Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Jogja Noise Bombing Festival 2020

Jogja Noise Bombing Festival Tahun 2020 Mengusung Tema ‘Film Dokumenter’


Diunggah oleh Utroq Trieha pada tanggal 14 Januari 2020   (534 Readers)

Jogja Noise Bombing atau dikenal pula dengan akronim JNB adalah satu komunitas yang dapat dikatakan juga merupakan salah satu inisiator pertunjukan musik di kota gudeg, Yogyakarta, pada zaman yang sering disebut sebagai era post-modern ini. Melalui ragam aktivitas yang dilakukan para awak komunitas JNB, musik noise yang semula dikenal sebagai sesuatu yang bising dan mengganggu pendengaran, pada akhirnya kini mampu diolah menjadi sebuah seni pertunjukan.

Dari berbagai aktivitas para awak di Komunias JNB alias Jogja Noise Bombing tersebut, bahkan suara-suara berisik dalam ‘musik noise’ tersebut, kini juga menjadi satu fenomena musik yang mengundang perhatian, bukan saja sebatas dari masyarakat di dalam kota Yogjakarta, namun melalui aksi-aksinya, para penggemar musik dari luar Jogja juga mampu menikmati dan sekaligus mengapresiasinya.

Bukan tanpa alasan fenomena atas musik noise tersebut terjadi, antara lain karena JNB menawarkan suatu kultur alternatif baru bagi khalayak yang merasakan rindu akan pergerakan-pergerakan musik bawah tanah. Melalui permainan musik yang dipelajari secara otodidak, improvisasi bebas tanpa batas, beserta pemahaman teknis dari masing-masing alat dan sumber bunyinya, kesemuanya itu menjadi dasar ataupun acuan utama dalam membuat karya.

Baca juga:  Rhapsody of The Archipelago – Gamelan 4 (ROAR GAMA 4.0) Akan Digelar 29 - 30 November 2019 di UGM

Perihal aktivitas dari Jogja Noise Bombing ini sejatinya bukan saja hanya sebatas pada pertunjukan musik, namun para awak di sana sejatinya juga masih memiliki kegiatan lain yang menyertai. Di antaranya juga mencakup workshop, residensi, pameran, screening-film, dan tak ketinggalan adalah juga diskusi yang tentu saja terkait dengan ranah noise.

Anxiety live at Jogja Noise Bombing 2017. Picture by Dea Karina

Apa Jogja Noise Bombing Festival itu?

Jika Jogja Noise Bombing a.k.a JNB adalah komunitas yang aktif sebagai pelaku serta pegiat musik noise di kota Jogjakarta, kemudian apa Jogja Noise Bombing Festival itu?

Dari kalimat tanya di atas dapat dijawab bahwa Jogja Noise Bombing Festival adalah satu pertunjukan musik noise/eksperimental tahunan yang digagas oleh JNB. Tujuan dari acara-pertunjukan tersebut antara lain adalah guna mengenalkan kepada publik yang lebih luas tentang noise, distorsi, tools, performance, dan eksistensi noise-maker di Yogyakarta pada khususnya serta Indonesia pada umumnya. Tujuan lain dari Jogja Noise Bombing Festival adalah juga sebagai sarana guna memperluas jaringan pelaku dan penikmat musik noise, yang itu bukan hanya sebatas yang ada di Indonesia, namun juga yang berasal dari negara lain.

Baca juga:  Poster Resmi Jogja Volkswagen Festival 2019 Dibuat Seniman Muda Surakarta; Ardhyan Gecho

Kenyataan dari tujuan tersebut sejatinya juga telah terbukti, yaitu dengan banyaknya antusiasme khalayak yang hadir dari segala penjuru dunia, untuk kemudian menyaksikan pertunjukan ini setiap tahunnya.

The Jogja Noise Bombing family 2018. Photo by Sanne Krogh Groth

Sementara itu untuk agenda penampil pada Festival Musik NOise tahun 2020 di Jogjakarta ini bakal diikut-sertakan pula talent yang berasal dari manca-negara, antara lain dari Amerika, Belgia, Australia, Peru, Taiwan, Jepang, Italia, Korea Selatan, dan Singapura. Sedangkan penampil dari dalam negeri antara lain adalah dari Solo, Bali, Makassar, Samarinda, Malang, dan Gresik.

Nama Para Penampil Jogja Noise Bombing Festival 2020
01 Tzii Belgia
02 Catatonia Singapore
03 Aldo Achmad Solo
04 SitBQ Korea Selatan
05 Dea Karina Yogyakarta
06 Furchick Australia
07 Thorn The Beauty Gresik
08 LanSanese USA/Yogyakarta
09 Wei Wang Taiwan
10 Classism USA/Thailand
11 SAJJRA Peru
12 Cheng Yi Chong Taiwan
13 Makassar Noise Terror Makassar
14 PGR Italia
15 GRAEA Yogyakarta
16 Handoyo Purwowijoyo Yogyakarta

Ikhwal Festival Musik NOise tahun 2020 ini agendanya diselenggarakan selama 2 hari dengan tema utama berupa film dokumenter. Selain pertunjukan musik noise, digelar pula screening 4 film dokumenter yang mengusung tema “Jogja Noise Bombing” karya 2 sutradara asal Yogyakarta, serta satu dari London, dan satunya lagi sutradara yang berasal dari Australia.

Keseluruhan dari rangkaian acara “Jogja Noise Bombing Festival 2020” yang berlokasi di seputar area Malioboro,  Loops Station, dan area Pendhapa Art Space Yogyakarta ini digelar secara gratis dan terbuka untuk umum.

Masih dari rangkauan acara, sebelum festival berlangsung, beberapa performer juga bakal melakukan serangkaian pre tour event untuk mempromosikan festival ini ke Malaysia, Singapura, Jawa, dan kemudian berlanjut hingga ke Bali. [uth]

Baca juga:  Menyelami Suka-Duka Astrada Dalam Lokakarya JAFF Education di Jogja-NETPAC Asian Film Festival
Rangkaian Acara Jogja Noise Bombing Festival Tahun 2020
Tanggal Waktu Tempat Rangkaian-Acara
25 Januari 2020 15.00 – 18.00 WIB Area Seputar Malioboro Pertunjukan noise bombing jalanan
18.00 – 21.00 WIB Loops Station
Jl. Pangurakan no. 2 Jogja
(Selatan 0KM Yogyakarta)
Screening film dokumenter:
~ Noise is Serious Shit, sutradara Hilman Fathoni
~ Noizer, sutradara Christian Thomas Octaviano
~ Noise, sutradara Dan Jay Stockmann
~ Kebisingan Penyembuhan (Noise Healing), sutadara Andrew Hartwig
26 Januari 2020 16.00 – 22.00 WIB Pendhapa Art Space
Jl. Ring Road Selatan
Panggungharjo, Sewon
Bantul Yogyakarta
Pertunjukan musik Noise

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Utroq Trieha


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *