Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Churi, Son of The River

Kelompok Teater Boneka dari Peru ‘TARBOL Teatro de Titeres’ Hadir di Program “BERSUA project” Rumah Papermoon Jogjakarta


Diunggah oleh Jaring Acara pada tanggal 6 November 2019   (150 Readers)

Pada awal bulan Oktober 2019 ini Kelompok Teater Boneka yang digawangi Ria bernama Papermoon Puppet Theatre kembali menghadirkan sebuah pertunjukan, namun pertunjukan itu bukan dari Papermoon sendiri, melainkan menghadirkan TARBOL Teatro de Titeres.

Dengan langkah Papermoon yang menghadirkan TARBOL Teatro de Titeres pada program “BERSUA Project”, sejatinya ini merupakan sajian yang sangat bisa memperkaya khasanah perteateran, khususnya ikhwal teater-boneka di Indonesia, khususnya di Yogyakarta. Pasalnya, masih sangat sedikit pelaku seni teater yang menggelutinya.

Gelaran teater boneka oleh TARBOL Teatro yang berasal dari Peru ini diberi judul “CHURI, SON OF THE RIVER”, agendanya bakal disajikan pada hari Jumat, 8 November 2019, pukul 16.00 WIB, dengan tempat berada di Rumah Papermoon yang beralamat di Pedukuhan Sembungan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Persembahan TARBOL Teatro de Titeres di Rumah Papermoon initerbuka untuk umum, baik dewasa pun anak-anak, pria pun wanita. Hanya saja tempatnya terbatas, dan dibutuhkan reservasi dengan mengisi donasi sebesar Rp50.000,-

Papermoon Puppet Theatre Sebagai Penggagas Pesta Boneka

Sebelum mengetahui lebih lanjut perihal sajian dari kelompok teater-boneka TARBOL Teatro, dapat diketahui bahwa Papermoon Puppet Theatre merupakan kelompok teater-boneka yang didirikan oleh Maria Tri Sulistyani (kemudian dikenal dengan nama Ria-Papermoon) pada medio-April 2006 di Yogyakarta.

Baca juga:  FKY 30 Ditutup dengan Apik

Selanjutnya, sejak didirikan tersebut Ria terus memelihara, mengembangkan, dan memperluas aktivitas berkeseniannya bersama-sama dengan Iwan Effendi yang merupakan Direktur Co-Artistic, seorang seniman visual, dan juga sebagai perancang boneka Papermoon. Dalam berkarya, Ria dan Iwan menggaet juga kawan-kawan yang berlaku sebagai dalang, ialah Anton Fajri, Pambo Priyojati, dan Beni Sanjaya.

Hingga tahun 2019 ini, setidaknya telah tercipta lebih dari 20 pertunjukan boneka dan instalasi serta pameran seni visual, yang kesemuanya itu juga telah digelar di lebih dari 10 negara. Papermoon Puppet Theatre  ini jugalah yang pada tahun 2008, menggagas sekaligus mengeksekusi sebuah helatan bertajuk “Pesta Boneka”. Yaitu satu gelaran-biennale boneka di Yogyakarta dengan taraf internasionalm di mana mereka dapat membagikan karya mereka dalam suasana komunitas.

Baca juga:  Inilah Nama-Nama Pemenang Sayembara Penulisan Naskah Teater Taman Budaya Yogyakarta Tahun 2019

Apa dan Siapa  TARBOL Teatro de Titeres itu?

Teater Boneka dari Peru 'TARBOL Teatro de Titeres' Hadirkan Churi, Son of The River di Rumah PapermoonMembahas ikhwal Papermoon yang menghadirkan TARBOL Teatro yang berasal dari Peru tersebut ini tentu kemudian akan ada rasa penasaran dan timbul pertanyaan ‘Apa dan Siapa TARBOL Teatro de Titeres itu?’

Sekilas tentang TARBOL Teatro de Titeres, ia adalah sebuah kelompok teater boneka dari Peru yang kali ini sedang melakukan perjalanan keliling Asia Tenggara dengan membawa pementasannya.

Sementara karya “Churi, Son of The River” yang disajikan oleh TARBOL Teatro de Titeres ini merupakan pertunjukan yang mempersembahkan satu cerita yang terkait ikhwal  perjalanan Churi, putra sang dewi air yang berkelana memenuhi rasa ingin tahunya, di mana kekayaan alam Amazon juga bakal dijadikan sebagai latar dari karya ini.

Baca juga:  Umbarmakbyarr Festival Kesenian Yogyakarta Dibuka oleh Sultan

Program BERSUA Project

Digelarnya pertunjukan “Churi, Son of The River” ini ada pada Program “BERSUA Project” yang merupakan bagian dari aktivitas Papermoon Puppet Theatre Yogyakarta yang dimulai pada tahun 2018 silam.

“BERSUA Project” tersebut adalah program yang memposisikan diri Papermoon Puppet Theatre sebagai tuan rumah bagi para seniman teater boneka, pasalnya tak sedikit para seniman tersebut yang ingin berbagi kepada penonton di Yogyakarta dan sekaligus berkehendak untuk menampilkan karya mereka. Tempatnya tak lain adalah di Rumah Papermoon, yang juga  merupakan studio kerja dari Papermoon Puppet Theatre Jogjakarta ini. []

Papermoon Puppet Theatre Mempersembahkan ‘BERSUA’ Project
Penampil Teater Boneka dari Peru ‘TARBOL Teatro de Titeres’
Judul Lakon Churi, Son of The River
Waktu Jumat 8 November 2019 | 16.00 WIB
Tempat Program BERSUA Project
Rumah Papermoon
d/a Sembungan, Bangunjiwo, Kasihan
Bantul, Yogyakarta
Reservasi Wa: 085244590003 (Beni)
Donasi Rp50.000,-

 

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Jaring Acara


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *