrong
  3. Marjinal
  4. Papper Gangster
  5. Electrona
  6. Karna Mereka
  7. Shckthrpy (Shockterapy)
  8. Rebellion Rose
  9. Substar

Di sisi lain, yaitu mengenai target kunjungan, Ari Prabowo atau akrab disapa Popo mengungkapkan bahwa pihaknya mentargetkan sejumlah 3000 penonton. Ia sangat optimis dengan target itu, pasalnya Jogja sudah cukup memiliki pengalaman, ditambah lagi kapasitas gedung dan sound juga sudah sangat memadai.

“Sengaja kita memilih JEC, yang biasanya digunakan untuk konser pop atau dangdut. Kali ini kita geber dengan punk, hardcore, metal, dan rock. Apalagi legenda musik punk dipastikan hadir, yaitu Marjinal,” imbuh Popo.

Popo yang juga merupakan sosok direktur Java&Co ini melanjutkan penjelasannya bahwa konser akan dimulai pada pukul 13.00 hingga 22.00 WIB. Sementara untuk tiket bisa dipesan online melalui www.bangsapemberani.com. Mengenai harga tiketnya disediakan dua sistem ataupun jenis, yaitu untuk pembelian (sistem) presale dibandrol dengan harga Rp83.250,- yang diberlakukan tanggal 10 hingga 27 Juli 2022. Selain itu adala pula tiket pembelian di tempat alias on the spot, yaitu dipatok harga Rp100.000,-

Harapan dari digelarnya konser musik ini adalah, penonton tetap bisa tertib dan menerapkan protokol kesehatan, karena itu ada pula rencana, bahwa selain konser musik, penyelenggara juga bakal menggaet Polda DIY untuk mengadakan aksi sosial berupa vaksinasi booster Covid-19 untuk masyarakat. Vaksinasi diadakan pada pagi hari, sebelum konser dimulai. [uth]

4.8/5 - (5 votes)

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Utroq Trieha


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Leave a Reply

Your email address will not be published.