Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
galeri lorong yogyakarta

Galeri Lorong Yogyakarta Membuka Pendaftaran Sekolah Menulis dan Penelitian Seni Rupa!


Diunggah oleh Utroq Trieha pada tanggal 17 Maret 2020   (342 Readers)

Galeri Lorong adalah salah satu galeri seni yang lokasinya ada di Jalan Nitiprayan, Ds Jeblok RT 01 Dukuh 3, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Ialah satu galeri yang diarahkan sebagai ruang aktivitas multilayer, yang memfasilitasi seniman dan dunia kreatif dari berbagai disiplin dan generasi, serta berupaya untuk menjembatani atau menghubungkan berbagai bentuk kerja seni dan kreativitas yang beragam.

Galeri Lorong tidak berkepentingan untuk sekadar menjadi ruang pajang-memajang karya, melainkan juga sebagai ruang percakapan kritis mengenai isu-isu seni dan kebudayaan. Secara khusus, Galeri Lorong bekerja melalui jendela seni kerajinan atau craft, baik dalam aktivitas pameran maupun pengkajiannya.

Dalam lokus kerjanya, Lorong yang ruang galerinya pada setiap hari Mingu dan Senin menjadwalkan tutup dan tak bisa dikunjungi ini menempatkan craft sebagai teks–yang terbuka untuk dieksplorasi atau dibicarakan oleh siapapun. Artinya, craft sebaga bagian dari seni tidak hanya ditampilkan sebatas pada berbagai bentuk medium maupun materialnya, tetapi juga dikaji, diteliti, dibicarakan, dan ditafsirkan ulang. Galeri Lorong berusaha untuk menarik craft ke dalam semesta pembicaraan yang lebih luas, dengan menilik pada praktik maupun wacana yang selama ini masih jarang disentuh dalam medan seni rupa kiwari Indonesia.

Baca juga:  Musikalisasi Sastra Jentera Sebagai Persembahan Sastra Melalui Pertunjukan Rupa Nada dan Irama

Galeri Lorong Yogyakarta Membuka Pendaftaran Sekolah Menulis dan Penelitian Seni Rupa!

Galeri Lorong menempatkan craft sebagai laku kolaborasi. Ia bukan sekadar identifikasi atas bentuk artistik tertentu, atau bentuk-bentuk karya dengan material tertentu, melainkan pada relasi antar-manusia dalam proses pengerjaannya. Dengan kata lain, Galeri Lorong senantiasa mendorong praktik seni yang bertumpu pada proses kerja dan eksplorasi isu bersama.

Seiring dengan berjalannya waktu serta rutinnya aktivitas, dan juga guna memperkaya khazanah dunia seni –khususnya seni ripa, maka pada akhir triwulan pertama 2020 ini, Galeri Lorong membuka kesempatan kepada Anda yang usianya ada di bawah 30 tahun untuk mengikuti sekolah menulis dan penelitian seni rupa.

Program sekolah menulis dan penelitian seni rupa ini akan berlangsung selama satu tahun dan menawarkan 16 materi pokok maupun suplemen. Selain materi kepenulisan, setiap peserta juga akan dibekali berbagai jenis materi, di antaranya adalah tentang teori, kritik, dan kurasi seni rupa, teori-teori sosial-humaniora, dan metodologi penelitian seni.

Baca juga:  Iksan Skuter Merayakan Perilisan Buku Antalogi Lirik Berjudul 'Bingung'

Secara garis besar, bahan-bahan ajar dalam program sekolah menulis dan penelitian seni rupa ini dibagi menjadi tiga bagian, di mana setiap bagian dilangsungkan secara intensif selama satu atau dua minggu. Setelah menuntaskan satu bagian, akan ada masa jeda. Masa jeda ini diisi dengan proses pendampingan, baik untuk kepentingan kepenulisan maupun pendalaman materi.

Bagaimana Cara Mendaftar di Sekolah Menulis dan Penelitian Seni Rupa Galeri Lorong?

Guna mengikuti program sekolah menulis dan penelitian seni rupa di Galeri Lorong Nitiprayan Jogjakarta ini, mekipun gratis dan tak berbayar, namun tetap ada beberapa syarat serta ketentuan yang harus dipenuhi, yaitu sebagaimana terpaparkan di bawah ini.

Baca juga:  Belajar Berpuisi dengan Metode Diagram Pohon Bersama Joko Pinurbo di JOGLITFEST

Pedoman Pendaftaran

  1. 8 – 10 orang pelamar terpilih akan berpatisipasi di dalam program Sekolah Menulis dan Penelitian Seni Galeri Lorong
  2. Setiap pelamar diharuskan untuk mengirimkan ringkasan riwayat hidup atau biodata singkat dan deskripsi proyeksi keinginan (alasan, harapan, dan rencana setelah mengikuti program) yang ditulis tidak kurang dari 300 kata
  3. Berkas tersebut dikirimkan melalui email dengan alamat surel adalah galerilorong@gmail.com dengan Subyek: Nama Peserta – Pendaftaran Sekolah Menulis
  4. Batas waktu pendaftaran adalah pada tanggal 30 Maret 2020

Syarat dan Ketentuan Selama Mengikuti Program

  1. Peserta tidak dipungut biaya
  2. Peserta berdomisili di Yogyakarta
  3. Berusia tidak lebih dari 30 tahun pada bulan Desember 2020
  4. Bersedia mengikuti seluruh rangkaian kegiatan

Demikian ikhwal program sekolah menulis dan penelitian seni rupa yang diselenggarakan oleh Galeri Lorong Yogyakarta. Mengenai keterangan lebih lanjut, sila dapat menghubungi narahubung di nomor 088 3867 9022 85, atas nama Aan. [uth]

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Utroq Trieha


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *