Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   

Ibadah Musikal 100 Hari Djaduk Ferianto Menjadi Cara Mengenang Almarhum dengan Rasa Bahagia


Diunggah oleh Utroq Trieha pada tanggal 7 Februari 2020   (1.502 Readers)

13 November 2019, sekira pukul 2:30 WIB, begawan seni dan budaya asal Yogyakarta yang juga putera bungsu dari Bagong Kussudiardja sekaligus adik dari Butet Kertaradjasa telah berpulang kembali ke pangkuan Sang Maha Kuasa. Sebagaimana dituturkan orang-orang terdekat, beberapa jam sebelumnya, di kawasan Jalan Munggur -Jogjakarta, bersama teman-teman lain beliau masih aktif dalam rapat persiapan helatan musik Ngayogjazz yang hendak digelar 16 November 2019, 3 hari setelah wafatnya. Dan sekira pukul 00:30 WIB malam itu, beliau pamit merasa tak enak badan, sehingga juga sempat request air minum.

Februari 2020 artinya telah menapaki 100 Hari Djaduk Ferianto pergi ketika menilik waktu berpulangnya beliau di tanggal 13 November 2019 tersebut. Karena itu, Kua Etnika menjadi garda terdepan yang mengagendakan gelaran mengenang sang begawan Djaduk Ferianto itu dengan rasa bahagia. Ibadah musikal itu sendiri tepatnya dihelat pada hari Selasa tanggal 25 Februari 2020, dengan mengambil tempat di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta.

Baca juga:  Bottlesmoker Berhasil Menjadi Headliner di Jai Thep Festival Thailand 2020

Kua Etnika yang merupakan grup musik bentukan Butet Kartaredjasa, Purwanto, dan tentu saja (alm) Djaduk Ferianto seolah merasa tak hendak melupakan begitu saja segala hal kebaikan yang pernah dilakukan oleh Djaduk. Ketika orang lain yang belum tentu bisa sebulan sekali bergaul dengan Djaduk saja bisa berkelakar ikhwal kebaikan yang beliau lakukan semasa hidup, apalagi dengan para personil Kua Etnika yang bisa dikatakan hampir setiap waktu selalu mem-bersama-i almarhum.

Sebut saja Mantan Menteri Agama di era Presiden Jokowi -Lukman Hakim Saifuddin, yang pada waktu sebelum dimakamkannya sang begawan juga mengungkapkan kepribadian Alm Djaduk Ferianto. Beliau sangat ingat dengan kalimat yang pernah diucapkan Djaduk sewaktu berpentas di kota Malang; “Atiku Ora Tekan, Mas!”

Tribute to Djaduk Ferianto -Pic IG Gusti Arirang | Ibadah Musikal 100 Hari Djaduk Ferianto Menjadi Cara Mengenang Almarhum dengan Rasa Bahagia

Dikisahkan oleh Lukman Hakim Saifuddin, bahwa ketika Djaduk bersama Kua Etnika manggung di Kota Malang tersebut, dari sebuah corong suara keluar lafal adzan dan kemudian disambung dengan nyanyian-puji-pujian. Saat mendengar suara Adzan itu, sontak Djaduk memberi komando ke teman-teman sesama musisi untuk berhenti sejenak. Selepas adzan usai, selanjutnya beberapa pejabat yang menghadiri pementasan Djaduk mempersilahkan untuk kembali melanjutkan pementasannya. Namun apa kata Djaduk ketika masih terdengar suara nyanyian-puji-pujian? Ya, kalimat “Atiku Ora Tekan, Mas!” itulah yang keluar dari mulutnya.

Baca juga:  Girl Group StarBe Siap Menjadi Bintang di Industri Hiburan Indonesia

Atas jasa kebaikan yang dilakukan almarhum tersebut, pada akhirnya didukung oleh Warta Jazz pula, gelaran Ibadah Musikal 100 Hari Djaduk Ferianto bakal diselenggarakan secara gratis dan terbuka untuk umum. Hanya saja memang diwajibkan melakukan pendaftaran mengingat tempat acara yang terbatas.

Mereka yang memandu kebahagiaan dalam Ibadah Musikal 100 Hari Djaduk Ferianto tersebut kenyataannya ada banyak, antara lain adalah sebagai berikut; Kua Etnika, Butet Kartaredjasa, Idang Rasjidi, Endah Laras, Syaharani, Soimah Pancawati, Ricad Hutapea, Teater Gandrik, Tricotado, Mucichoir -Jazz Mben Senen, dan Tashoora.

Baca juga:  A Series of Mini Exhibition at Helutrans Artspace Yogyakarta

Sementara sebagai pembawa acaranya adalah Alit Jabang Bayi serta Gundhissos. [uth]

Ibadah Musikal 100 Hari Djaduk Ferianto
Waktu Selasa, 25 Februari 2020 | 19:30 WIB
Tempat Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta
Jl. Sriwedani No.1, Ngupasan, Kec. Gondomanan
Kota Yogyakarta
Penampil Kua Etnika, Butet Kartaredjasa, Idang Rasjidi, Endah Laras, Syaharani, Soimah Pancawati, Ricad Hutapea, Teater Gandrik, Tricotado, Mucichoir -Jazz Mben Senen, Tashoora, Alit Jabang Bayi, serta Gundhissos
Contact Person & Pendaftaran 0895 0894 5005 (Desi)

Note: Pic Djaduk Feriato from IG Gusti Arirang

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Utroq Trieha


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *