Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Konferensi Pertunjukan & Teater Indonesia

FKY 2020 Mendukung Konferensi Pertunjukan dan Teater Indonesia


Diunggah oleh Rika Purwaka pada tanggal 11 September 2020   (314 Readers)

Konferensi Pertunjukan dan Teater Indonesia 2020 agendanya dilangsungkan dalam beberapa kali, yaitu pada tanggal 10, 17, 23 dan 24 September 2020, sementara venue berada di area dunia virtual pasalnya ia dilangsungkan dalam format daring, yaitu melalui kanal zoom.

Konferensi Pertunjukan dan Teater Indonesia ini merupakan konferensi akademik tahunan di bidang pertunjukan dan teater, yaitu merupakan salah satu fasilitas yang absen dalam konteks penyebaran produksi pengetahuan di Indonesia. Konferensi tahunan ini, bagi para akademisi dan praktisi sangat memberikan manfaat, yaitu guna membantu mereka berbagi berkonfrontasi, mengelaborasi dan menyerap pengetahuan terbaru.

Baca juga:  Gelaran TEDx Mlati Women di Yogyakarta Hadirkan Para Pembicara yang Progresif Merepresentasikan Perjuangan Perempuan dan Minoritas

Selain itu, dengan Konferensi Pertunjukan dan Teater Indonesia yang sifatnya akademik ini juga dapat menjembatani keterbatasan bahasa inggris bagi sebagian kalangan akademisi seni dan praktisi dalam memahami perkembangan teori dan praktik yang mutakhir.

Konferensi Pertunjukan dan Teater IndonesiaDi situasi seperti saat sekarang ini, konferensi teater berlangsung sporadis, dan timbul tenggelam. Karenanya, bisa dikatakan ia juga tidak terprogram dan untuk berkembang, membesar dan membantu kita menyentuh peran-peran dasar seperti yang disebutkan tadi. Berlatar belakang seperti itu, dalam konteks ini, Konferensi Pertunjukan dan Teater Indonesia bermaksud mempertemukan utamanya akademisi dan praktisi/seniman, serta pertunjukan dan teater mutakhir di Indonesia, secara terprogram dan terjadwal tiap tahun (dengan proyek rintisan tiga tahun).

Baca juga:  Inilah Para Kurator Biennale Jogja XV Equator #5

Konferensi Pertunjukan dan Teater Indonesia agendanya bakal menampilkan 14 penelitian yang itu bisa dihadirkan baik dari kalangan akademisi di pendidikan seni maupun non seni, praktisi, peneliti independen dan kurator, termasuk di dalamnya adalah 2 penerima hibah konferensi penelitian 2020 dengan beberapa tema seperti sejarah, lokalitas, keterhubungan dengan tradisi, penonton dan teknologi.

Dukungan secara nyata dari Festival Kebudayaan Yogyakarta di tahun 2020 kali ini adalah, bahwa pada tanggal 23 September 2020,sekira pukul 18.00 WIB, FKY 2020 akan menayangkan rekaman pembukaan konferensi pada sesi keynote lewat perbincangan narasumber Joned Suryatmoko selaku Direktur Konferensi Pertunjukan dan Teater, Dr. Lono Simatupang dari Universitas Gadjah Mada, Ugoran Prasad (The Graduate Center – City University of New York/Garasi Performance Institute), Silvi A. Purba sebagai Pengajar Jurusan Teater, ISI Yogyakarta, dan Juru Bahasa tentang perkembangan dan masa depan pertemuan kajian teater dan kajian pertunjukan di Indonesia dilihat dari dua puluh tahun terakhir. [rpw]

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Rika Purwaka


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *