Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Duo Exhibition Jonathan Bray and Herru Yoga

Hello! Sebagai Duo Exhibition Jonathan Bray and Herru Yoga


Diunggah oleh Utroq Trieha pada tanggal 16 Oktober 2019   (476 Readers)

‘Hello! Duo Exhibition Jonathan Bray and Herru Yoga’ merupakan helatan berujud pameran seni rupa yang di gagas oleh GAE Management, yaitu satu kolektif pengelolaan seni yang bekerja sama dengan Kantin Kurasi.

Kantin Kurasi yang acap bekerjasama dengan GAE Management sebagai penyelenggara “Duo Exhibition Jonathan Bray and Herru Yoga” ini sendiri, juga merupakan kolektif kerja dari Jurusan Tata Kelola Seni yang memiliki ketertarikan pada dunia kepenulisan dan kerja kurasi serta Snooge Art Work dibagian content dan dokumentasi.

Pameran seni rupa karya Jonathan Bray and Herru Yoga yang dikuratori oleh Kuss Indarto ini agendanya dibuka pada tanggal 18 Oktober 2019, pukul 19:00 WIB. Tempat pamerannya berada di ‘Awor Gallery and Coffee’ yang beralamat di Yap Square B11, Jl. C. Simanjuntak, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta.

Acara pembukaan dari pameran seni rupa karya Jonathan Bray and Herru Yoga tersebut dimeriahkan oleh penampilan “On Nassa-Sasando Ethnic Music“.

Ikhwal diselenggarakannya pameran ‘Hello! Duo Exhibition Jonathan Bray and Herru Yoga’ ini adalah sejak waktu pembukaan, yaitu 18 Oktober 2019, dan akan berakhir pada tanggal 01 November 2019, dengan waktu dari pukul 8:00 hingga 23:00 WIB. GRATIS!

J. Jonathan Bray yang merupakan seniman kelahiran Los Angeles serta Herru Yoga sebagai seniman yang berasal dari Sumatera Barat pada pameran bertajuk Hello! ini bakal menyajikan sebanyak delapan lukisan potret wajah yang semua itu berangkat dari kesamaan semangat berkarya seni antara mereka berdua. Ini bisa diartikan bahwa pameran ini merupakan tanda perkenalan dalam skema medan seni rupa.

Baca juga:  Guna Mendefinisikan Kembali 'Apa itu Sekaten', Keraton Yogyakarta Meniadakan Pasar Malam di Tahun 2019

Lukisan Wajah Karya JONATHAN BRAY

Jonathan Bray dalam karyanya melukis potret seseorang yang berasal dari imajinasinya. Ia ditampilkan sebagai dualism manusia atau dua sisi diri manusia.

Sementara Herru Yoga, meskipun ada satu potret wajah dari tokoh fiktif seperti “Gandalf the Grey”, namun ia dominan memilih objek potret dari tokoh nyata seperti “My dear Monet”. Selain itu, pria Minang ini juga melukis potret wajah tokoh dari suatu etnis seperti karyanya yang berjudul “Man From Papua”. Hal ini bisa disadari, karena karya-karya milik Herru Yoga memang banyak dipengaruhi oleh ketertarikanya pada sebuah permasalahan sosial-politik, kesetaraan gender, kemanusian –seperti karya “Sky Full of Stars”– dan diskriminasi rasial.

Baca juga:  Inilah Nama-Nama Penampil Sebagai Line Up Pada Helatan Ngayogjazz Tahun 2019

Dalam karya-karya Potret Ekspresionis ini, duo perupa ini berusaha mengomunikasikan makna atau pengalaman emosional yang mereka alami –dan dapatkan– untuk ditujukan kepada para penikmat karya seni mereka.

Profil Duo Exhibition Jonathan Bray and Herru Yoga

Herru Yoga sebagai salah satu seniman dalam Pameran Hello! ini merupakan sarjana sastra Perancis, yang setelah lulus  justru malah melanglang buana dalam dunia manajemen dan marketing di beberapa perusahaan. Namun pada akhirnya Herru Yoga justru menemukan dirinya ada pada garis-garis dan warna ekspresif yang ia torehkan di atas kanvas.

Baca juga:  Penutupan Pekan Seni Grafis Yogyakarta 2019 "Sampai Jumpa di PSGY 2021"

Lahir di Batusangkar -Sumatra Barat, ia sempat menempuh pendidikan Sastra Perancis di UNY (Universitas Negeri Yogyakarta), dan kini memiliki studio di Jl. Wirosaban, Puri Kuantan No B11, Yogyakarta.

Man From Papua - HERRU YOGA

Sementara Jonathan Bray adalah seniman yang berasal dari manca karena, yaitu terlahir di Los Angeles pada tahun 1983. Ia menempuk pendidikan di UC Davis pada tahun 2017 dengan gelar sarjana DKV.

Selanjutnya J. Jonathan Bray memilih untuk melanglang dan menetap di Indonesia pada tahun 2010, kemudian memfokuskan diri pada dunia seni. Seniman yang kini menetap dan bekerja di Jogjakarta ini pernah menggelar pameran di Amerika dan di Indonesia. []

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Utroq Trieha


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *