Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
BCL di preskon Helatan Batik Music Festival

Helatan Batik Music Festival Sebagai Bentuk Sinergi BUMN; BRI dengan BRIZZI, GIA dengan GIAcoustic


Diunggah oleh Rika Purwaka pada tanggal 5 Oktober 2019   (190 Readers)

Batik Music Festival yang gelarannya diawali pada tahun 2019 ini adalah festival musik yang baru dan boleh dikatakan unik, pasalnya dalam helatan musik ini diwajibkan para pengunjung untuk mengenakan pakaian batik. Baik itu artis penampil, panitia penyelenggara, pun para penontonnya.

Helatan Batik Music Festival yang agendanya digelar tanggal 5 Oktober 2019 ini adalah satu festival yang diprakarsai oleh Rajawali Indonesia Communication dan juga mendapat dukungan dari sinergi natara beberapa BUMN di tanah air. BUMN tersebut antara lain adalah Jasa Raharja Putera, Bank BRI, Bank Tabungan Negara, Garuda Indonesia, Semen Indonesia, Jasa Marga, Pupuk Indonesia dan Pelindo III.

Selain nama-nama tersebut di atas, tak ketinggalan sebagai tuan rumahnya tentu saja Candi Prambanan yang tergabung dalam PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko.

GIAcoustic Batik Music Festival

Batik Music Festival Sebagai Upaya Pelestarian Batik oleh Bank BRI

Dari beberapa BUMN di atas, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk turut hadir  dalam gelaran BMF alias Batik Music Festival ini seiring dengan upayanya dalam melestarikan batik.

Pada perayaan Hari Batik Nasional tanggal 2 Oktober 2019, Bank BRI telah memperingatinya di beberapa lokasi, di antaranya yaitu yang bertempat di Istana Mangkunegaran, Surakarta bersama Presiden RI Joko Widodo. Dalam perayaan tersebut, Bank BRI juga melibatkan sejumah 10 pelaku UMKM batik yang merupakan anggota Rumah Kreatif BUMN (RKB) Solo dan RKB Yogyakarta.

Kemudian dukungan BRI pada karya batik itu diwujudkan seturut dengan diusungnya konsep unik pada Batik Music Festival sebagai pentas musik dengan persembahan tiga mahakarya dunia dalam satu momen. Ialah mahakarya Candi Prambanan sebagai World Heritage, mahakarya musik dunia, serta mahakarya batik sebagai salah satu warisan budaya yang telah diakui dunia melalui UNESCO.

Sebagaimana dikemukakan Dedi Juhaeni selaku Executive Vice President Bank BRI Yogyakarta, bahwa dukungan dari BRI ini sekaligus sebagai langkah memanjakan para nasabah setia BRI dan para penikmat musik di tanah air.

“Dukungan BRI terhadap event ini merupakan upaya untuk melestarikan batik sebagai intangible heritage sekaligus memanjakan para nasabah setia dan para penikmat musik di tanah air. Selain itu kami pun menargetkan para millenials dan generasi Z agar tertarik untuk menonton,”  tutur Dedi Juhaeni.

Baca juga:  Inilah Beberapa Program ARTJOG MMXIX Sebagai Festival Seni Rupa Kontemporer

GIAcoustic Helatan Batik Music FestivalSeiring dengan langkah memanjakan pelanggan serta penikmat musik tersebut, maka Bank BRI telah memberikan berbagai penawaran promo menarik bagi nasabah Bank BRI serta para penikmat musik di tanah air yang ingin mendapatkan tiket. Tiket gratis bahkan telah diberikan yaitu dengan cara redeem BRI Poin dari tabungan maupun BRI Point dari kartu kredit. Tak sebatas itu, tiket gratis juga dapat diperoleh hanya dengan Top Up Tabungan BRI BritAma.

Selanjutnya nasabah Bank BRI juga dapat melakukan pembelian tiket masuk menggunakan BRIZZI untuk mendapatkan diskon 30%. Bahkan para pelanggan BRI Prioritas SLP yang berada di wilayah Yogyakarta, Surakarta, dan Semarang, juga berhak memperoleh Tiket Super VVIP ataupun Diamond. Selain langkah-langkah di atas, masih banyak lagi penawaran menarik yang diberikan di Booth Bank BRI pada saat event berlangsung.

Masih dalam rangka memberikan dukungan pada helatan Batik Music Festival tahun 2019 ini, Bank BRI juga bekerja sama dengan Rajawali Indonesia selaku promotor utama, dan juga bersama dengan Co-promotor PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko, turut menghadirkan musisi kenamaan.

Line Up Artist untuk event ini merupakan penyanyi papan atas yaitu David Foster, Babyface, Katherine McPhee, Pia Toscano, Yuna, Nick Zaynor, Yovie Widianto, Raisa, Kahitna, Arsy, BCL, Marcel dan 5 Romeo.

Garuda Indonesia Airways Berikan Konsep Penerbangan GIAcoustic pada Batik Music Festival

Serupa dengan yang dilakukan Bank BRI dalam bersinergi pada helatan festival musik di area candi Prambanan, maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia Airways (GIA) juga melakukan hal sama. Wujud dukungan dari GIA ini adalah diadakannya penerbangan khusus bertajuk #GIAcoustic yang sekaligus menjadi pertanda pendaratan perdana Garuda Indonesia untuk pesawat “wide body” di Yogyakarta International Airport, Kulon Progo.

Persembahan penerbangan khusus #GIAcoustic oleh maskapai nasional GIA dalam mendukung Helatan Batik Music Festival itu dilakukan pada tanggal 4 Oktober 2019 sebagai pagelaran live music acoustic yang dihadirkan pada ketinggian 35 ribu kaki di pesawat.

Meski ini menjadi pendaratan perdana di YIA -Kulon Progo, namun ini telah menjadi kali ketiganya penerbangan #GIAcoustic. Yaitu dengan menghadirkan musisi Yovie Widianto dan personil Kahitna pada penerbangan khusus GA 2020 rute Jakarta – Kulon Progo, yang merupakan beberapa penampil yang akan mempersembahkan kepiawaiannya pada konser Batik Music Festival di Candi Prambanan tersebut.

Baca juga:  Lebih dari 100.000 Pengunjung Hadir Hingga Malam Penutupan ARTJOG 2019

Preskon Helatan Batik Music FestivalPenerbangan GA 2020 rute Jakarta – Kulon Progo pada #GIAcoustic berangkat dari Bandara Internasional Soekarno Hatta pukul 10 WIB dan dijadwalkan tiba di Yogyakarta International Airport (YIA), Kulon Progo pada pukul 11.20 WIB. Adapun penerbangan khusus tersebut dilayani dengan menggunakan armada Airbus A330-200.

Ari Askhara yang merupakan Direktur Utama Garuda Indonesia menuturkan bahwa konsep penerbangan bersama artis dan hiburan livecoustic di ketinggian 35 ribu kaki ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan Garuda Indonesia dalam memberikan pengalaman berbeda “The New Flight Experience” bagi pengguna jasa, khususnya bagi penikmat musik karya Yovie Widianto untuk dapat menikmati alunan musik pop romantis di pesawat, bersama Yovie Widianto dan personil Kahitna lainnya.

Harapannya, dari konsep penerbangan khusus tersebut bisa memenuhi keinginan para penikmat musik tanah air untuk dapat berinteraksi lebih dekat dengan para artis. GIAcoustic yang dilaksanakan untuk ketiga kalinya ini sekaligus memenuhi tingginya permintaan pengguna jasa akan hadirnya hiburan live acoustic music di penerbangan Garuda Indonesia setelah sebelumnya sukses menghadirkan penyanyi Andien, Tompi hingga Abdul Idol.

“Kami turut berbangga penerbangan #GIAcoustic untuk kali ketiga ini mendapatkan respon yang sangat baik. Hal ini terbukti dari tingkat keterisian penumpangnya yang fully booked”, ungkap Ari Askhara

Konsep GIAcoustic ini menjadi langkah konsistensinya GIA dalam menghadirkan inovasi dan pengalaman baru dalam layanan penerbangan. Dan melalui langkah yang dilakukan pada konsep #GIAcoustic bersama Yovie Widianto sebagai inisiatif untuk turut mendukung perhelatan konser Batik Music Festival yang digelar di Candi Prambanan ini menjadi nuansa kebanggaan atas kekayaan budaya nasional.

Baca juga:  Duo Spesial Ineke Vandoorn dan Marc Van Vugt Berkolaborasi dengan Purwanto -Kua Etnika di Tembi Rumah Budaya

“Adapun pada penerbangan kali ini kami hadirkan dengan nuansa keragaman budaya nasional yang direpresentasikan melalui seragam awak kabin yang mengenakan kebaya rancangan Anne Avantie, boarding pass yang didesain khusus dengan nuansa batik, hingga dress code penumpang yang sebagian besar mengenakan baju batik”, jelas Ari.

Di lain sisi musisi Yovie Widianto memaparkan bahwa GIAcoustic menjadi pengalaman tersendiri baginya selama ia berkarir.

“Selama 33 tahun berkarir di dunia musik ini merupakan pengalaman tersendiri bagi kami untuk live acoustic dipesawat. Kami turut berbangga bisa berkolaborasi dengan Garuda Indonesia untuk menghadirkan pengalaman baru tersebut bagi penikmat musik Indonesia”, ungkap Yovie.

Layanan live music akustik yang dilakukan pihak maskapai penerbangan nasional ini telah melalui serangkaian asesmen dalam memastikan aspek safety dan security yang tetap terjaga. Hal tersebut sejalan dengan komitmen maskapai dalam menghadirkan upaya peningkatan layanan yang sejalan dengan aspek ketaatan regulasi dan safety.

“Sejumlah penyempurnaan konsep gelaran live acoustic di pesawat ini juga telah kami lakukan untuk memastikan aspek kenyamanan penumpang tetap terjaga, baik dari fitur teknologi penunjang hingga konsep performance yang lebih interaktif”, Ari Askhara memungkasi penuturannya.

Kecuali menampilkan Yovie Widianto dan personil Kahitna lainnya, penerbangan dengan konsep GIAcoustic tersebut juga turut dihadiri penyanyi Bunga Citra Lestari serta group vokalis 5 Romeo.

Di samping konsep penerbangan GIAcoustic, dalam mendukung helatan Batik Music Festival tahun 2019 ini pihak Garuda Indonesia juga melakukan kemitraan kanal pembelian tiket online, yaitu melalui platform “GIAEvent”.

Dengan melalui “GIAevent”, para anggota GarudaMiles memiliki kesempatan untuk menukarkan point mulai dari 10,000 miles yang dimiliki dengan tiket konser Batik Music Festival. [rpw]

Pic-Source: Doc Batik Music Festival

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Rika Purwaka


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan