Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Festival Teater Remaja Nusantara Kembali Digelar di ISI Yogyakarta

Festival Teater Remaja Nusantara Kembali Digelar di Kampus ISI Yogyakarta


Diunggah oleh Jaring Acara pada tanggal 16 September 2019   34

Festival Teater Remaja Nusantara ke-4 yang selanjutnya disebut juga dengan istilah FTRN#4 telah dimulai dengan acara pembukaan pada tanggal 15 September 2019 yang berlokasi di Auditorium Jurusan Teater, Fakultas Seni Pertunjukan, ISI Yogyakarta.

Event Festival Teater Remaja Nusantara ke-4 tersebut menjadi kegiatan sangat positif bagi mereka yang sedang berada di usia remaja sebagai bagian dari bekal melanjutkan perjalanan ke depannya. Pasalnya, tak bisa dielakkan lagi bahwa masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Di mana pada masa ini, remaja masuk pada tahapan mempelajari nilai-nilai yang ada di masyarakat dan kemudian juga mulai bertanggung jawab atas segala laku dan pikirannya.

Dengan latar belakang mempelajari kemudian berlanjut mempraktekkan langsung tengah-tengah masyarakat tersebut, maka ada kecenderungan remaja menjadi sangat mudah dipengaruhi oleh lingkungan. Karenanya, Himpunan Mahasiswa Jurusan Teater atau HMJ Teater memberikan ruang untuk remaja mengekspresikan kegelisahan remaja saat ini yang dikemas dengan pertunjukan teater, yaitu dengan adanya Festival Teater Remaja Nusantara.

Baca juga:  JOGLITFEST 2019 Gelar Workshop Bincang Sastra Milenial untuk Regenerasi Sastra Jawa dan Sastra Indonesia

Festival Teater ini dilaksanakan dengan durasi selama dua tahun satu kali helatan, dan telah berlangsung sejak 2013. Artinya, di tahun 2019, helatan untuk remaja ini telah menapaki untuk kali ke empatnya. Dari helatan FTRN #4 yang telah dilakukan selama tiga kali sebelumnya, terbukti kegiatan ini telah diikuti oleh berbagai sekolah menengah sederajat dari sleuruh nusantara. Baik itu SMA, SMK, MA, pun lembaga pendidikan sederajat.

Tema Festival Teater Remaja Nusantara

Teater pada jaman dahulu hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu, pergesaran dan gesekan yang terus terjadi sampai saat ini membuat teater bisa dengan mudah dinikmati oleh siapa saja. Karenanya, harapan dari disediakannya ruang ini, ke depan selain dapat dinikmati oleh siapa saja, dari helatan ini juga mampu melahirkan generasi-generasi perteateran yang berkualitas.

Baca juga:  Universitas Negeri Makassar Helat Kompetisi Tahunan Matematika

Festival Teater Remaja Nusantara Kembali Digelar di ISI YogyakartaFestival Teater Remaja Nusantara tahun 2019 ini mengusung tajuk ‘Muara komUNIKasi’ yang sekaligus menjadi harapan dari panitia.

Dari tema di atas selanjutnya ada yang hendak dituju, bahwa dari Festival Teater Remaja Nusantara 2019 bisa dijadikan sebagai tempat agar kita bisa melihat dan menemukan apa yang diinginkan dan butuhkan, dengan berinteraksi dan saling bertukar pikiran untuk perubahan dalam kesenian, khusunya teater itu sendiri.

Sementara untuk maskot pada FTRN #4 2019 adalah Burung Garuda sebagai lambang Ksatria Muda. Menjadikan Jurusan Teater Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Yogyakarta sebagai muara atau sumber untuk berkomunikasi dengan berbagai remaja yang tersebar di seluruh Indonesia merupakan hal yang unik, karena menyatukan seluruh budaya dan ras yang ada di Indonesia.

Baca juga:  Sayembara Hadiah Sastra Terjemahan Mastera 2019

Rangkaian kegiatan dan acara dalam Festival Teater Remaja Nusantara #4 tidak hanya sebatas pertunjukan teater realis pada panggung proscenium saja, melainkan ada panggung hiburan yang menyajikan pertunjukan tari, musik dan lain-lainnya.

FESTIVAL TEATER REMAJA NUSANTARA IV
Pembukaan 15 September 2019
Mulai pukul 18.00 WIB
Dibuka oleh Rektor ISI Yogyakarta
Penyelenggaraan 15 – 21 September 2019
Mulai pukul 14.00 WIB hingga selesai
Tempat Concert Hall ISI Yogyakarta
Auditorium Jurusan Teater
Fakultas Seni Pertunjukan – ISI Yogyakarta
Jl. Parangtritis, Km 6,5 Sewon, Bantul, D.I Yogyakarta, Indonesia
Nara Hubung Grace Meliala
Mobile: +62 896 1496 9391
Email : ftrn.info@gmail.com

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Jaring Acara


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *