Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Festival Melupakan Mantan 2020

Mendewasakan Diri di Festival Melupakan Mantan 13 Februari 2020 yang Mengangkat Tema ‘Mentas’


Diunggah oleh Haiki Murakabi pada tanggal 4 Februari 2020   (354 Readers)

Festival Melupakan Mantan merupakan helatan rutin tahunan di Yogyakarta yang sejatinya diadakan setiap tanggal 13 Februari. Hanya saja, memang merupakan komitmen sejak awal gelaran, bahwa di tahun 2019 silam, event ini sepakat ditiadakan oleh panitia yang tak lain adalah Kelompok M.K.A.J alias Kelompok Manggala Karya Ambuka Jagad.

Festival Melupakan Mantan, sedari awal digelar mengusung konsep dasar dengan mengadopsi konsep budaya larung (Larungan) yang dikenal luas oleh masyarakat Jawa, yaitu membuang energi negatif yang disimbolkan dalam benda-benda dengan maksud menumbuhkan energi positif.

Konsep tersebut secara kekinian tetap diangkat seiring penyelenggaraan Festival Melupakan Mantan ini, yaitu bahwa simbol masa kini diangkat dengan perwujudan membawa donasi berupa barang-barang peninggalan dari sang mantan.

Ya, perjalanan cinta pasangan muda mudi tidak selalu bahagia, ada kalanya dinamika ini memisahkan pasangan yang terlibat dalam kisah cinta. Bagi banyak orang, peristiwa ini tidak jarang menjadi kisah sedih yang harus dilalui sebagai bagian dari proses mendewasakan diri.

Festival Melupakan Mantan 13 Februari 2020

Pengalaman proses hidup dengan lekuk-liku perjalanannya, termasuk moment dan eksotisme perjalanan cinta tersebut, kemudian direspon oleh kelompok MKAJ melalui lokalitas budaya yang disampaikan melalui pertunjukan bertajuk Festival Melupakan Mantan, atau disingkat pula dengan akronim FMM.

Baca juga:  Lebarannya Skuteris Hadir di Indonesian Scooter Festival Jogja Expo Center 21-22 September 2019

FMM ini digelar secara konsisten setiap tanggal 13 Februari, di mana dalam setiap penyelenggaraannya ia didasarkan pada usaha membangun semangat festival tradisi yang erat kaitannya dengan ungkapan syukur, doa serta relasi antarmanusia dalam kemasan sebuah festival modern yang selama ini sarat kompetisi dan ekspresi. Hal-hal ini diwujudkan dalam sebuah pertunjukan melalui bentuk sharing, interaksi karya, dan lain sebagainya, yang melibatkan baik penampil maupun penonton.

 

Untuk fase pertama pada helatan Festival Melupakan Mantan ini telah selesai dilakukan, tepatnya pada tahun 2018 silam. Sehingga, satu tahun berikutnya, yaitu di tahun 2019, menjadi waktu jeda hiatusnya FMM ini. Perjalanan fase pertama dibalik layar perjalanan cinta muda-mudi sudah disampaikan melalui 4 tema berturut turut.

Empat tema yang diusung pada fase pertama FMM itu antara lain adalah:

  • Membuka Dunia (2015)
  • Perkenalan (2016)
  • Kepergian (2017)
  • Mengikhlaskan (2018)
Baca juga:  Sastra FKY 30 Semelah-Semeleh : Bicarakan Dinamika Sastra Daerah dan Nasional

Selanjutnya di fase kedua yang di mulai pada tahun 2020 ini, Festival Melupakan Mantan membawa tema ‘MENTAS’

Bem Andry -Festival Melupakan Mantan 13 Februari 2020

Tema Mentas di FMM tahun 2020 ini dimaknai sebagai kemampuan dan kemauan untuk dapat bangkit ataupun berdiri sendiri. Berdiri sendiri di sini bukan lantas bisa diartikan sebagai bertindak egois, namun ia memiliki arti sebagai sikap mandiri. Lain dari itu, mentas juga bisa diartikan sebagai melakukan kegiatan pementasan.

Festival Melupakan Mantan 2020 diagendakan bakal menampilkan beberapa wahana seni yang menonjolkan interaksi dengan pengunjungnya melalui; Seni Rupa, Pantomim, Puisi, Musik, dan tak lupa adalah bincang-bincang alias sharing bersama dengan para pengunjung yang datang.

Terkait dengan pementasan alias pemanggungan, dipandu oleh Putri Manjo dan Kukuh P, ada beberapa bintang tamu yang bakal dihadirkan pada acara ini. Di antara para bintang tamu tersebut adalah Candra, Bemandry, Tiki-Taka, Irta, Geamime, Pantomime Box, Anonimime, Jenar Kidjing, Maharani Khan Jade. Selain bintang tamu lokal tersebut, akan turut hadir meramaikan adalah Marsha Timothy, Iedil Dzuhrie Alaudin, Dea Panendra, dan juga Reza Rahardian.

Baca juga:  Tiket Terusan 'Sahabat Hanoman' untuk Jogja-Netpac Asian Film Festival 2019 Seharga Rp 300.000,-

Festival Melupakan Mantan 13 Februari 2020 -Reza Rahardian

 

Hal yang tidak pernah hilang dari gelaran Festival Melupakan Mantan, dan tetap ada di tahun 2020 ini adalah membawa ‘donasi barang peninggalan mantan‘ serta ‘ritual doa melupakan mantan‘. Dua hal tersebut menjadi simbol ‘mengihklaskan masa lalu untuk menatap masa depan‘.

Beberapa konten baru yang melibatkan pengunjung juga akan dihadirkan dalam Festival Melupakan Mantan tahun 2020 ini, diantaranya; Kado Silang, Melukis Instalasi, dan masih banyak yang lainnya. Sementara pesan yang dibawa dari acara Festival Melupakan Mantan ini agar semua kembali dapat menumbuhkan kreatifitas, refleksi serta kesadaran diri untuk bersama-sama tumbuh berkembang ke arah yang lebih baik lagi. [hmk]

Festival Melupakan Mantan 2020 ‘MENTAS’
Waktu 13 Februari 2020 | Mulai Pkl 18:00
Tempat Mezzanine Eatery & Coffee
Jl. Palagan Tentara Pelajar Km. 8 No.30
Karang Moko, Sariharjo, Ngaglik, Sleman
Yogyakarta
Penampil Candra Bemandry, Tiki-Taka, Irta, Geamime, Pantomime Box, Anonimime, Jenar Kidjing, Maharani Khan Jade, Marsha Timothy, Iedil Dzuhrie Alaudin, Dea Panendra, Reza Rahardian

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Haiki Murakabi


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *