Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Program Pameran Galeri Lorong Bertajuk KAYU: Material dan Jejak Narasi

Galeri Lorong Jogjakarta Hadirkan Program Pameran Bertajuk KAYU: Material dan Jejak Narasi


Diunggah oleh Jaring Acara pada tanggal 9 April 2020   (774 Readers)

Galeri Lorong adalah salah satu galeri seni yang berlokasi di Jalan Nitiprayan, Ds Jeblok RT 01 Dukuh 3, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Ialah satu galeri yang diarahkan sebagai ruang aktivitas multilayer, yang memfasilitasi seniman dan dunia kreatif dari berbagai disiplin dan generasi, serta berupaya untuk menjembatani atau menghubungkan berbagai bentuk kerja seni dan kreativitas yang beragam.

Beberapa program pameran memang acap digelar di Galeri Lorong. Namun ia bukan saja hadir dengan kepentingan untuk sekadar menjadi ruang pajang-memajang karya. Lebih dari itu, Galeri Lorong ada juga dengan fungsi sebagai ruang percakapan kritis mengenai isu-isu seni dan kebudayaan. Secara khusus, Galeri Lorong bekerja melalui jendela seni kerajinan atau craft, baik dalam aktivitas pameran maupun pengkajiannya.

Dalam lokus kerjanya, Lorong yang ruang galerinya pada setiap hari Mingu dan Senin menjadwalkan tutup dan tak bisa dikunjungi ini menempatkan craft sebagai teks–yang terbuka untuk dieksplorasi atau dibicarakan oleh siapapun. Artinya, craft sebaga bagian dari seni tidak hanya ditampilkan sebatas pada berbagai bentuk medium maupun materialnya, tetapi juga dikaji, diteliti, dibicarakan, dan ditafsirkan ulang. Galeri Lorong berusaha untuk menarik craft ke dalam semesta pembicaraan yang lebih luas, dengan menilik pada praktik maupun wacana yang selama ini masih jarang disentuh dalam medan seni rupa kiwari Indonesia.

Baca juga:  Dari Jogja Cross Culture 2019 Menuju Kota Budaya Dunia

Program Pameran KAYU: Material dan Jejak Narasi di Galeri Lorong

Galeri Lorong menempatkan craft sebagai laku kolaborasi. Ia bukan sekadar identifikasi atas bentuk artistik tertentu, atau bentuk-bentuk karya dengan material tertentu, melainkan pada relasi antar-manusia dalam proses pengerjaannya. Dengan kata lain, Galeri Lorong senantiasa mendorong praktik seni yang bertumpu pada proses kerja dan eksplorasi isu bersama.

Tanpa pernah menduga perihal datang dan mewabahnya virus Corona -COVID_19, sejatinya pada awal bulan April 2020 Galeri Lorong telah memiliki satu program pameran yang diberi tajuk “KAYU: Material dan Jejak Narasi”. Ialah sebuah program pameran dengan menghadirkan dua seniman yang bernama Octo Cornelius dan Wisnu Ajitama, untuk kemudian mereka bekerja dengan medium kayu dan/atau kayu-olahan bekas.

Baca juga:  SD Tumbuh 2 Yogyakarta Persembahkan Drama Musikal 'Kargo' Sebagai Aksi Nyata Penyelamatan Hutan dan Habitat Hewan

Rangkaian program pameran dari dua seniman ‘Octo Cornelius dan Wisnu Ajitama’ ini sendiri sejatinya juga telah berjalan sebelum COVID19 merebak di Indonesia, yaitu sejak bulan Februari 2020 silam, yaitu dalam bentuk Open Studio. Selama sebulan lebih, kedua seniman tersebut menjadikan Galeri Lorong sebagai studio kerjanya, mengulik kemungkinan-kemungkinan yang bisa dilakukan dalam menangani kayu dan mengembangkan metode artistik mereka. Karena itu, hasil kerja artistik mereka selama sebulan itu dapat dilihat di dalam program pameran bertajuk “KAYU: Material dan Jejak Narasi” ini.

Demi menghindari penyebaran Covid-19, pada perjalanannya program pameran ini tidak dibuka seperti biasanya. Hanya saja khalayak tetap masih dapat menikmati karya-karya dari kedua seniman tersebut, namun melalui media secara daring alias online.

Karya-karya dua seniman tersebut ditampilkan secara online, baik perihal dokumentasi proses-kerjanya, juga tentang karya-karya yang ditampilkan, serta hasil wawancara seniman sekaligu kurator pameran. Sedangkan medianya menggunakan akun-akun media sosial milik Galeri Lorong.

Baca juga:  Inilah 15 dari 30 Nama Kelompok Seni dan Seniman Indonesia di Biennale Jogja XV EQUATOR #5 2019 [Part 1]

Untuk mengetahui agenda dan jadwal penayangan dalam menikmati program pameran bertajuk “KAYU: Material dan Jejak Narasi” tersebut, khalayak dapat langsung mengikuti media-sosial yang dikelola secara resmi oleh Galeri Lorong, salah satunya adalah Instagram.

Selain secara online, program pameran bertajuk “KAYU: Material dan Jejak Narasi” ini juga masih sangat bisa dinikmati secara langsung, akan tetapi ‘by appointment’ alias dengan melakukan perjanjian terlebih dahulu, dan tentunya juga harus sesuai standard protokoler-kesehatan seiring dengan mewabahnya virus corona ini.

Pameran tersebut agendanya berlangsung dari tanggal 4 April 2020, dan akan berakhir pada tanggal 2 Mei 2020. Untuk keterangan lebih lanjut, bisa mengubungi melalui akun sosial media Galeri Lorong, dan atau kontak narahubung di nomor +61 822 3516 4986 atas nama Mara. []

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Jaring Acara


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *