Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Helatan Show-One a.k.a Sowan oleh Rumah Pantomim Yogyakarta

Helatan Show-One a.k.a Sowan oleh Rumah Pantomim Yogyakarta Hadirkan Pantomimer asal Jepang -Naoki Nagai


Diunggah oleh Utroq Trieha pada tanggal 12 November 2019   (1.264 Readers)

Seni pantomim sering diidentikkan dengan dunia sunyi, hal tersebut terjadi karena pilihan bentuk ekspresi kesenianya yang mengandalkan mimik wajah dan gestur tubuh tanpa mengedepankan ucapan atau kata-kata.

Helatan Show-One a.k.a Sowan menjadi satu hal yang hendak dihadirkan guna menjawab ikhwal ‘sunyi’ yanng terbentuk pada persepsi pantomim tersebut. Pasalnya, pantomim yang masa lalunya pernah didominasi oleh dedengkot pantomim Indonesia, baik Jemek Supardi di Yogyakarta, pun Seno Utoyo dan Didi Petet yang malang melintang di Jakarta, pada kenyataannya di sepuluh tahun terakhir ini masanya telah bergeser dengan kondisi yang sedikit berbeda.

Ya, 10 tahun terakhir gairah pantomimer Indonesia mulai menggeliat, yaitu dengan keberanian dari para pelakudan pegiat seni pantomim itu untuk kemudian membentuk komunitas pantomim, bahkan ada yang berusaha tanpa komunitas. Ini artinya, di sepuluh tahun belakangan ini, generasi Jemek dan Seno mulai bermunculan. Yogyakarta dan Jakarta menjadi barometer geliat pantomim.

Bahkan di 5 tahun terakhir ini, atas usaha dan perjuangan dari Septian Dwi Cahyo di Jakarta, pantomim dijadikan sebagai salah satu cabang lomba pada perhelatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Sekolah Dasar. Hal tersebut tentu memberikan efek yang sangat positif, antara lain adalah tumbuhnya permintaan guru pantomim di setiap Sekolah Dasar -yang ingin siswanya mengukir prestasi di ajang tersebut.

Baca juga:  Pameran MAIRI oleh Kelompok Seni Rupa Udeido Menelisik Persoalan Papua

Dampak dari sisi positif di atas adalah menempatkan institusi pendidikan berbentuk Sekolah Dasar (SD) menjadi ajang berkarya bagi generasi muda pantomim. Hingga akhirnya dapat diketahui bahwa hampir semua pantomimer-senior di Yogyakarta berlaku sebagai guru ekstrakurikuler atau guru private di beberapa SD yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Ini dapat diartikan, bahwa ada fenomena yang sudah selayaknya bisa disambut dengan riang-gembira. Pasalnya, generasi muda muncul, yang kemudian bisa mendidik generasi belia. Di kondisi ini tentu regenerasi dapat berjalan dengan indahnya, sehingga mampu membuat haru semuanya, baik para orang-tua, institusi pendidikan, pun tak ketinggalan adalah para maestro pantomim itu sendiri.

Perhelatan Show-One a.k.a Sowan oleh Rumah Pantomim Yogyakarta

Helatan Pantomim Berjudul SOWAN (Show-One)

Rumah Pantomim Yogyakarta yang tentu saja memiliki home-base di Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan komunitas yang berisi para pegiat dan pelaku seni pantomim dengan asal dari berbagai komunitas. Mereka di antaranya adalah dari komunitas  ba(WA)yang, mime and shadow theatre, Bengkel Mime Theatre, Mal-Mime-Ja, Riza Mime Club, Gea Mime, Asita Mime, Broto Mime, Happydent Mime, Timur Mime.

Baca juga:  Seniman Asal Jepang 'Jun Kitazawa' Mengusung Angkringan dengan Konsep NOWHERE OASIS di Gelaran Biennale Jogja 2019

Dari berbagai komunitas pantomim yang ada di bawah payung Rumah Pantomim Yogyakarta tersebut pada akhirnya tergerak untuk menangkap situasi yang ada, yaitu dengan menyelenggarakan satu perhelatan seni-pantomim berjudul SOWAN -yang merupakan padanan dari kata Show-One.

Helatan Show-One a.k.a Sowan tersebut agendanyak bajal dipresentasikan pada tanggal 15 november 2019 mulai sekira pukul 15:00 hingga malam hari. Sedangkan lokasi pementasannya adalah di area IFI –Institut Francais Indonesia, sebuah tempat yang dahulu dikenal dengan nama LIP – Lembaga Indonesia Prancis.

Helatan Show-One a.k.a Sowan ini menjadi ajang guna menunjukkan kebolehan para pantomimer, khususnya di Yogyakarta dengan nomor-nomor pendek.

Pertunjukan pada helatan Show-One a.k.a Sowan ini bakal menampilakan karya-karya dari beberapa tokoh pantomim muda Yogyakarta, dengan durasi masing-masing 5 hingga 10 menit. Baik itu berupa karya tunggal ataupun karya grup kecil. Selain itu, pertunjukan ini juga mengundang tokoh pantomim dari luar Yogyakarta sebagai penampil tamu, yang antara lain adalah Naoki Nagai yang dihadirkan dari Jepang.

Pada helatan Show-One a.k.a Sowan tanggal 15 november 2019 ini rencananya terdapat dua program acara:

  1. Pertunjukan pertama | Sesi Sore;
    Sesi bocah – Pukul 15.00 – 17.00 WIB
    Berisi pertunjukan dari 5 SD (tunggal/kelompok) diakhiri dengan diskusi dengan penonton
  2. Pertunjukan kedua | Sesi Malam;
    Sesi dewasa – Pukul 19.00 WIB hingga selesai
    Dimulai dengan prosesi PISOWANAN, layaknya warga/rakyat yang berbondong-bondong menghadap raja/pimpinan untuk menunjukkan hasil panen (dalam hal ini karya pantomim) terbaiknya.
    Pertunjukan  kedua ini dilakukan oleh para pantomimer senior dan pantomimer tamu
Baca juga:  Keberlanjutan Jogja International Batik Biennale Didukung Presiden WCC

Demikian ikhwal gelaran pantomim Show-One a.k.a Sowan yang diselenggarakan oleh Rumah Pantomim Yogyakarta. Bagi Anda yang berkenan, sila agendakan untuk menikmati pertunjukan tersebut, dan karena acara ini GRATIS, namun dengan kapasitas tempat terbatas, maka mohon jangan lupa lakukan reservasi ke nomor WhatsApp: 0812-2800-2213

Untuk melakukan reservasi pada helatan Show-One a.k.a Sowan ini, mohon tuliskan dengan format sebagai berikut:

Nama Lengkap / Alamat Lengkap / nomer Handphone / Alamat e-mail / sesi (sore / malam). Kemudian sila dikirim ke WhatsApp dengan nomer 0812-2800-2213 [uth]

Helatan Show-One a.k.a Sowan oleh Rumah Pantomim Yogyakarta
Waktu 15 november 2019 | Mulai Pukul 15:00 WIB
Tempat IFI-LIP Yogyakarta – Institut Français Indonesia
Jl. Sagan No.3, Terban, Kec. Gondokusuman
Kota Yogyakarta
Bintang Tamu ~Naoki Nagai (Jepang)
Reservasi 0812-2800-2213

 

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Utroq Trieha


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *