Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
JogjaROCKarta Tahun 2022

Festival Musik Rock JogjaROCKarta Tahun 2022 Berkonsep Rock on Jeep yang Agendanya Digelar di Lanud Gading Gunungkidul Bakal Beri Pengalaman Penonton Naik Jeep dari Tebing Breksi Daerah Istimewa Yogyakarta


Diunggah oleh Utroq Trieha pada tanggal 5 Maret 2022   (906 Readers)

Serupa dengan Prambanan Jazz festival, Jogjarockarta sejatinya adalah perhelatan musik yang digelar secara rutin setiap tahun, dan juga sama-sama dipromotori oleh Rajawali Indonesia. Namun di dua tahun terakhir, ada yang membedakan di antara keduanya. Bukan perihal sajian musik jazz dan musik rock perbedaan itu, akan tetapi mengenai rutinitasnya. Apabila Prambanan Jazz tetap digelar meski dengan berbagai cara, baik online pun hybrid, namun untuk JogjaROCKarta sempat vakum di tahun 2021 silam.

Membahas perihal helatan musik rock bernama Jogjarockarta tahun 2022 kali ini, mau tak mau kitapun musti berbicara tentang waktu dua tahun belakangan, ialah badai pandemi Covid-19 yang telah melanda seluruh negara, tidak terkecuali Indonesia. Dalam dua tahun tersebut, tak pelak JogjaROCKarta Rock Festival (JRF) sempat absen menyajikan festival musik rock berkelas internasional. Sebagaimana yang diketahui khalayak, JRF terakhir kali terselenggara adalah pada tanggal 1 Maret 2020, dengan tempat di area Stadion Kridosono Yogyakarta, yaitu dengan menampilkan band asal Indonesia dan mancanegara. Mulai dari Death Vomit, Kelompok Penerbang Roket, Navicula, Powerslaves, Godbless, The Hu, White Snake, hingga Scorpions dan Whitesnake.

JogjaROCKarta-2022

Berkaitan dengan gelaran Jogjarockarta tahun 2022 kali ini, pada hari Jumat 04 Maret 2022 pihak Rajawali Indonesia sebagai promotor gelaran musik rock ternama tersebut telah menyelenggarakan acara temu media yang bertempat di area Tebing Breksi Sleman Yogyakarta. Selain para awak media, hadir pula beberapa sosok sebagai nara-sumber pada acara press conference JogjaROCKarta ke-5 tahun 2022 tersebut, masing-masing adalah sebagai berikut;

  • Anas Syahrul Alimi selaku Founder Rajawali Indonesia & CEO JogjaROCKarta Festival
  • Bakkar Wibowo sebagai Co Founder JogjaROCkarta Festival
  • Ahmad Sobirin sebagai Project Manager JogjaROCKarta Festival #5 2022
  • Kenneth Destian Tali yang merupakan CEO Sermopheus (partner & sponsor)
  • Sofyan Hadi sebagai salah satu personil Death Vomit
  • Kholiq Widiyanto, ketua 2 Komunitas Jeep Shiva Plateau

Dipandu dan dimoderatori oleh Kiki Pea, dalam acara jumpa pers tersebut disampaikan bahwa menginjak di tahun 2022 kali ini, Rajawali Indonesia selaku promotor akan kembali menggelar JogjaROCKarta Festival yang agendanya direncanakan pada tanggal 24 dan 25 September 2022, dengan memilih tempat di Landasan Udara (Lanud) Gading Wonosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di edisinya yang ke lima ini, JRF mengusung konsep adaptif konser drive in “Rock on Jeep”. Karenanya, pihak promotor juga menggandeng komunitas-komunitas Jeep di Yogyakarta, di antaranya Shiva Plateau dan Asosiasi Jeep Wisata Kaliurang.

Anas Syahrul Alimi selaku Founder Rajawali Indonesia & CEO JogjaROCKarta Festival menyatakan hal terkait dengan persembahan musik rock yang dikolaborasikan dengan kendaraan jeep ini, bahwa konsep ini merupaka perwujudan dari adaptasi kebiasaan baru (new normal) dalam menonton dan menikmati konser secara offline, terutama festival musik rock, yang hingga saat ini masih belum memungkinkan untuk berkerumun secara utuh.

“Dengan konsep tersebut, nantinya para penonton JRF akan mendapatkan experience menaiki Jeep dari Tebing Breksi menuju Lanud Gading Wonosari untuk menikmati aksi panggung seluruh penampil JRF dari atas Jeep secara langsung hingga nantinya kembali lagi di Tebing Breksi,” tutur Anas Syahrul Alimi.

Harapan dari dilibatkannya komunitas Jeep kali ini adalah kemampuan dalam membangkitkan kembali semangat para pelaku wisata dan tentunya pengembangan ekosistem festival musik yang terkait. Hal ini tak lepas dari latar-belakang penggunaan Jeep –sebagai salah satu sarana wisata– yang sejak tahun 2020 hingga saat ini belum kembali bisa beraktivitas seutuhnya, itu semua tentu juga sebagai bagian dari dampak tersendatnya aktivitas wisata selama dua tahun belakangan.

JogjaROCKarta-2022-PressCon-Tebing-Breksi

Full Line Up Band Rock Indonesia

Masih dalam acaratemu media di Tebing Breksi, Bakkar Wibowo selaku Co Founder JogjaROCKarta Festival mengungkapkan bahwa ada sedikit perbedaan jika dibandingkan dengan penyelenggaraannya di tahun-tahun sebelumnya yang selalu menampilkan headliners mancanegara, maka untuk pertama kalinya pada gelaran Jogjarockarta tahun 2022 kali ini akan menampilkan band-band asal Indonesia sebagai headliners.

Mereka yang sudah dipastikan tampil dalam gelaran Jogjarockarta tahun 2022 kali ini antara lain adalah Burgerkill, Dead Squad, Superman is Dead, Serigala Malam, The Hydrant, Jamrud, Edane, Seringai, Death Vomit, Prison of Blues, Voice of Baceprot, dan masih banyak lagi lainnya.

Nantinya sejumlah band tersebut bakal tampil di main stage JogjaROCKarta Festival 2022. Selain itu, akan disajikan pula mini stage yang akan menampilkan band-band rock potensial asal Indonesia lainnya, yang akan diumumkan segera.

“JRF kali ini akan menampilkan sebagian besar band-band rock Indonesia yang pernah konser atau tour di luar negeri,” jelas Bakkar Wibowo.

Jeep on Presscon JogjaROCKarta Tahun 2022

Kali Kedua Berpindah Venue

Terekam dalam ingatan bahwa gelaran Jogjarockarta tahun 2022 pada tahun 2017 silam sempat mengalami perpindahan venue yang cukup mendadak, yaitu dari Stadion Kridosono ke Candi Prambanan. Meskipun hal itu batal, dan kembali lagi ke Stadion Kridosono, setidaknya fakta tersebut sudah tercatat dalam sejarah JRF.

Berdasark pengalaman tersebut, maka di tahun 2022 kali ini, untuk kali keduanya Jogjarockarta juga memutuskan untuk berpindah ke venue baru. Ialah Landasan Udara Gading Wonosari yang dipilih. Ia terletak kurang lebih 30 kilometer di sebelah tenggara Kota Yogyakarta.

Pemilihan venue baru Jogjarockarta tahun 2022 di area Landasan Udara Gading Wonosari menjadi sebentuk keinginan promotor–Rajawali Indonesia untuk mewujudkan experience baru yang hendak dipersembahkan bagi para penggemar musik cadas di seluruh nusantara, yang telah menantikan kehadiran JRF setelah dua tahun sempat absen karena terhalang pandemi.

Hal di atas seperti yang dituturkan oleh Ahmad Sobirin sebagai Project Manager JogjaROCKarta Festival #5 2022. Bahwa perpindahan venue pada JRF kali ini menjadi ide segar dengan memanfaatkan Landasan Udara Gading Wonosari. Ini artinya, JRF juga sedikit menepi dari hiruk-pikuknya Kota Yogyakarta. Lanud Gading Wonosari sendiri, merupakan Landasan Udara yang belum sepenuhnya beroperasi sehingga selagi masih dapat digunakan untuk pemanfaatan diluar penerbangan, pihak penyelenggara sangat antusias untuk menggelar JRF di Lanud Gading Wonosari.

“Hal ini tentu tidak menutup kemungkinan, bahwa akan banyak venue atau tempat potensial lainnya untuk JRF selanjutnya maupun event selanjutnya,” pungkas Ahmad Sobirin.

Jeep on Presscon JogjaROCKarta Tahun '22

JogjaROCKarta Festival NFT Sebagai Festival Rock Pertama Indonesia yang Mengusung Konsep NFT Tickets

Di lain sisi, yaitu dalam segi teknis ticketing, Kenneth Destian Tali yang merupakan CEO SerMorpheus juga mengungkapkan keterlibatannya dalam singgungan teknologi NFT di pertunjukan musik rock ini. Bahwa untuk kali pertama, di tahun 2022 kali ini JogjaROCKarta Festival memanfaatkan Non-Fungible Token (NFT) yang bernamakan “JogjaROCKarta Festival NFT” sebagai bentuk upaya JRF dalam mengikuti perkembangan teknologi NFT yang merupakan teknologi terbaru dalam hal kepemilikan aset digital.

Konsep yang bersandarkan pada teknologi blockchain ini membuka era baru untuk para artis dan musisi dalam pemanfaatannya salah satunya yang berkaitan dengan hak atas kekayaan intelektual. JogjaROCKarta Festival menjadi pioner dalam pemanfaatan teknologi NFT di ranah festival musik rock di Indonesia.

Selain berguna sebagai tiket untuk JogjaROCKarta Festival tahun 2022, akan ada 10 Rare NFT yang akan mempunyai benefit lifetime access ke JogjaROCKarta Festival. NFT Tickets JogjaROCKarta akan menjadi revolusi sistem membership, loyalty, dan pembentukan komunitas di dunia pecinta rock Indonesia.

“JogjaROCKarta Festival NFT dapat diakses dan dibeli melalui aplikasi SerMorpheus atau situs app.sermorpheus.com,” ujar Kenneth Destian Tali.

Jeep on Presscon JogjaROCKarta Tahun 2022 in Tebing Breksi

Program Goes to JogjaROCKarta Festival 2022

Sebagaimana yang dilakukan pada event Prambanan Jazz Festival, helatan JogjaROCKarta Festival tahun 2022 kali ini pun turut menghadirkan program ajang pencarian bakat aktivasi emerging band dan musisi rock baru di Indonesia, yang kemudian mereka yang terpilih itu bakal ikut ditampilkan di panggung besar JogjaROCKarta bersama headliners lainnya.

Aktivasi dalam program Goes to JogjaROCKarta Festival 2022 ini akan diselenggarakan bekerja sama dengan iKonser Channel, televisi yang khusus menayangkan segala hal mengenai konser musik. Harapannya, melalui program tersebut, JogjaROCKarta Festival turut menjadi wadah bagi musisi potensial untuk unjuk bakat sekaligus membantu memperkenalkan karya mereka lebih luas lagi. [uth]

4.9/5 - (9 votes)

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Utroq Trieha


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.