Pawarta Adicara!

JARINGACARA sebagai media publikasi memiliki keinginan turut memberi warna dalam mengabarkan segala agenda acara seni budaya, pariwisata, warta, cuaca, juga menebarkan canda-tawa.
Perihal kontak kerjasama publikasi pun media partner, sila simak “Syarat dan Ketentuan“.

HIGHLIGHT
   
artwork-buktu-luncurkan-single-pulih-pada-22-mei-2020

Band Asal Jogja ‘Buktu’ Luncurkan Single “Pulih” pada 22 Mei 2020


Diunggah oleh Rika Purwaka pada tanggal 19 Mei 2020   (786 Readers)

BUKTU yang merupakan grup musik asal kota Jogjakarta mencoba mengkombinasikan musik eksperimental, postrock, ambience, dan teks puisi. Di tiap penampilannya, BUKTU cukup piawai dalam mengolah emosi untuk kemudian menjadi lantunan pada lagu-lagunya.

BUKTU digawangi masing-masing oleh Yusak Nugroho pada drum dan perkusi, Aryo Bhaskoro sebagai pemetik gitar, Zaen Dehero Pahlevi juga pemetik gitar, Adhie Bona ada di pembetotot bass, Teguh Jos masih di posisi gtar, dan juga Bodhi IA sebagai narator pun synthsizer. Pada tahun 2020 ini mereka mengumumkan perihal peluncuran single pertamanya yang diberi judul “Pulih”. Ialah single yang juga difungsikan guna menjembatani menuju album kedua.

Baca juga:  Video Mapping Sumonar Menggerakkan dan Menyentuh Banyak Orang

Peluncuran single pertama berjudul “Pulih” yang diagendakan pada akhir bulan Mei 2020 ini dilakukan setelah sekira dua atau tiga tahun sebelumnya melempar album penuh perdananya yang diberi tajuk “Mengeja Gejala Menjaga Dendam” dan diproduksi secara fisik.

personil-buktu-luncurkan-single-pulih-pada-22-mei-2020

Dapat diketahui bahwa dalam setiap penggarapan lagu, band Yogyakarta ini bisa dibilang memahami betul bagaimana cara mengokupansi panggung. Sebagai contoh adalah pada saat muncul di helatan Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) tahun 2017, di mana BUKTU sukses dalam berkolaborasi dengan para penari yang merespon karya dan kekayaan sound dalam tiap track yang dibawakan.

Baca juga:  Bias yang Merupakan Band Jogja Rilis Single 'Ke Barat' Usai Pementasannya di Kanada

Sementara untuk penggarapan lagu “Pulih” kali ini, komposisinya dibuat dan direkam sejak akhir tahun 2019, jauh sebelum pandemi mulai merebak kesegala penjuru. Sama sekali tidak direncanakan, kami mencoba memperpanjang cerita “dialektika” namun, plotnya secara kronologis tokoh aku berbicara pada tokoh kau sebelum salah satu diantaranya mati. “Pulih” termasuk salah satu komposisi di album kedua kami yang rencananya akan di rilis bulan Maret, namun karena pandemi covid-19, maka hal tersebut urung dilakukan.

Ikhwal proses perekaman (recording) pada lagu ‘Pulih’ dilakukan di Rockstar Studio & Zhufu studio, dan dioperatori oleh Team KancaSwara Birowo Sulaksono dan Cahyo Tanujoyo. Sedangkan proses mixing dan mastering dikerjakan oleh Uya Cipriano yang bertempat di Askara Studio.

Baca juga:  PLN Membebaskan Pembayaran Listrik Selama 3 Bulan bagi Pelanggan 450VA dan Memberikan Keringanan Biaya Listrik Kepada Pelanggan 900VA Bersubsidi

Guna melengkapi semua cerita di single “pulih”, BUKTU menambahkan pula artwork sebagai hasil kolaborasi dengan emerging artist yang berdomisili di jogja, yaitu “Wayan Yusa Dirgantara”, di mana pada peroses pengerjaannya BUKTU membebaskan Yusa dalam merespon “Pulih” dengan interpretasi dia pada saat mendengarkannya.

Per tanggal 22 Mei 2020, 1st Single BUKTU yang berjudul “Pulih” tersebut telah dapat dinikmati melalui beberapa platform digital kesayangan, diantaranya Spotify, Youtube Music, Apple Music, Itunes, dan lain sebagainya. [rpw]

Simak pawarta terkait , atau adicara menarik lain oleh Rika Purwaka


Ingin mengunggah dan mewartakan kegiatan serta acaramu di Situs WARTA AGENDA ACARA | PAWARTA ADICARA JARINGACARA?
Klik Registrasi dan atau Login! Baca juga Syarat & Ketentuannya!

Sila Siarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *