Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
Buntari Ceramic Studio Yogyakarta Gelar #Planterior

Buntari Ceramic Studio Yogyakarta Gelar #Planterior ·Duniamu ·Tanamanmu ·Ceritamu


Diunggah oleh Haiki Murakabi pada tanggal 25 Agustus 2020   (702 Readers)

Meski masih ada di tengah-tengah kondisi pandemi, Buntari Ceramic Studio yang merupakan salah satu studio seni dengan alamat di Karangjati, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta di akhir bulan Agustus 2020 tetap berupaya menghadirkan aktivitas seni bertajuk ‘Planterior’.

Sebelum membahas ikhwal Planterior oleh Buntari Ceramic Studio Yogyakarta, telah kita ketahui bersama bahwa masyarakat dunia pada akhir-akhir ini tengah didera wabah virus pandemi COVID-19, sehingga dapat dikatakan bahwa hampir semuanya tengah mengalami berbagai macam tatanan dan kebiasaan yang berbeda dari sebelumnya. Karenanya, berkaitan dengan sebab dan akibat dari perubahan global tersebut maka berbagai opini dari setiap sudut pandang bermunculan sebagai bentuk tanggapan atas fenomena yang ada, baik itu sifatnya positif maupun negatif.

Penyikapan dan penanggulangan dari setiap negara terhadap wabah ini juga tentu berbeda satu sama lain yang menyesuaikan dari pola hidup masyarakatnya. Seperti di Indonesia belum lama ini akhirnya mengeluarkan kebijakan new normal dengan ketentuan protokol yang sudah ditentukan walaupun keadaan belum bisa dikatakan kondusif.

Menanggapi keadaan tersebut, Buntari Ceramic Studio yang ada di Jogjakarta juga turut merasakan imbasnya, baik itu dari segi mental, segi psikologi, maupun segi finansial. Dan selanjutnya, hal itu memunculkan ide untuk bertukar pikiran dan gagasan melalui keramik merupakan salah satu kegiatan yang bersifat kontemplatif bagi kami namun hal itu serasa ter-pause karena adanya COVID – 19 yang mengharuskan untuk dapat menyesuaikan diri dengan keadaan.

Baca juga:  Tradisi Saparan Bekakak Ambarketawang Gamping Sleman Dilakukan Guna Mengenang dan Menghargai Abdi Dalem Wirasuta

Open Studio #Planterior ·Duniamu ·Tanamanmu ·Ceritamu oleh Buntari

Setelah pemerintah mengharuskan setiap instansi dan industri me-lockdown dari kegiatan sehari-hari, Buntari Ceramic Studio pun akhirnya menutup dan tidak menerima tamu demi keamanan bersama. Dengan demikian tentu dari segi finansial ia menjadi salah satu yang membawa dampak. Namun, bagaimanapun itu juga harus disikapi dengan positif. Bahwa selama tidak menerima tamu, kegiatan produksi dan eksperimen tetap berjalan terus hingga akhirnya dapat menemukan banyak hal baru, dari material, teknik maupun gagasan.

Sejak wabah COVID-19 berlangsung dan bahkan masih belum terlihat mereda sehingga mengharuskan aktivitas terbatas di rumah saja, maka kini hobi bertanam juga menjadi sangat populer. Imbasnya, kebutuhan berbagai jenis pot terlihat meningkat dengan adanya beberapa jenis custom order, termasuk yang masuk di Buntari Ceramic Studio. Selain itu, pihak pemerintah juga menyarankan hal tersebut tetap bisa dilakukan, pasalnya dengan lebih banyak bertanam tentu akan berkontribusi mengurangi polusi udara.

Sejauh beradaptasi dengan new normal, ditemukan sebuah gagasan yang terasa menarik. Bahwa merespon akan maraknya hobi bertanam, walaupun pada waktu-waktu sebelumnya Buntari Ceramic Studio lebih banyak memproduksi benda-benda tableware, namun kini Buntari Ceramic Studio tertantang untuk menyambut atau berkontribusi dalam memproduksi pot.

Berkaitan erat dengan keadaan yang menantang tersebut, maka dari gagasan ini Buntari Ceramic Studio tumbuh niat untuk kemudian menyelenggarakan sebuah open studio guna mengobati rasa rindu terhadap kehidupan studio yang cukup meriah dengan kegiatan workshop diskusi dan lain-lain sebagaimana kerap dilakukan pada waktu sebelum adanya COVID-19.

Baca juga:  Public Health Expo 12 BEM IM FKM Universitas Indonesia Tahun 2019

Open studio itu sendiri diberi judul #Planterior ·Duniamu ·Tanamanmu ·Ceritamu, sementara untuk waktu pelaksanaan open studio adalah pada hari Minggu tanggal 30 Agustus 2020, sekira pukul 15:00WIB, dengan lokasi berada di STUDIO BUNTARI yang beramat di Karangjati, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Program-program yang ada dalam #Planterior ·Duniamu ·Tanamanmu ·Ceritamu merupakan program pertama dengan harapan akan terus berlanjut dengan jeda waktu yang tidak terlalu lama.

Selanjutnya pada kegiatan yang diberi tajuk #Planterior ·Duniamu ·Tanamanmu ·Ceritamu ini, tentu protokol kesehatan juga masih dangat diterapkan. Karenanya pembatasan kuota pengunjung juga diberlakukan, salah satunya yaitu dengan menerapkan metode reservation acquired demi keamanan bersama. Adapun kegiatan ini bersifat komersil memamerkan dan mempresentasikan karya-karya pot di Buntari Ceramic Studio Jogjakarta.

#PLANTERIOR
·Duniamu ·Tanamanmu ·Ceritamu

PLANTERIOR ·Duniamu ·Tanamanmu ·Ceritamu merupakan judul yang diangkat dalam rangka open studio perdana  di Buntari Ceramic Studio.

PLANTERIOR sendiri adalah gabungan kata Planter dan Interior yang dalam bahasa inggris mengacu atau berarti pot tanaman untuk desain interior. Penggunaan tanda # (tagar) sebelum kata PLANTERIOR memang menjadi kesengajaan merespon budaya populer dalam bersosial media khususnya instagram, karena sejauh ini Buntari Ceramic Studio memang lebih banyak berinteraksi dengan masyarakat melalui media instagram.

Baca juga:  Penutupan ARTJOG Secara Daring di Tahun 2020 Berlangsung Sangat Sederhana

Sementara ·Duniamu ·Tanamanmu ·Ceritamu dapat diejawantahkan, bahwa mendengar kata dunia, terbayang sebuah bola besar yang dapat dihuni oleh bebagai macam makhluk hidup beserta sumber kehidupan lainnya seperti mineral yang tersimpan di dalamanya. Dari jenis mikroorganisme seperti bakteri yang tidak kasat mata hingga jenis mamalia seperti binatang dan manusia hidup berdampingan. Dunia yang dimaksud dalam konteks ini menganalogikan sebuah pot yang berfungsi sebagai wadah kehidupan tanaman yang indah. Desain pot yang kami buat secara visual dan tekstur juga mengacu pada benda – benda alam seperti, batu, kayu, dan lava.

Di dalam merawat tanaman, di situ pula terdapat hal yang kompleks (polemik). Bahkan antara tanah, unsur hara dan tanaman itu sendiri harus seimbang supaya tanaman dapat hidup dengan baik sama halnya dengan kehidupan manusia di bumi ini.

Tanaman merupakan salah satu makhluk hidup yang dapat tumbuh dan berkontribusi serta menjadi penyeimbang kehidupan manusia. Hakikat hidup seorang manusia adalah mutlak, namun hakikat sosial dalam kehidupan merupakan sesuatu yang dapat diarahkan sehingga menjadi sebuah cerita dalam sebuah perjalanan hidup seseorang. [hmk]

Open Studio #Planterior ·Duniamu ·Tanamanmu ·Ceritamu
Waktu Minggu 30 Agustus 2020 | 15:00 WIB
Tempat Buntari Ceramic Studio
d/a Karangjati, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Keterangan Kegiatan ini bersifat komersil memamerkan dan mempresentasikan karya-karya pot

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Haiki Murakabi


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *