Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh yang Dibatalkan Oleh PT KAI DAOP 6 Yogyakarta Hingga 31 Mei 2020 Dilakukan Demi Mencegah Arus Mudik di Masa Lebaran

Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh yang Dibatalkan Oleh PT KAI DAOP 6 Yogyakarta Hingga 31 Mei 2020 Guna Mencegah Arus Mudik di Masa Lebaran


Diunggah oleh Haiki Murakabi pada tanggal 1 Mei 2020   (651 Readers)

Seperti yang dilakukan pada alat transportasi komersial lain baik darat, laut, pun udara, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta secara resmi juga melakukan penghentian operasional, sehingga terdapat banyak pembatalan dari keseluruhan perjalanannya, terutama untuk rute KAI jarak jauh dengan operasional seputar mudik lebaran.

Perjalanan Kereta Api jarak jauh yang dibatalkan operasionalnya itu antara dari arah barat yaitu Jakarta serta Bandung, sedangkan yang dari arah timur adalah rute dari Surabaya, Malang, dan Ketapang. Kedua arah tersebut operasionalnya dibatalkan hingga tanggal 31 Mei 2020.

Pembatalan dan pemberhentian operasional Kereta Api Indonesia (jarak-jauh) tersebut dilakukan sebagai langkah guna mendukung kebijakan sekaligus aturan pemerintah, yaiutu pelarangan mudik seiring perayaan lebaran 1441 H kepada masyarakat sehubungan dengan tindak pencegahan atas penyebaran dan penularan COVID-19.

Sebelum dilakukan pembatalan serta pemberhentian yang diagendakan berlangsung sammpai dengan tanggal 31 Mei 2020 tersebut, sejatinya pihak PT KAI (Persero) telah menerapkan pola pembatalan sementara perjalanan KA yang diberlakukan hingga 30 April 2020. Namun seiring dengan pola pembatalan sementara tersebut, dilakukan pula evaluasi berdasar perkembangan keadaan.

Baca juga:  Grup Musik 'Hutan Hujan' Kembali Merilis Single Terbaru dan Video Lirik "Hutan"

Hal tersebut sebagaimana dituturkan oleh Eko Budiyanto selaku PR Manager PT KAI Daop 6 Yogyakarta. Bahwa setelah dilakukan langkah evaluasi dan juga mengikuti perkembangan keadaan di lapangan, maka selanjutnya PT KAI memutuskan untuk memperpanjang pembatalan sementara kereta api jarak jauh hingga hari selepas perayaan lebaran, tepatnya pada tanggal 31 Mei 2020.

“Selain membatalkan perkalanan KA jarak jauh, terdapat juga pembatalan sementara KA Perintis Batara Kresna relasi Purwosari – Wonogiri (PP),” Eko menambahkan

Sebagaimana dikutip dari laman KAI, Eko Budiyanto juga mengimbau kepada masyarakat yang telah memiliki tiket perjalanan mudik agar segea membatalkan perjalanannya atau menjadwalkan ulang alias reschedule.

Seiring dengan perjalanan Kereta Api jarak jauh yang dibatalkan operasionalnya tersebut, pihak PT KAI memberikan refund sebesar 100% untuk tiket keberangkatan KA sampai dengan tanggal 4 Juni 2020. Proses pembatalan tersebut dapat dilakukan secara mandiri, yaitu melalui aplikasi KAI Access yang dapat diuduh melalui App Store pun Google Store di telepon genggam kita, atau bisa pula datang ke loket stasiun.

Baca juga:  Gelaran Havin Fun Tour X Fun As Tour

Proses pembatalan melalui aplikasi, ia dapat dilakukan maksimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan, selanjutnya jika berhasil uang akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian. Sementara untuk pembatalan yang dilakukan di loket stasiun, dapat dilakukan pada semua stasiun keberangkatan KA Jarak Jauh dan Lokal hingga maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan, yaitu dengan menunjukkan ID Card (KTP, SIM, Paspor), kode booking, selanjutnya uang akan langsung diganti secara tunai.

KA Lokal PRAMEKS (Prambanan Ekspres) Masih Beroperasi

KAI121Seturut dengan penghentian dan pembatalan operasional kereta-api jarak-jauh tersebut, khusus untuk PT KAI Daop 6 Yogyakarta sementara waktu hanya melayani perjalanan KA Prambanan Ekspres (Prameks) serta KA Angkutan Barang.

Baca juga:  Rilis Single "Insomnia Song", Gabriela Fernandez Beri Pesan 'Warga Insomnia' agar Bisa Tidur Cukup

Kereta Api Prameks (Prambanan Ekspress) yang masih beroperasi di masa mewabahnya virus COVID19 ini antara lain adalah 4 perjalanan relasi:

  • 4 Perjalanan Relasi Yogyakarta – Solo Balapan
    dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Yogyakarta;

    • Pukul 05.15 WIB
    • Pukul 08.20 WIB
    • Pukul 12.05 WIB
    • Pukul 15.55 WIB
  • 4 perjalanan relasi Solo Balapan – Yogyakarta
    dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan;

    • Pukul 06.35 WIB
    • Pukul 09.50 WIB
    • Pukul 14.20 WIB
    • Pukul 18.12 WIB

Untuk informasi dan keterangan lebih lanjut, baik mengenai rute perjalanan KA Prameks maupun keterangan perihal pembetalan serta pemberhentian operasional Kereta Api Jarak Jauh tersebut, dapat menghubungi Contact Center KAI 121, baik melalui pesawat telepon di nomor 021-121, juga melalui email di cs@kai.id, atau bisa pula menggunakan beberapa kanal sosial-media dengan akun @kai121. [hmk]

Pic-Source: IG @keretaapikita

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Haiki Murakabi


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *